14 Apr 2015

Hobi Memancing Yang terlupakan

Hobi yang satu ini mulai saya tinggalkan semenjak punya blog banyak, namun terkadang kerinduan akan hobi memancing yang terlupakan muncul saat melihat sudut-sudut pantai dengan kebiruan yang menenangkan dengan sedikit batu karang.

Dulu hampir setiap hari Minggu atau hari libur, memancing merupakan kegiatan yang hampir tidak pernah terlewatkan. Pagi berangkat, mampir di pasar sejenak untuk beli udang dan segera meluncur ke laut. Jika pun suasana laut yang tak mendukung (saat musim ombak besar) memancing beralih ke sungai yang kala itu ikan Gabus, lele, tawes, mujair masih menanti jebakan santapan cacing.


Hobi Memancing


Mungkin bagi sebagian orang, hobi memancing merupakan hobi orang pemalas, menghabiskan uang, nggak sehat cuma duduk-duduk saja, buang waktu dan beberapa sentimen negatif lain terhadap yang punya hobi memancing.

Tidak dapat dipungkiri, hobi memancing ini menyebabkan pemancing harus rela duduk berjam-jam di pinggir sungai, danau, atau laut, sembari menunggu umpan di mata kail disambar ikan. Bahkan rela mengeluarkan uang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah hanya untuk membeli peralatan serta kebutuhan sewaktu memancing. Jika dibandingkan dengan hasil tangkapan, pengeluaran sepertinya tak sebanding. Namun yang namanya hobi, terkadang mengalahkan semuanya.

Manfaat Hobi Memancing


Seperti halnya sebuah hobi lain, memancing dapat menyenangkan. Kesenangan yang diperoleh atas kepuasan sebuah pengalaman saat umpan disambar ikan setelah beberapa saat menunggu. Pengalaman perjuangan menarik dan mengangkat ikan dengan aman agar tidak lepas lagi. Ketrampilan yang membuahkan kepuasan tersendiri bagi para pemancing.

Kesabaran orang akan diuji saat memancing. Hobi memancing dapat melatih kesabaran. Usaha untuk mendapatkan ikan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dapat berjam-jam menunggu umpan disambar ikan. Terkadang kesempatan hilang dan akhirnya mencoba beberapa kali untuk berusaha menangkap ikan. Hal ini bisa menjadi seperti terapi efek kesabaran dalam sebuah usaha meraih sesuatu. Apalagi jika memancing di terapkan sebagai sebuah permainan yang dapat melatih kesabaran dan konsentrasi pada anak-anak.

Selain melatih kesabaran, memancing juga dapat melatih konsentrasi. Saat akan melempar umpan, pemancing akan berkonsentrasi/berfokus arah tujuan lemparan. Setelah umpan terlempar, pemancing harus berkonsentrasi terhadap kailnya karena sulit diketahui kapan ikan akan menyambar umpan. Jika umpan disambar harus berkonsentrasi bagaimana menarik dan mengangkat ikan yang melakukan perlawanan.

Nggak dapat ikan tapi dapat teman. Biasanya para pemancing akan sering bertemu dengan pemancing lainnya. Hobi ini peminatnya sudah ada sejak dulu, dan jangan kaget bagi pemula jika suatu saat banyak orang berkumpul untuk memancing, terutama di hari libur atau ada event atau lomba mancing. Kita bisa berbagi pengalaman seputar hobi yang mengasyikkan ini dan jangan kuatir akan kehabisan bahan omongan.

Sebenarnya memancing tidak hanya duduk diam saja. Memancing memerlukan aktivitas fisik seperti melempar joran, menarik reel, menarik ikan, dan aktivitas fisik lainnya. Maka memancing dapat dikategorikan sebagai olah raga yang tentunya baik untuk kesehatan.

Yang terakhir manfaat hobi memancing, ada yang mengatakan memancing dapat mengobati stress, padahal jika seharian umpan nggak disambar malah bisa menimbulkan stres. Bagi saya hobi mancing dapat menghilangkan kejenuhan pikiran, mengurangi perasaan bosan dari aktivitas sehari-hari dan Refreshing. Mungkin lain lagi jika memancing dijadikan sebagai mata pencaharian (nelayan)



2 komentar

Memancing...mengingatkan saya ketika masih kecil dulu hehe....
Bapak selalu meminta saya menemaninya memancing sepulang beliau mengajar di sekolah...
Sweet memories banget....:)

Kalau saya diajak bapak njala atau pasang bubu, mancing kelamaan :)

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih