6 Des 2015

Sebaiknya Menulis Artikel Blog Dengan Benar

Saat saya membaca artikel yang ada di blog terkadang menemukan isi atau topik yang ditulis sangat bagus, namun yang membuat saya akhirnya menutup halaman tersebut adalah gaya penulisan yang "semau gue" itu. Memang tidak salah dengan membuat tulisan dengan gaya sendiri, apalagi menulis artikel blog belum ada aturan baku. Berbeda dengan penulisan karya ilmiah atau surat resmi.

Menulis Artikel Blog Dengan Benar


Ada beberapa alasan sebaiknya menulis artikel di blog dengan benar. Sengaja saya tidak memasukkan kata "baik" karena menulis dengan baik itu lebih cenderung kepada tingkatan si pembaca. Misalkan menuliskan kata "aku" atau "kamu", tentu kurang baik jika dibaca oleh atasan, orang tua kita. Mengingat tulisan di blog merupakan konsumsi umum untuk semua lapisan, maka penulisan yang baik bisa diabaikan. Baik di sini artinya tidak sama dengan bagus atau bermutu.

Menulis dengan benar yang saya maksud di sini adalah sesuai dengan aturan ejaan yang benar. Kalau menggunakan bahasa Indonesia, sebaiknya sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD). Mengapa?

Profesionalisme

Anda akan dianggap profesional dalam mengelola blog dengan tulisan-tulisan yang mengikuti aturan. Oke lah jika belum bisa mengikuti aturan kalimat seperti penempatan subyek, predikat atau obyek (saya pun terkadang mengabaikan) akan tetapi hal yang terkecil adalah penggunaan tanda baca. Hal ini yang wajib diperhatikan. Pemenggalan kalimat yang tepat, penggunaan huruf kapital pada awal kalimat, nama, kota dan sebagainya akan memperjelas maksud dan tujuan penulisan. Jika mengabaikan hal ini, Anda bisa dianggap tidak serius menulis artikel (meskipun sebenarnya serius).

Seorang profesional tidak akan berulang-ulang melakukan kesalahan. Posisi huruf/karakter pada keyboard yang berdekatan sering membuat salah tulis saat menyusun artikel, atau istilahnya "typo". Satu dua kali mungkin dianggap wajar dan dimaafkan, namun jika sepanjang tulisan terdapat banyak typo, maka sudah dianggap ceroboh.

Saat ini kecanggihan koreksi kata maupun kalimat sudah ada, Anda bisa memanfaatkan office word dengan kamus bahasa Indonesia atau menggunakan browser chrome yang sudah bisa mendeteksi kesalahan. Mengapa tidak dimanfaatkan?

Meningkatkan Kunjungan Blog

Boleh percaya atau tidak, Google akan lebih senang memilih blog dengan tulisan yang memiliki sedikit kesalahan dalam penulisan maupun penggunaan istilah yang tidak umum. Dengan susunan kalimat yang benar serta menggunakan kata-kata baku yang sering dipakai, akan mendapatkan posisi bagus di SERP (dengan beberapa faktor lainnya). Dengan demikian memungkinkan kunjungan blog semakin meningkat.

Meskipun relatif kecil, kemungkinan lain jika menulis artikel blog dengan benar, blog bisa semakin ramai. Saat ini banyak tools penterjemah online yang dapat digunakan, akan tetapi tools tersebut masih belum bisa menterjemahkan tulisan "typo" atau istilah-istilah "lebay". Tidak menutup kemungkinan ada orang asing yang berkunjung ke blog kita, dan mereka pasti akan menggunakan translate. Jika blog tidak ditulis dengan benar, maka hasil translate akan semakin kacau bahkan bisa menjauhkan dari arti sebenarnya.

Terlebih untuk blog dengan artikel yang membahas situasi dan kondisi yang ada di Indonesia seperti wisata Indonesia yang tidak dibahas oleh blog asing. Orang asing mungkin akan mengambil sebagai referensi dan itu akan mudah dimengerti jika ditulis dengan ejaan yang benar. Dengan demikian, memungkinkan mesin translate menterjemahkan dengan hasil yang paling mendekati dengan maksud dan tujuan artikel.

Prestasi

Ada yang menarik jika menulis blog dengan benar sesuai kaidah bahasa yang berlaku. Jika kita melakukan profesionalisme seperti yang tertulis di atas, meskipun bobot artikel tidak terlalu dalam, ada kemungkinan pihak lain akan mengajak bekerja sama. Anda akan dipandang sebagai orang yang teliti dalam menulis sehingga tulisan enak dibaca.

Coba anda memesan tulisan dari jasa penulis, jika hasil yang kita pesan banyak typo atau susunan kalimat yang amburadul, apakah kita akan terus berlangganan? Kita tentu akan memilih artikel yang berkualitas baik itu dari segi bahasan maupun gaya tulisan sehingga tulisan enak dibaca serta maksud tulisan dapat dimengerti dengan baik.

Jangan terkejut jika suatu saat datang penawaran kerja untuk mengelola sebuah blog dari perusahaan besar atau ada penawaran untuk membuatkan artikel karena tulisan-tulisan yang ada di blog Anda sangat istimewa.

Memang tidak mudah membiasakan untuk menulis artikel di blog dengan benar sesuai kaidah bahasa, namun setidaknya memulai dari yang terkecil seperti penggunaan tanda baca bisa melatih untuk meningkatkan kemampuan menulis.

Sekali lagi ini hanya saran, karena menulis di blog itu seni, semua terserah Anda.


Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih