17 Okt 2015

Perataan Penulisan Artikel di Blog Dengan Rata Kiri

Terlihat sepele, menulis artikel di blog dengan menggunakan text-alignment “justify”  agar tulisan terlihat rata kiri dan kanan. Kalau ditanya kenapa, pastilah menjawab, "biar rapi!" Banyak saya temui blogger pemula maupun blogger senior menggunakan perataan penulisan artikel di blog dengan rata kanan-kiri (justify).

Penulisan Artikel di Blog


Sebenarnya sah saja dan tidak akan dihapus blog-nya jika menggunakan perataan tersebut. Apalagi bagi penganut kebebasan menulis di blog. Permasalahannya terletak pada pedoman penulisan di website (Writing for the Web) yang diliris oleh NN Group.  http://www.nngroup.com/topic/writing-web/

Selain itu, menurut World Wide Web Consortion (W3C) pengunaan format perataan “rata kiri kanan” menyalahi standar penulisan di website. W3C memberi pedoman standar penulisan di website adalah dengan rata kiri (align-left).

Many people with cognitive disabilities have a great deal of trouble with blocks of text that are justified (aligned to both the left and the right margins). The spaces between words create “rivers of white” running down the page, which can make the text difficult for some people to read. This failure describes situations where this confusing text layout occurs. The best way to avoid this problem is not to create text layout that is fully justified. Sumber


Perataan Penulisan Artikel di Blog Dengan Rata Kiri


Menulis di blog atau website merupakan media baru yaitu penulisan media online. Tentu saja cara penulisan berbeda dengan media cetak seperti koran atau majalah, termasuk menulis untuk karya ilmiah. Gaya menulis di blog adalah gaya online yaitu menulis untuk situs web (write for the web).

Alasan NN Grup maupun W3C memberlakukan pedoman penulisan artikel di blog dengan rata kiri adalah untuk kenyamanan pembaca (pengunjung) online. Situs-situs berita besar telah menerapkan perataan "rata kiri" untuk artikel yang diterbitkan. Silahkan bandingkan sendiri, jika menemukan blog yang menggunakan "align justify" dengan "align left" dam penulisan artikelnya. Lebih enak mana bacanya.

Terserah anda mau ikut yang mana, alasan rapi dengan memakai rata kanan-kiri atau ikut standar penulisan artikel di blog dengan rata kiri.

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih