3 Mar 2014

Software Point Of Sales atau POS

Awalnya saya kebingungan saat seorang rekan bertanya tentang Software Point Of Sales atau POS. Mungkin, rekan tadi beranggapan saya familiar dengan software tersebut dikarenakan sering mengotak-atik komputer.

Membaca namanya saja, pasti ada hubungannya dengan bisnis atau ilmu ekonomi (point of sales) dan saya bukan "bermain" di bidang tersebut. Namun saya yakin, itu berkaitan erat dengan komputer dan sistem informasi karena merupakan perangkat lunak atau software.

Software Point Of Sales atau POS
Secara sempit, Point of Sales dapat diartikan titik penjualan tempat di mana transaksi selesai, semacam kasir (checkout). Namun seiring perkembangan kemajuan teknologi, POS modern sering disebut sebagai titik pelayanan karena tidak hanya titik penjualan saja tetapi juga titik pengembalian, pesanan pelanggan, manajemen persediaan, keuangan, pergudangan, dll, dengan memanfaatkan software POS.

Software Point Of Sales atau POS adalah perangkat lunak untuk mengelola operasional sehari-hari transaksi bisnis secara cepat dan akurat. Aplikasi untuk menangani pengolahan data transaksi pembelian (Purchases), transaksi penjualan eceran (retails), transaksi hutang (liabilities), transaksi retur pembelian (purchase returns), dan pelaporan transaksi (reporting) yang secara umum penting dibutuhkan dalam pengambilan keputusan strategis oleh para pengusaha.

Tujuan dan Manfaat Software Point Of Sales atau POS adalah:
  • Mengontrol operasional penjualan retail/resto secara efektif dan efisien. 
  • Meningkatkan kualitas pengolahan data penjualan secara cepat dan akurat sehingga mencegah kebocoran dan kerugian bisnis. 
  • Mempermudah pekerjaan Waiter sehari hari. 
  • Mempermudah pekerjaan Kasir sehari hari
Software Point Of Sales dibuat dengan bahasa pemograman seperti Platform JAVA, dijalankan pada Windows Based dan menggunakan database engine semisal Postgre SQL, Oracle, dll. Untuk itu seperangkat komputer mutlak dibutuhkan. Apalagi saat ini software POS terhubung dengan perangkat lain seperti Scan Barcode, Printer Termal ataupun Printer Matrix, Cash Drawer, Pole Display, MSR (Koneksi Gesek Kartu)

Kini dengan munculnya komputasi awan (Cloud Computing ) memungkinkan sistem Point of Sale (POS) dapat diakses langsung dari Internet dengan menggunakan browser dengan menggunakan Software Point Of Sales. Salah satu penyedia layanan ini adalah Software Point of Sales Online Omega POS Cloud yang menggunakan database secara online.

Software Point Of Sales Makin canggih dan mempermudah bagi pebisnis untuk melakukan usahanya.

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih