20 Sep 2015

Mencoba Kursus Online Universitas Terbuka (UT)

Iseng-iseng saya membuka situs Universitas Terbuka untuk mencari bahan tulisan masalah pendidikan untuk blog saya http://padamu.net, eh... malah ketemu informasi kursus online yang diselenggarakan UT, apalgi ada embel-embel gratis dan terbuka untuk umum.

Setengah penasaran saya mencoba membuka situs yang menyediakan kursus online tersebut yang beralamatkan di: http://moocs.ut.ac.id/ dan sign up agar bisa mengakses semua menu yang ada. Menurut informasi, untuk semester ini pendaftaran terakhir 30 Sepember 2015, jadi saya berhasil mendaftarkan diri, entahlah untuk bulan depan.Proses pendaftaran mudah dan nggak berbelit-belit serta tidak ada persyaratan khusus.

Kursus Online Universitas Terbuka (UT)


Kursus Online Gratis Universitas Terbuka (UT)


Setelah berhasil login, saya menelusuri menu-menu yang ada dan mencoba masuk ke materi kursus yang ada. Tidak terlalu banyak materi yang ada di sana, entah belum dimulai atau ada tahapan berikutnya, saya belum tahu.

Ada 6 mata kuliah (kalau saya menyebutnya materi kursus) yang bisa diikuti, antara lain public speaking, parenting, manajemen pemasaran, pendidikan jarak jauh, aneka pengolahan pangan dan english for children. Berhubung bahasa Inggris saya nggak memadai akhirnya saya pilih parenting, manajemen pemasaran, pendidikan jarak jauh, aneka pengolahan pangan. Kecuali aneka pengolahan pangan yang sudah ada ujian tulis, lainnya hanya materi saja bahkan ada yang belum lengkap.

Ternyata nggak begitu sulit dan mudah dimengerti pembahasannya, cenderung seperti artikel populer daripada bahan kuliah.

Yang membuat saya penasaran adalah sertifikat apa yang akan diperoleh mengingat kursus online bersertifikat di Indonesia jarang ada. Meskipun ada, apakah pemilik sertifikat tersebut benar-benar telah mengusai materi yang ada? Apakah semudah itu UT mengeluarkan sertifikat resminya? Juga apakah diakui semisal saya melamar pekerjaan dengan melampirkan sertifikat tersebut?

Terlepas dari itu, ada tujuan baik dari Universitas Terbuka
Program Sertifikat Terbuka Online didedikasikan kepada seluruh masyarakat untuk mendapatkan pengalaman pembelajaran online. Penawaran Program Sertifikat Terbuka Online ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dosen UT yang juga ditujukan untuk mewujudkan salah satu misi UT guna membangun budaya masyarakat belajar sepanjang hayat (lifelong learning) pada era digital saat ini dan masa depan.

Program Sertifikat Terbuka Kursus Online dapat diikuti seluruh masyarakat yang menginginkan untuk menambah pengetahuan dan kompetensi secara GRATIS. Program ini ditawarkan setiap semester. Anda mendapatkan Sertifikat apabila telah menyelesaikan program ini secara lengkap dan mendapatkan nilai yang memuaskan

Saya belum bisa menyimpulkan karena proses masih berjalan, namun saya telah Mencoba Kursus Online Universitas Terbuka (UT)

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih