18 Nov 2015

Seorang Blogger Bukan Cuma Menulis dan Menerbitkan Artikel

Kalau sudah menganggap diri seorang blogger (orang yang mengelola blog) seharusnya bukan cuma menulis dan menerbitkan artikel saja. Ada yang perlu diperhatikan juga, yaitu terus mencari, menemukan dan menyerap ilmu dari siapapun dan dimanapun. Kerennya meng-upgrade diri.

Jangan menganggap remeh peng-upgrade-an diri ini, layaknya ilmu pengetahuan yang terus berkembang, blogger juga harus berkembang mengikuti laju dunia blogging pada khususnya serta teknologi secara umum.

Jangan salahkan blogger pemula yang tiba-tiba blog maupun artikelnya ada di halaman depan hasil mesin pencari, yang dulunya (mungkin) punya kita. Salahkan diri kita sendiri karena tidak tahu bahwa algoritma mesin pencari telah berubah. Seorang blogger tidak boleh egois dan menutup diri terhadap blogger lain.


Blogger Bukan Cuma Menulis dan Menerbitkan Artikel


Teruslah Menulis dan Menerbitkan Artikel


Tidak salah, kalau ada blogger yang cuma mau menulis dan menerbitkan artikel saja. Tapi kesempatan emas terbuang sia-sia jika tidak mengikuti perkembangan dunia blogging. Saya sendiri terkadang tersenyum saat membaca artikel pertama di blog saya. Namun seiring waktu, semenjak aktif blogwalking, aktif di forum, bertemu darat sesama blogger, membaca-baca ilmu blog akhirnya tahu, ngeblog bukan hanya kegiatan menulis dan menerbitkan artikel saja, masih ada kegiatan lain yang perlu dilakukan agar menjadi blogger yang sebenarnya.

Blogger mana yang tidak ingin tulisannya banyak dibaca orang, blogger yang tidak ingin tulisannya dihargai orang? Untuk mewujudkan hal tersebut, ngeblog perlu proses dan salah satu proses adalah mengupgrade diri dengan mengikuti workshop, kopdar, komunitas, forum maupun berkunjung ke blog lain. Dengan demikian, kesempatan menjadi blogger yang benar bahkan menghasilkan dari blog yang dikelolanya.

Teruslah menulis dan menerbitkan artikel, namun tingkatkan kualitas tulisan dari yang sebelumnya. Jangan seperti katak dalam tempurung, karena ilmu terus berkembang dan kita harus bisa bergerak untuk mendapatkannya.

Saya masih orang blogger bodoh yang ingin terus belajar dan belajar.


Tulisan ngaco tengah malam - Kang Andre


Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih