10 Jun 2015

Belajar Menggunakan VPS

Mohon maaf, artikel ini bukan tutorial belajar menggunakan VPS, melainkan catatan saya belajar tentang VPS.

Beberapa hari lalu, saya mendapat kejutan yang luar biasa yaitu mendapat VPS gratis untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Bagi saya seorang blogger amatir yang selama ini hanya "bermain" menyewa shared hosting, tentu sebuah peningkatan untuk mengelola sebuah blog. Apalagi ini untuk pertama kali saya menggunakan VPS.

Seperti yang kita ketahui, VPS cukup mahal, selama ini yang saya ketahui sewa VPS paling murah perbulannya $ 5 atau $ 6 di Gignode yang hanya menyediakan VPS dengan fasilitas sangat minim, namun sudah cukup besar kalau hanya untuk sebuah blog pribadi. Berhubung website bagi saya hanya untuk ngeblog, maka kebutuhan VPS saya rasa belum begitu perlu.

Belajar Menggunakan VPS


Belajar Menggunakan VPS

Sehubungan ada VPS gratis saya dapatkan (pemberian rekan) maka mau tidak mau saya harus belajar menggunakan VPS tersebut. Kalau sekedar teori sih tahu sejak dulu, namun cara menggunakan dan mengelolanya itu yang asing bagi saya. Istilah VPS (Virtual Private Server) tentu sudah tidak asing lagi bagi mereka yang bergelut di dunia website dan hosting, namun menurut pengertian awam saya, VPS adalah semacam komputer server namun tidak nyata (virtual) dan berada di lokasi yang mungkin sangat jauh dari kita (tergantu kita sewa di mana). Layaknya komputer nyata, VPS memiliki memory, harddisk, prosessor, operasi sistem dan lain sebagainya.

Sejak dulu, saya berangan-angan memiliki server tersendiri untuk situs-situs yang saya kelola, namun karena terbatasnya dana maka shared server hosting yang saya pilih dan tentu saja memiliki keterbatasan fasilitas yang tidak memungkinkan untuk membuat akun SSH dan VPN sendiri, memiliki proxy sendiri untuk membuka situs yang diblokir, mendowload file dari torrent dengan super fast, dan lain-lain yang bisa dilakukan melalui VPS.

Untung si pemberi berbaik hati juga dengan VPS yang siap pakai, dalam arti sudah disetting sebagai server. Kurang baik bagaimana dia? Namun, saya tetap harus belajar menggunakan VPS dengan baik dan benar. Biar stamina belajar bertambah minum minuman berenergi dulu ahhh...


Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih