2 Jan 2015

Arti Kata Kakang

Arti kata Kakang menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah:
ka.kang = Berasal dari bahasa Jawa Nomina (kata benda) abang

Mengapa saya mengangkat artikel ini? Hal ini berkenaan dengan nama blog maupun nama identitas yang saya pakai dalam dunia blogging yaitu Kang Andre

Sering saya temui, saat menulis komentar maupun saat chat dengan rekan baru dengan nama Kang Andre sering kali di balas dengan bahasa Sunda. Misalkan saja: "Hatur nuhun pisan Kang Suportnya. Tks" dan masih banyak lagi balasan menggunakan bahasa Sunda untuk komentar saya. Padahal saya nggak ngerti bahasa Sunda, karena saya orang Jawa yang lahir dan besar di Banyuwangi dan sekarang tinggal di Madura.

Memang saya pernah tinggal di Bandung selama 2 tahun dan banyak bergaul dan mengunjungi sudut-sudut daerah Pahariyangan. Sebagai Supervisor marketing produk consummer goods untuk daerah Jawa Barat tentunya saya harus terjun ke warung, toko, pasar dan sedikitnya harus mengeri bahasa daerah setempat. Namun setelah pindah ke Madura dan menerima bahasa daerah lain lagi, bahasa Sunda hilang dari memori saya (itupun nggak terlalu banyak yang saya pelajari - seletik pisan)

Kembali ke Arti kata Kakang

Kakang berarti sebutan bagi kakak laki-laki. Di Indonesia terdapat banyak panggilan kepada kakak laki-laki yang telah masuk ke dalam khazanah bahasa Indonesia, seperti:
  • Abang yang berasal dari bahasa Melayu.
  • Bung adalah sebutan untuk kakak laki-laki di beberapa daerah terutama Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara.
  • Aa atau Akang berasal dari bahasa Sunda.
  • Uda berasal dari bahasa Minang.
  • Kangmas, Mas atau Raka berasal dari bahasa Jawa.
  • Bli  berasal dari bahasa Bali.
  • Daeng  berasal dari bahasa Makassar
  • Uti adalah sebutan yang berasal dari bahasa Gorontalo
  • Dan masih banyak lagi sebutan bagi kakak laki-laki.
Sampai saat ini, dengan beberapa tetangga (yang kebetulan berasal dari Jawa) sering menyapa dengan kata Kang, "Piye kabare Kang..." Kalau di Madura sendiri memanggil kakak laki-laki dengan sebutan Kak. Jadi nama Kang Andre merupakan pemenggalan kata dari Kangmas atau Kakang Andre. Nggak apalah..enjoy saja.

Kakang Andre Riyanto

Kakang Andre Riyanto

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih