3 Sep 2015

Perubahan Domain Blogspot.co.id Tidak Usah Cemas

Mulai 3 September 2015 untuk domain blogspot.com akan berubah menjadi blogspot.co.id jika diakses dari Indonesia. Untuk pengguna blogger.com di Indonesia, memang merupakan hal yang baru, akan tetapi di negara lain perubahan domain internasional .com yang dipakai blogspot telah berubah disesuaikan dengan lokasi pengakses, seperti blogspot.in di India, blogspot.de di Jerman dan lain sebagainya. Ke depan kemungkinan blogger akan bertahap melakukan perubahan domain blogspot.com ke domain spesifik punya negara tujuan. Mengingat UU IT di setiap negara bisa berbeda, seperti penggunaan cookie di Eropa

Haruskah kita cemas dengan perubahan nama domain Blogspot.com Berubah Menjadi Blogspot.co.id?

Terlalu berlebihan jika terjadi hal demikian. Bagaimanapun juga Google tetap akan berusaha mengatasi setiap perubahan terhadap layanan miliknya.


nama domain Blogspot.com Berubah Menjadi Blogspot.co.id


Perubahan Domain Blogspot.com menjadi Blogspot.co.id Tidak Usah Khawatir


Dari analisa saya (yang mungkin saja salah) meskipun terjadi perubahan domain menjadi blogspot.co.id, Google tetap menganggap domain tersebut masih menggunakan blogspot.com. Hal ini dibuktikan dengan hasil SERP masih mengindeks dengan domain .com. Saya berusaha mencari blogspot dengan domain ekstensi negara seperti blogspot.de, blogspot.in belum membuahkan hasil meskipun blog tersebut berbahasa dan berasal dari negara tersebut. Hasil yang di tampilkan di SERP tetap blogspot.com. Uniknya ketika dibuka akan berubah menjadi blogspot.co.id meskipun blog tersebut berbahasa Jerman.

Inilah kehebatan Google (blogger.com) seperti bunglon yang akan menyesuaikan dengan letak geografis pengaksesnya. Jadi meskipun blog dari Indonesia, akan berubah menjadi blogspot.de jika dibuka di Jerman. Jadi tidak perlu cemas.

Ada yang mengatakan PageRank, AlexaRank, PA dan DA berubah. Ya jelas! Karena anda melihat dari blogspot.co.id yang dianggap sebagai domain baru. Coba pakai yang blogspot.com hasilnya tidak akan berubah. Jikapun ini bukan merupakan nama domain yang valid, jelas tools penentu peringkat tersebut akan tidak membuahkan hasil (invalid URL)

Untuk sementara ini, yang akan dirasakan dampak paling berat adalah untuk pemasang iklan Adsense Google lewat blogger (hosted). Dengan adanya perubahan domain Blogspot.com menjadi Blogspot.co.id mengakibatkan iklan tidak muncul jika diakses dari Indonesia, namun tetap tampil di negara lain atau dengan subdomain blogspot.com. Kecuali blogspot yang telah kustom domain atau akun adsense-nya non-hosted. Mungkin Google akan segera memperbaiki masalah ini.

Kecemasan juga terjadi bagi yang telah membuat backlik untuk blogspot.com. Tidak usah khawatir, akan di-redirect dan tidak akan menimbulkan broken link. Jika pun anda masih cemas dan ragu, sebenarnya bisa membuat script yang mengubah domain blogspot.co,id atau domain negara lain tetap menjadi blogspot.com. Blog saya Lenterakecilku.blogspot.com telah menggunakan. Meskipun dibuka dari mana saja akan tetap menggunakan blogspot.com. Tapi sekarang saya lepas karena bisa dianggap melanggar TOS blogger.

Kesimpulannya, tetaplah ngeblog dengan enjoy dan jangan terlalu cemas maupun khawatir dengan perubahan ini. Pada dasarnya tetap blogger.com menggunakan domain blogspot.com hanya saja domain akan berubah di beberapa negara menyesuaikan ekstensi domain negara tersebut.


5 komentar

iya benar itu gan,,, hehe.. makasih sudah memberikan motivasi buat blogger yang menggunakan blogspot kang.

mudah-mudahan cepat muncul deh iklannya..
sempat was was juga kemarin..

Masukkan komentar Anda... sempat cemas juga kang, hehe

master saya menggunakan webmasters tools trus nama domainnya saya input
blogspot.co.id dan blogspot.com, trus saya verivikasi keduanya.
pertanyaannya, bermasalah tidak?
terus tentang robot txt, itu yang di input pake domain apa? ada yg tau tidak?
trimakasih....

Itu sesuai saran google. Bot google bisa meng-crawl kedua subdomain tersebut.

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih