29 Nov 2015

Jumlah Postingan di Homepage Tidak Dapat Diatur

Kemarin, saat membuka blog ini saya sedikit heran, kok jumlah artikel / postingan yang ada di homepage atau halaman depan cuma lima, padahal saya nggak melakukan perubahan setting apapun entah di template atau manapun. Atau saya kurang memperhatikan jumlah postingan yang ada di homepage sebelumnya?.

Di setelan pengaturan pos halaman depan masih tertulis 8, lalu saya coba ubah menjadi 10 dan melihat hasilnya, tetap tampil hanya 5 hasilnya. Bikin penasaran, lantas saya coba melihat template ini. Nggak ada yang aneh kok.

Usut punya usut, baru saya teringat bahwa blogger.com hanya memperbolehkan maksimal 1 mb untuk halaman index-nya. Artinya, homepage nggak boleh lebih dari jumlah 1 mb secara keseluruhan termasuk template, script, gambar, tulisan dan lain-lain.

Yang jadi masalah, pasti datangnya dari artikel. Ini biang keladinya, ada artikel dengan jumlah gambar lebih dari satu dengan ukuran besar pula. Coba diselidiki ah...

Benar. Dua artikel terakhir ASUS Zenfone 2 Laser Teknologi Mutakhir Fotografi Smartphone terdapat beberapa gambar dengan ukuran besar. Juga artikel kedua yang berjudul perlindungan asuransi kesehatan dengan unit link commonwealth life memiliki gambar yang cukup banyak. Selebihnya hanya 1 gambar (saat artikel ini dibuat). Ini yag menyebabkan ukuran indeks menjadi besar.

Lantas bagaimana cara mengatasi jumlah postingan di homepage yang tidak sesuai dengan pengaturan yang ada?

Pasti ada jalan kok.. Asal tahu saja, meskipun telah menggunakan auto readmore, sebenarnya yang ditampilkan artikel lengkap. Ini akibat ulah browser yang hanya menampilkan sepotong artikel karena ada script yang mengatur. Berhubung blogspot punya aturan tidak boleh lebih dari 1 mb untuk homepage, maka beberapa artikel tidak ditampilkan semua. Hal ini disebabkan ada satu atau dua artikel memiliki ukuran yang besar, biasanya artikel dengan banyak gambar.

Cara mengatasi jumlah postingan yang tidak sesuai dengan setelan di homepage cukup mudah. Blogspot sudah menyediakan fasilitas ini, yaitu yang bernama jump break . Kalau menggunakan tools ini, browser akan tetap membaca sepotong karena yang mengirimkan adalah mesin blog-nya, bukan rekayasa script Js.

Batasi jumlah gambat dengan insert jump break di bawah gambar pertama saja, jika artikel tersebut memiliki gambar yang cukup banyak. Tidak perlu semua artikel, cukup artikel-artikel yang memiliki gambar banyak. Sederhana bukan?

Jumlah Postingan di Homepage

Saran:
  • Sebaiknya gambar dikompres terlebih dahulu sebelum diupload.
  • Meskipun mengambil gambar dari blog lain, hal ini berpengaruh juga terhadap jumlah postingan di halaman depan

Alasan secara pasti saya belum tahu, namun setelah mencoba cara ini, akhirnya tampilan homepage blog Kang Andre kembali normal, menjadi 8 lagi sesuai settingan yang ada.



10 komentar

Weh baru tau saya ternyata dibatesin cuma 1MB per halaman, harus ati2 juga dong kalau pakai banyak gambar dipostingannya

Sebenarnya batasan homepage blooger.com sudah saya ketahui sejak lama, bahkan pernah saya buat artikel. Namun terkadang lupa, sehingga tampilan artikel di homepage menjadi kacau :)

cari cari ternyata ketemu juga
di lain blog semua hanya mengatur di jumlahnya ini itulah.
ternyata itu rupanya.ty gan

Banyak juga yang tidak tahu kalau Jumlah Postingan di Homepage sebenarnya tidak sesuai dengan settingan.

Mantap sekali postingannya mas, ini yang saya cari-cari.. akhirnya ketemu juga.. saya juga heran knapa ngak semua postingan yg diatur tampil di halaman beranda, dan saya coba otak atik, cba hilangin gambar,, eh malah normal lgi.. pas itu saya jadi tau masalahnya di gambar, tpi dimananya saya ngak tau, dan coba hilangin alt karena terlalu panjang mungkin ternyata masih ngak bsa.. ternyata masalah ukuran gambarnya kwkw (y) .. mkasih mas.. bermanfaat sekali..

Artikelnya sangat membantu kang.. Kemaren saya sempat pusing masalah postingan di homepage nya. Setelah saya coba dan bisa muncul sesui setingan. Makasih banyak kang

mungkin jumlah postingan di homepage (ukuran) berkaitan dengan kinerja server yang digunakan blogger.com. Dari segi seo pun, sebaiknya homepage memang minim ukuran filenya agar cepat loading.

nuhun kang blog saya jadi normal lagi
-->> http://s3vtrik.blogspot.com

kang, saya sudah mempraktekkan cara yang anda lakukan dan hasilnya pun berhasil. Tapi masalahnya ada tulisan read more, itu cukup menggangu postingan saya, karena terpotong postingannya, bagaimana cara mengatasinya kang?

Mungkin gangguan akan hilang setelah ada beberapa postingan baru yang mengganti di posisi homepage.

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih