29 Apr 2014

Kesalahan SSL di Google Chrome

Kesalahan SSL di Google Chrome terjadi saat saya membuka twitter di PC saya. Bukan itu saja, wordpress.com juga nggak bisa di akses dan beberapa situs lain yang menggunakan awalan "https://..." dengan kesalahan yang sama. Kenapa muncul "Saat ini ada yang mengganggu sambungan aman Anda.." padahal sebelumnya tidak.

Ini yang muncul akibat Kesalahan SSL di Google Chrome
Tidak dapat menyambung ke twitter.com yang asli
Saat ini ada yang mengganggu sambungan aman Anda ke twitter.com.
Coba muat ulang laman ini beberapa menit lagi atau setelah beralih ke jaringan baru. Jika Anda baru tersambung ke jaringan Wi-Fi baru, selesaikan proses masuk sebelum memuat ulang.
Jika Anda akan mengunjungi twitter.com sekarang, Anda mungkin akan membagikan informasi pribadi dengan penyerang. Untuk melindungi privasi Anda, Chrome tidak akan memuat laman sampai dapat membuat sambungan aman ke twitter.com yang asli. 
Apa maksudnya?
twitter.com biasanya menggunakan enkripsi (SSL) untuk melindungi informasi Anda. Saat Chrome mencoba menyambungkan ke twitter.com saat ini, twitter.com mengembalikan kredensial yang salah dan tidak biasa. Bisa jadi penyerang berpura-pura menjadi twitter.com atau layar masuk Wi-Fi mengganggu sambungan. Informasi Anda masih aman karena Chrome menghentikan sambungan sebelum data apa pun dipertukarkan.Kesalahan jaringan dan penyerang biasanya bersifat sementara sehingga laman ini dapat berfungsi nanti. Anda juga dapat mencoba beralih ke jaringan lain.
Detail teknis
Sertifikat yang diterima Chrome selama percobaan sambungan ini tidak diformat dengan benar sehingga Chrome tidak dapat menggunakannya untuk melindungi informasi Anda.
Jenis kesalahan: Malformed certificate
Subjek: twitter.com
Penerbit: VeriSign Class 3 Extended Validation SSL CA
Pengacakan kunci publik: sha1/FXnwvO30nbpcJgjDK6bH+rGSqEo= sha256/qaKZwjzvNNGAc/ryUbwfqL2oArYbz4OPU22TnZ8MxNc= sha1/rkrX+bOA4RKTMrtS3loJDFIbM9A= sha256/OTV6OSADZrQuFMItaBc+5XvItK1Ljeify/yvIthNjvM= sha1/sYEIGhmkwJQf+uiVKMEkyZs0rMc= sha256/JbQbUG5JMJUoI6brnx0x3vZF6jilxsapbXGVfjhN8Fg=


Kesalahan SSL di Google Chrome
Kesalahan SSL di Google Chrome

Bagaimana mengatasi Kesalahan SSL di Google Chrome tersebut?

Masih nggak ketemu pemecahannya, padahal sebelumnya belum pernah terjadi hal yang demikian. Lantas mencoba dengan browser lain seperti Mozilla Firefox tidak ada masalah. Opera dan IE ternyata menolak juga. Beberapa trik yang saya temukan di forum, blog tentang Kesalahan SSL di Google Chrome telah saya coba, mulai dari reinstall chrome, ubah dns, scan virus, reset modem dan lain-lainnya tetap nggak berhasil.


Pusing juga, lantas saya coba dengan menggunakan Laptop dengan OS win 7 ternyata tidak ada masalah. Untuk koneksi saya pakai modem yang sama (speedy). Pakai android juga nggak ada masalah. Lantas kenapa dengan PC-ku ini.

Hasil analisa saya sementara ini adalah: PC yang saya gunakan masih menggunakan Windows XP, sedangkan OS ini sudah "dimatikan" oleh microsoft. Windows XP Tamat April 2014 dan mungkin beberapa situs merubah sertifikat SSL yang tidak kompatibel dengan XP. Hal ini terjadi beberapa hari lalu, dan sampai artikel ini dibuat masih tetap sama. Untunglah Google masih lancar.

Untuk menghindari Kesalahan SSL untuk situs-situs tertentu terpaksa browsing dengan Mozilla Firefox. Pasti Ada yang mengalami hal sama? Jika tahu bisa berbagi trik dan tip mengatasi Kesalahan SSL di Google Chrome.

Update: Permasalah terselesaikan >> menyambung ke twitter.com yang asli

22 komentar

Ohh begitu, pantas saja. saya juga sudah mencoba berbagai cara.. waduh gimana dong ya, laptop saya ga bisa di upgrade make windows yang laen cuma bisa xp, kalo di upgrade jadi lola fufufu :'( :'(

Terselesaikan dan tetap pakai XP. Update ke SP3 (update masih bisa)

aduh, mas. punya saya juga ngga bisa, pakai OS xp sp3 di chrome jg engga bisa. tapi kalo url https-nya facebook bisa. yg ga bisa akses twitter + wordpress. kenapa ya?

Permasalahannya sama dengan saya. Hanya beberapa Https yang bisa termasuk facebook. Meski pakai SP 3, bisa saja belum terupdate.Update XP SP3-nya
Referensi: http://support.microsoft. com/kb/322389

Thanks bg. Saya juga sebenarnya sudah curiga masalah pada Windows XPnya, soalnya di Laptop ane yang satunya yang pakai Windows 7 tidak ada tuh Kesalahan SSL lancar-lancar aja. Betul yang dikatakan agan mungkin, beberapa situs merubah sertifikat SSL yang tidak kompatibel lagi dengan XP.
Sekarang keraguan saya sudah hilang. . :D Thanks gan Postnya (y)

Oo . pantesan..
Makasih mas Bro. Saya stop mencari2 kesalahan.

Masalah juga sama, solusinya gimana nih..?

Update ke XP SP3 dan permasalahan selesai

Sebenernya ada solusi untuk tetap membuka twitter, tapi chrome jadi sedikit rawan.

Coba klik kanan pada icon Chrome, lalu pada bagian kolom "TARGET", rubah namanya dengan menambahkan --ignore-certificate-errors.

Akan jadi seperti ini

"C:\Program Files\Google\Chrome\Application\chrome.exe" --ignore-certificate-errors

Semua cara telah sy coba, termasuk saran Anda...tapi TIDAK berhasil..
Fix setelah update Win XP sp3 terbaru...

Kalo pc saya menggunakan win8 harus diupdate juga?

Coba di cek dulu format waktu dan tanggalnya....cocok g...klo udh cocok pasti bisa normal lagi..[menurut pengalaman sie gitu]...coba aza...thanks.

udah pakai os 7 tapi tetep ada kesalahan ssl.. gimana nih

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

kalo pengalaman saya juga sama seperti itu solusinya biasannya setingan Jam tanggal - Bulan - Tahun tidak tidak sesuai/ngaco solusinnya agan tinggal setting Jam - tanggal - Bulan - Tahunnya dengan bener dan all hasil browsingpun kembali berjalan. dan untuk agan2 yg memakai PC bisannya batrai yg dimaderbot yg bulat itu sudah habis/bocor/Rusak ada baiknya agan tinggal menggantinnya dengan yg baru biar pengaturan jamnya tidak ngaco lagi ... untuk harga batre gak mahal ko .. Jadi Enjoy aja Salam :D

Solusinya ada di sini Pak.
Anda dapat mengunduh sertifikat Baltimore CyberTrust Root dari situs web berikut:
https://cacert.omniroot.com/bc2025.CRT

Petunjutknya:
1. Setelah file tersebut diunduh, double click filenya.
2. Ikuti petunjuk update sertifikat seperti yang tertera pada wizard
3. Pilih Update Automatically.
4. Reboot Device... aaand..
5. Done!!...

PS. Telah diujicobakan pada OS Wins XP.SP2 32 Bit.

Semoga Bermanfaat. Salam.. :)

Sebagian harus up ke sp3

Sekarang saya pakai win 7 setelah ganti CPU

Itu bukan Masalah,, coba di perhattikan tgl dan jam di PC anda,, sdh sesuai gak dgn waktu yg telah di tetapkan,,,

Kalau soal setting jam tanggal dll sudah benar. Baca ulasan diatas

gampang tinggal ganti aj jam tanggal dll pasti bisa

maaf sebelum nya, lapton saya sudah pakai yg win 7 ultimate. tetapi chrome nya tetep ga bisa. apa mungking laptop saya keluaran lama dan masih menggunakan procesor 32bit sehingga tidak support dengan app cchrome yg 64bit?

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih