27 Feb 2013

Blogspot Lama Terindeks Google

Mungkin ada yang merasakan pada akhir-akhir ini di awal bulan Februari 2013, blog dengan platform blogspot lama terindeks Google, seperti yang terjadi pada blog kumau.info. Awalnya saya hanya berpikir bahwa kemungkinan blog ini baru saja melakukan kustom domain sehingga wajar jika lambat terindeks.

Sebelum kustom domain blog kumau.info hanya dalam hitungan detik telah terindeks dan beberapa artikel dengan kata kunci tertentu bisa berada di posisi puncak. Setelah melakukan kustom domain, lamanya pengindeksan telah terjadi. Untuk artikel yang baru diterbitkan bisa terindeks 2 sampai 5 hari, itupun berupa homepage bukan artikel. Namun saya masih anggap wajar.

Lama Terindeks Google


Ketidakwajaran baru saya rasakan ketika mem-publish artikel baru di blog ini www.kangandre.web.id yang menggunakan mesin blogspot. Blog yang biasanya terindeks dalam hitungan menit, mendadak tidak tampil pada SERP Google dengan penelusuran khusus 1 jam yang lalu. Bahkan setelah lewat sejam, sampai 24 jam hasil belum ada.

Meskipun jarang update, namun sebelumnya indeks tetap bagus. Terakhir kali indeks dengan cepat pada artikel per 10 Februari 2013. Setelah itu barulah lama terindeks google hingga 5 hari. Namun, bila diperhatikan, munculnya hasil masih berupa homepage dengan keterangan indeks 5 hari yang lalu. Artinya, blog telah diindeks, namun baru ditampilkan lima hari kemudian.

Mengapa Blogspot Lama Terindeks Google?

Lantas kemudian saya mencoba dengan blog lenterakecil.com yang menggunakan wordpress. Tidak ada masalah, beberapa menit langsung terindeks. Untuk blog wordpress lainpun normal seperti biasa, paling lama 20 menit akan ditampilkan. Saya coba kembali dengan blogspot yang lain,eh... nggak muncul sampai beberapa hari. Berarti saya menyimpulkan, kemungkinan ada perubahan algoritma khusus untuk blogspot.

Segera mencari jawaban, ternyata banyak juga blogger yang menggunakan blogspot senasib dengan saya, yaitu blogspot lama terindeks Google, padahal sebelumnya cepat. Situs resmi google tidak ada berita, di forum webmaster pun sama. Akhirnya mencoba menganalisa sendiri.

Seperti yang telah terjadi, mulai akhir tahun 2012 sampai Januari 2013, banyak blogspot yang dibanned. Lantas ada yang mengaitkan dengan adanya efek algoritma baru Google Dinosaurus (yang tidak ada referensinya). Dari sini awal blogspot lama terindeks Google.

Berbagai cara agar blog cepat terindeks telah saya lakukan sesuai dengan kemampuan saya, namun tidak berhasil. Blogspot tetap lama terindeks Google.

Akhirnya saya menyimpulkan mengapa blogspot lambat terindeks:
  • Blogspot sementara ini ada semacam “bersih-bersih” terhadap blog yang melanggar aturan dan mungkin dilakukan secara manual berdasarkan laporan atau dari pihak Google sendiri. 
  • Mesin Blogspot sedang dibenahi untuk menghadapi persaingan dengan mesin blog lainnya. Matt Cutts sebagai insiyur Google mengatakan wordpress lebih bagus secara SEO, dan dia punya blog memakai wordpress bukan blogspot. 
  • Google sebagai mesin telusur lebih obyektif terhadap semua platform website. Blogspot diperlakukan sama dan tidak lagi dianggap sebagai “anak emas”. 
  • Selain itu kemungkinan ada algoritma baru (yang pasti bukan Dinosaurus) yang berkaitan dengan HTML5. Setelah saya menganalisa semua blog saya, yang wordpress telah menggunakan HTML5 sejak awal dan yang blogspot semua masih memakai XHTML. Setelah mengganti blog dengan template HTML5, beberapa jam kemudian maksimal 1 hari telah dimunculkan, berbeda dengan sebelumnya bisa 2 sampai 5 hari. 

Itu sementara hasil analisa saya, mungkin bisa pro dan kontra. Karena mungkin juga ada blogspot yang masih normal dalam pengindeksan. Tapi ini yang terjadi pada saya, blogspot lama terindeks Google.

34 komentar

Saya malahan nggak pernah pakae Blogspot. :)

awalnya saya pakai WP, blogspot dulu cuma uji coba...eh keterusan. Entah nanti, apakah migrasi lagi...

Wah tapi koq blog wordpress.com yang biasa saya pakai jadi lama juga kang, posting tanggal 26 sampai sekarang belum terindex.

Kayaknya benar pak, aku pake blogspot dah g ketulungan indeksnya lama banget. Sampai bingung sendiri jangan2 template dan meta bermasalah eh tak tahunya kena algoritma

Makasih pak berbagi

saya pakai WP selfhosting. Belum uji coba yang free.
Terima kasih masukkannya. Nanti sy coba, juga yang platform lain.

Asalkan gak melanggar aturan algoritma google tidak usah kuatir. cuma lambat indeks dan bukan sandbox atau deindeks.

Blog saya sampai sekarang masih mengalami masalah ini. Setiap saya posting perlu waktu 3 sampai 4 hari baru terindeks. Kenapa yah?

perubahan algoritma dan pedoman webmaster Google.

Iya kayaknya penggunaan HTML5 akan lebih cepat terindeks. Saya ganti template menggunakan HTML5 paling lama 1 hari sudah terindeks jika dibandingkan sewaktu masih menggunakan XHTML.

Akibat lambatnya indeks Google ini, saya jadi malas posting berita2 terbaru. Kalau dulu, jika ada berita2 yang sedang hot di media mesin blogspot sangat handal. Sekarang tak bisa lagi. Ada apa yah?

ehm>> bagi seorang pemula saya masih pusing pak^^

apakah benar pak. blog akan terindeks google butuh waktu 6 bulan

Banyak yang pusing masalah index...

Nggak sampai selama itu kecuali memang disetting TIDAK terindeks

sam pak baru2 ini saya juga mengalami hal serupa sampai sekarang saya sempat juga berpikir kalo terlalu berlebihan sampai dikirain sandbox,ternyata ada analisis lain dari bapak yang lebih masuk akal.....terimakasih infonya !!!!!!!

kalo saya baru mengalami beberapa hari yg lalu, indeks nya sih setiap hari tapi cuma beberapa artikel baru aja yg langsung terindeks, sedangkan artikel baru sebagian tidak terindeks. untuk home page nya juga tidak up to date. terus untuk peta situs di webmaster tidak update.

satu lagi pak, blog teman saya yg memakai xhtml indeksnya tidak bermasalah.

numpang cari solusi... ramai juga disini tentang index google.

Maksudnya, platform Wordpress lebih nendang ya kang ..

ditunggu kunjungan baliknya
-- tercopass.blogspot.com dan upickblogmedia7.blogspot.com

terima kasih infonya blog saya juga begitu lama terindex oleh google jadi biasannya langsung saya submit ke google melalui web master tools

Makasi bang ilmunya, apapun kemungkinannya segalah sesuatu harus dicoba,,, bisa jadi prediksi kang andre benar... HTML5 mungkin berpengaru banyak terhadap indeksnya artikel...

beberapa blog saya juga mengalami hal ini. Sekedar berbagi untuk teman-teman sesama blogger lain, menurut saya bukan karena platform tertentu (misalnya blogspot) karena ada juga blog saya yang lain cepat kok padahal non-PR, bahkan hitungan detik saja sudah terindeks. Berbagai macam optimasi pun saya sudah lakukan untuk blog yang lama terindeks (padahal PR2 dan PR3). Nah, dari sinilah saya mengambil beberapa pelajaran dari pengalaman pribadi, misalnya:
1. Blog yang lama terindeks karena sering ganti template (sudah saya buktikan)
2. Blog tersebut memiliki author rank yang rendah atau author yang sotoy alias membahas bermacam-macam ulasan di berbagai niche blog seakan-akan dia tau segalanya (sudah saya buktikan dan ada referensinya di seoroundtable dan mattcutts sendiri yang ngomong)
3. Backlink yang irrelevan dengan niche, bahkan blog fresh tanpa backlink pada saat ini bisa mengalahkan blog dengan banyak backlink (ini juga udah saya cek)
4. Jangan terlalu ngejar do follow karena bisa gawat kalo ga di imbangi dengan nofollow
5. Blog2 ini memang tengah "berpotensi" di incar. So, be careful.
6. WP emg lebih seo apalagi dia punya all in one SEO Pack. Tapi ati-ati, optimasi berlebihan bukan cuma bakal jadi incaran google tapi juga WP itu sendiri.
7. HTML5 ga pengaruh, yang ngaruh google snippet structure. Kalo strukturnya bagus, itu lebih baik. Jangan terlalu percaya sama W3 validator
7. Analisa sobat yang diatas benar semua

Cara mengatasi hal ini gimana?. Bersabar, hati-hati dan bertawakal menghadapinya karena memang algoritma google masih on going progress...tungguin aja karena "badai pasti berlalu"..kecuali yg penguinized. Cheers buat teman-teman yang senasib!

Thank's Mas Tri Haryadi. Info yang bagus...

eh banyak yang sharing disini ternyata.. banyak yang senasip :) slam kenal semuanya salam senasip salam perssahabatan :)

bisa diubah kok. Asal tekun dan sabar. Blog ini maks. 2 hari sudah terindeks dan bisa berada di halaman depan untuk keyword tertentu.

Tidak semua blogspot lama terindeks. Ada juga beberapa detik sdh ditampilkan

Pada dasarnya semua platform blog bagus. Tinggal optimasinya saja.

wah ternyata dan ternyata baru ketemu jawabannya. nasib saya masih seperti itu gan padahal udah diganti coding HTML 5, bisa tolong bantu kang. ht*p://www.devilzart.com

saya sudah ganti tag title blogspot, tpi ketika pencarian di google, url yang muncul masih menggunakan title yg lama. mohon petunjuk, cara agar hasil di google menjadi title yg baru..
gambarannya ini:
yg lama: Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia - catatan anak negeri
yg baru: Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia | catatan anak negeri

Mau sih pake wordpress, tapi belum siap dananya... Nanti klo udah ada dana baru cabut domain yg diblogspot terus import dah ke wordpress

Yang gratis ada kok... pakai free hosting trus install wp
coba: http://api.idhostinger.com/redir/52297

kunjungi bali : www.setcheat.com

Terimaksi mas atas penjelsaanya.

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih