24 Jan 2013

Masalah Komputer dan Internet Itu pun Datang


Awal tahun ini, lumayan juga masalah yang menimpa saya yang berkaitan dengan komputer dan internet. Bagaimana tidak? Masalah komputer dan internet datang bersamaan sehingga membuat saya sedikit kelabakan. Setelah situs kena deface, koneksi internet bermasalah dan perpindahan server serta menata ulang kembali 2 blog saya, eh komputer pun ikut menambah beban pikiran.

Kalau hanya kena deface, relatif gampang menyembuhkan walau kadang harus dengan menata ulang database. Yang agak merepotkan adalah memindah server blog, celakanya, koneksi internet sering mengalami gangguan sehingga transfer data sering gagal. Akhirnya dicari teknik yang cepat memindah data agar blog on kembali.

Masalah Komputer dan Internet

Masalah Komputer


Yang paling menyakitkan adalah masalah komputer. Bukan kena virus karena Avast telah menjadi satpam komputer, tapi masalah hard disk. Yang kena adalah penyimpanan data. HDD dengan kapasitas 320 Giga tidak berfungsi. Awalnya putus nyambung lama kelamaan data terbaca 0 oleh bios maupun OS.

Meski sudah di-repair dengan software HDD regenerator yang menemukan bad sector, tapi bad sector muncul kembali. Format ulang pun nggak memperbaiki kesalahan. Akhirnya, HDD (SATA, merek Western Digital) yang hanya sempat berumur 2 tahun tersebut dicopot karena mengganggu OS windows XP (saya pakai 2 hard disk, untuk sistem dan data).

Semua data hilang, mulai dari software, lagu dan video, gambar sampai dengan data beberapa blog saya. Dan operasi sistem windows XP pun diinstal ulang karena sering hang. Beberapa software di CD backup maupun Flash disk saya coba cari, celakanya beberapa CD backup tidak terbaca (mungkin karena sudah lama), akhirnya dengan cara mendownload di internet untuk software yang biasanya saya gunakan. HDD cadangan 80 Giga pun nggak bisa dipakai (mungkin tidak disimpan dengan cara yang benar). Jadi siap-siap beli hard disk baru lagi, nih!

Mau diperbaiki hard disk yang rusak tersebut (katanya 50% bisa) namun saya takut, karena ada data yang sangat sensitif dan tidak mau jatuh ke tangan yang tak bertanggung jawab. Mungkin sambil berjalan, coba memperbaiki sendiri, meski saya nggak ngerti masalah hardware. Siapa tahu bisa mengambil data tersebut.

Banyak rekan yang menanyakan, kenapa saya lama nggak online, baik di YM, email maupun blog. Itulah yang di atas, Masalah Komputer dan Internet Itu pun Datang

2 komentar

Diambil hikmah positifnya aja Bang. :)
Semoga masalahnya bisa cepat terselesaikan ya.

Trims..
Emang PC tua (P4) diajak begadang terus he..he..

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih