7 Nov 2013

Tips Ikut Kontes SEO

Tips ikut kontes seo ini bukan cara agar bagaimana bisa memenangkan kontes karena saya nggak pernah menang, cuma beberapa kali dapat penghargaan dan terlebih saya juga bukan ahli SEO.

tips ikut kontes seo


Untuk yang belum mengerti istilah kontes seo adalah kontes (perlombaan) mengoptimasi artikel blog agar berada pada posisi awal di halaman situs pencarian. Di Indonesia situs pencari yang paling sering digunakan adalah Google terkadang Yahoo. Dengan kata lain artikel peserta diharuskan berada di halaman awal situs google bila ingin menang.

Ikut kontes seo bukan pekerjaan gampang. Untuk mengoptimasi artikel blog agar berada di posisi awal dibutuhkan strategi yang matang sekaligus kegiatan yang dapat menguras tenaga dan pikiran serta mungkin biaya. Kalau hanya setengah-setengah jangan harap artikel yang diikutkan berada di halaman awal.

Tips ikut kontes seo ini berdasarkan pengalaman saya beberapa kali mengikuti kontes serta keluhan beberapa rekan blogger yang kecewa dengan keputusan panitia penyelenggara.

Terus terang, ketidakberdayaan peserta terletak pada aturan: “Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat” atau kalimat serupa. Aturan ini bisa merugikan peserta sekaligus bisa menguntungkan peserta lain, namun peserta tidak bisa melakukan protes meski itu kesalahan panitia, apalagi pemenang sudah diumumkan.

Saya pernah diuntungkan. Aturan menyebutkan juri google.co.id, ternyata panitia melakukan kesalahan penilaian menggunakan google.com versi English (terlihat dari printscreen). Artikel saya jika dilihat (search) dengan google.com English ada di posisi 10, sedangkan jika menggunakan google co.id (Indonesia) ada di halaman 3.Tentu saja banyak peserta protes, tapi saya nggak karena 100rb masuk ke rekening saya.

Tapi saya juga pernah kecewa. Saya mendaftar di hari terakhir dan masih ada kesempatan mengoptimasi artikel dikarenakan pemenang akan diumumkan 2 minggu kemudian. Ternyata keputusan pemenang dibuat berdasarkan hasil google di hari terakhir pendaftaran. Padahal selama dua minggu saya telah melakukan optimasi, sia-sia!

Tips Ikut Kontes SEO

  • Selidiki keakuratan info kontes seo. Siapa penyelenggara atau hadiah yang ditawarkan. Banyak juga penyelenggara kontes seo palsu (scam) yang menipu, apalagi dengan iming-iming hadiah besar yang tidak masuk akal.
  • Baca peraturan dengan teliti. Bisa saja peraturan menimbulkan beda persepsi antara panitia dan peserta. Kalau memungkinkan, hubungi penyelenggara untuk memperjelas aturan yang sekiranya meragukan
  • Siapa yang bertindak sebagai juri penilaian? Apakah google.com atau google.co.id serta bahasa yang digunakan. Hal ini berguna untuk optimasi artikel karena hasil SERP bisa jauh berbeda. Ada baiknya untuk peserta mengoptimasi dan melihat untuk hasil keduanya.
  • Waktu penilaian hasil SERP. Ingat SERP bisa berubah setiap saat dan terkadang penyelenggara tidak memberikan tanggal dan waktu saat mengambil “print screen” hasil akhir. Bisa saja saat pendaftaran ditutup atau beberapa saat sebelum pengumuman pemenang.
  • Perhatikan juga resiko ikut kontes seo. Mengingat kontes ini memerlukan optimasi, jika berlebihan bisa berdampak ke blog itu sendiri. Bisa jadi blog malah tidak terindeks google karena dianggap blog spam.
  • Yang terpenting. Bersiap untuk kecewa. Banyak hal yang tak terduga bisa terjadi, protes percuma karena keputusan ada di tangan panitia.
Semoga tips ikut kontes seo ini bisa berguna bagi blogger yang ingin mengasah ketrampilan seo-nya.

Catatan Pengalaman:
Terakhir saya ikut kontes seo SMA Xaverius 1 Palembang. Juri yang dipakai Google.com, hanya saja tidak ada keterangan menggunakan bhs Indonesia atau Inggris. Lewat blog lenterakecil.com, begitu artikel dipublish beberapa menit terindeks google.com bhs Indonesia ada di halaman 4 sedangkan jika menggunakan bahasa Inggris ada di halaman 9 (maaf lupa meng-capture).

Hal ini wajar, karena lenterakecil.com menggunakan server lokal dan id blog berbahasa Indonesia. Saya segera mengoptimasi agar hasil bisa bagus di google english.Akhirnya bisa berada di halaman awal. Namun untuk bahasa Indonesia, masih tertinggal. lantas optimasi pun berjalan dan berhasil masuk 10 besar.

Saya sempat bingung, versi apa yang akan digunakan penilaian nanti? Menjelang batas akhir pendaftaran posisi masing-masing versi ada di posisi aman (diambil 13 pemenang). Jika terakhir pendaftaran (31 oktober 2013) di capture hasil SERP, blog saya pasti masuk, meski nggak 3 besar. Ternyata hasil pemenang diambil menjelang pengumuman (5 Nop 2013) dan selama 5 hari tidak ada optimasi sama sekali.

Untunglah hasil berdasarkan.google.com berbahasa Inggris, saya ada di harapan 9. Jika memakai bahasa Indonesia, mungkin nggak dapat apa-apa. Juara 1 sangat beruntung, karena jika pakai bhs Indonesia ada di nomer 3, kalau bhs Inggris nomer 1 sama persis dengan hasil komputer saya. 

9 komentar

Kang.. Kadang bingung, panitia bilang jurinya google[.]co[.]id tapi malah pake ip Google khusus (http[:]//173[.]194[.]69[.]94/webhp?hl=id) .. padahal kan ip google[.]co[.]id beda dg ip Google khusus.. apa Ingsun yg salah tangkep :(

sebenarnya paling tepat memang pakai ip Google netral http://173.194.69.94/webhp?hl=id karena hasil tiap kota (lokasi) bisa saja berbeda. Tapi meski google netral jika penyelusuran dengan bhs Indonesia atau inggris hasil serp bisa berbeda.

Hi, Mohon diinformasikan ke yang lain, ESCO Audio Visual mengadakan kontes SEO berhadiah jutaan rupiah. Informasi lebih lanjut : http://kontesseo.esco.co.id
Thanks.

Saya setuju banget nih dengar info yg mas berikan. Jangan sampai nanti udah di ujung pengumuman ternyata contes seonya malah SCAM.. xiixii padahal artikel kita udah di pejwan dan usaha sudah hampir mati-matian. Silahkan ikutan kontes seo camera.co.id dan skorbola.co juga kang, biar sedikit rame. Hadiahnya juga enggk kalah besar dari yg lain...

makasih ,, visit kang http://dhekill404.blogspot.com/

tips yang sangat bermanfaat kang makasih dan mohon panduan lain tentang cara menang di kontes seo yang lainnya. Ditunggu kunjungannya kang di http://gokontesseo.blogspot.com/

saya belum pernah menang kontes seo, paling cuma masuk 10 besar

saya juga lagi ikut2 aja nambahin pengalaman sih kang,, salam kenal kang

makasih gan .. mohon kunjungi juga ya seoarmansyah.blogspot.com

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih