2 Des 2013

Temu Blogger Nusantara 2013

Temu blogger nusantara 2013 yang kali ini diselenggarakan di Yogyakarta berlangsung selama dua bulan, tapi pelaksanaannya hanya dua hari saja. Kok bisa? Iya, dilaksanakan 30 Nopember sampai 1 Desember 2013.

Temu atau kopdar blogger nusantara 2013 dengan yel-yel "Blogger Nusantara Istimewa" dan "Apa kabar?maksimal" diikuti kurang lebih 1000 blogger yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.Saya hampir saja ketinggalan acara ini, informasi yang saya terima terlambat dan pendaftaran peserta sudah ditutup. Untunglah sesi kedua pendaftaran dibuka lagi.

Niat saya datang ke acara itu adalah ingin mengetahui wajah-wajah blogger Indonesia secara offline. Biaya sendiri nggak masalah untuk pertemuan ini. Kapan lagi, jika tidak memanfaatkan momen ini?

Temu Blogger Nusantara 2013

Acara kopdar blogger nusantara 2013 saya anggap lebih acara resepsi daripada pertemuan kopdar sebelumnya. Suasana Jawa yang kental dengan terop dan panggung rumah Joglo Abang seperti acara temanten.

Kopdar Blogger Nusantara 2013

Jumat jam 7 malam  saya berangkat dengan diantar sopir bus berangkat ke Yogya dan tiba Sabtu jam 7 pagi. Dengan langkah mantap, meski tidak mandi cuma ganti baju, oper ke bis trans Jogja menuju ke Pagelaran Kranton Yogyakarta.

Sesampai di depan kraton, suasana sepi menyambut kedatangan saya. Apa acara batal? Ternyata ada perubahan tempat pelaksanaan. Dengan sigap panitia menjadi ojek mengantar saya ke terminal Ngasem dan selanjutnya dengan bis kota rombongan diangkut ke Joglo Abang yang bernuansa benar-benar desa karena memang di desa.

Saya pikir ini balai desa, ternyata salah. Joglo Abang merupakan rumah budaya Yogyakarta yang dijadikan basecamp untuk acara temu blogger nusantara. Karena bukan sebuah gedung pertemuan, maka didirikan terop/tenda disekitar joglo untuk penampungan blogger. Makanya seperti resepsi temanten, isi buku tamu di luar pagar, dapat snack dan duduk di kursi lipat merah mengelilingi rumah joglo.

Karena perubahan tempat mendadak dan jarak tempuh tempat yang baru cukup jauh, maka susunan acara pun berubah drastis. Pak Dhe Cholik bercanda bisa-bisa acara dimulai dengan isoma (istirahat, makan, sholat). Saya pun "celingak-celinguk" ke luar untuk cari sesuatu, perut nggak mau diajak kompromi LAPAR. Nggak sempat sarapan sih, cuma diisi secangkir kopi di Ngasem. Yah namanya di desa, yang ada warung dadakan, seporsi bakso bisa ngganjal perut.

Kopdar Blogger Nusantara 2013


Lazimnya acara kopdar blogger nusantara, acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang entah kapan saya terakhir kali menyanyikannya. Setelah itu, materi yang mensponsori acara dari Telkom speedy dan Idblognetwork dimulai. Kesan nusantara tertangkap dengan tarian daerah Lampung dan Kalimantan Timur yang ditarikan oleh penduduk asli. Selebihnya tuan rumah menyuguhkan acara tradisi lokal Yogya sampai larut malam.

Acara selanjutnya, peserta boyongan lagi ke desa Tembi yang berjarak lk 20 km dari Joglo Abang, yang tidak membawa kendaraan sendiri panitia menyewa bus kota untuk mengangkut peserta. Hanya saja, saya tidak terus ke desa Tembi, turun di perempatan dan melanjutkan ke terminal untuk pulang kampung. Acara Minggu 1 Desember 2013 pun di desa Tembi tidak saya ikuti.

Oleh-oleh Kopdar Blogger Nusantara

Karena saya hanya mengikuti sehari saja, maka tidak banyak oleh-oleh yang saya dapat. Apalagi momen tidak saya tangkap dengan sempurna karena kamera lupa bawa dan hp pun lowbatt terus. Tetapi saya sudah berjabat tangan dan ngobrol dengan beberapa blogger aktif yang saya tahu hanya lewat internet.

Juga sempat ngobrol dengan CEO IdBlogNetwork, Mubarika Darmayanti dan dapat oleh-oleh domain lentera.my.id

2 komentar

wah hebat semangat kopdar '45-nya pakdhe.....salam blogger!

Pak Dhe ke Tembi malah naik motor bareng Ustadz, malem-malem dan gak pakai jaket.

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih