31 Jan 2015

10 Tahun Ngeblog

Catatan pribadi 10 tahun ngeblog (tidak penting buat anda).

Nggak terasa waktu telah berjalan cukup lama saat mulai ngeblog. Ketika membuka buku agenda lama yang terselip di antara buku-buku, baru saya ketahui bahwa saya pernah punya domain dan hosting pada tahun 2005 yang order di idwebhost. Jadi sudah 10 Tahun Ngeblog. Dan waktu itu, internet adalah sesuatu yang baru bagi saya (cuma dengar saja), kalau komputer sih... jaman monitor hitam putih sudah menggunakannya.

Jadi ingat ketika koneksi internet masih menggunakan telkomnet instan yang kecepatannya cuma 56/kbs, itupun lewat warnet yang cuma ada beberapa biji di kotaku (kalau gak salah ada 3-4 tempat) Waktu itu internet masih barang langka, cuma orang tertentu saja, hal itu saya ketahui meski warnet sedikit dan hanya 4 client saja, namun pengunjung cuma satu dua saja. Pukul 9 malam pasti tutup. Dan lagi, sewa internet lumayan mahal 7000 -10000 perjamnya.

Dibandingkan sekarang, speedy yang saya pakai dirumah 512/kbs dan warnet hampir ditemui di sepanjang jalan serta sewa cuma 3000/jam bahkan malam hari 1500/jam. Operasional pun rata-rata 24 jam, dan  saya lihat warnet selalu ramai.

10 tahun ngeblog dengan domain pertama kali santiaji.com dan hosting berbayar yang entah berapa belinya, itu cuma setahun saja. Blog yang tidak terurus karena keterbatasan koneksi dan juga harus mengerti tentang kode html. Waktu itu, belum banyak mesin-mesin blog untuk memudahkan pengguna. Kalau nggak salah saya menginstal CMS Mambo cikal bakal Joomla.

Ternyata saya juga ikut afiliasi Milyuner.com premium dan sekarang menjadi anggota biasa karena tidak memperpanjang kontrak. Situs ini masih aktif  dan tampilan sudah berubah total. Saya tertawa setelah mencoba akses ke situs tersebut. Maklum dulu blogger newbie yang ingin mencoba keberuntungan lewat internet.

Sebenarnya, sebelumnya pernah mencoba blog gratis milik yahoo yaitu geocites. Waktu itu Google belum populer dan Yahoo rajanya internet. Email saya pertama kali pakai yahoo (gmail belum ada), kemudian pakai mail plasa.com yang entah masih aktif atau tidak.

Yah, 10 tahun yang lalu ngeblog, dimana flasdisk belum ada, penyimpanan masih memakai floopy disk yang isinya cuma 1,2mb. Untuk isi lagu 1 MP3 (standart) saja nggak cukup. Os yang paling top win 98. Jangankan nonton video streaming, buka email saja butuh waktu beberapa menit. Kalau mau donlot lagu, atau video nitip operator warnet dan di-burn ke CD.

Kini beberapa blog premium telah saya kelola dan puluhan blog gratis ada dalam daftar direktori blog saya. Saat ini, ngeblog terasa mudah dan cepat. Dengan adanya, tablet, laptop, HP, dan warnet, mau ngeblog, kapan dan dimanapun bisa dilakukan. Perjalanan 10 tahun ngeblog dengan berbagai macam kejadian yang telah saya alami, mulai situs kena hack sampai  mendapat kenalan setanah air.


9 komentar

Nggak nyangka udah sampai 10 tahun kang andre ngeblog, tahun 2005 saya mungkin masih main kelerang :)

Mungkin kalau dulu sudah mengerti kode html dan cms yang bagus, serta gampang konek internet. bisa jadi kang andre punya nih jajaran website populer indonesia. :D

wah sudah sepuh banget ternyata mas, salam sungkem

Sorry Bro,.. . Sibuk yang lain sampai nggak tahu kalau ada tamu istimewa yang datang

Asyik bersosial, lama nggak yamperin rumah.
Saya lupa kalau 2005 sudah punya situs berbayar. Sampai sekarang masih bodoh... :)

Blogger nggak kenal tua muda, Mas. But enjoy..

udah lama dan berpengalaman banget ya kang,,, kalau tahun 2005 mungkin saya baru kelas 5 Sd,,, blognya juga udah lama ya, blog saya baru mau nginjak 5 thn

Kalau blog ini relatif baru...cuma th 2005 saya sedikit serius ngeblog dgn beli domain dan hosting, sebelumnya gratis (geocities)

Terus semangat kang Andre, kite-kite pendatang baru ikutin jejak kang Andre aja (templatenya OK bgt, mobilfriendly)

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih