23 Jan 2016

Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung

Pada forum yang saya ikuti, banyak member yang bertanya tentang bagaimana membuat blog ramai pengunjung atau cara meningkatkan trafik blog meningkat. Saya tidak mau menjawab atau menanggapi dengan serius, kenapa? Blog saya hanya punya segelintir pengunjung alias tidak ramai alias sepi. Bagaimana saya akan menjawab, takutnya ada balasan, berapa kunjungan di blog Aden setiap harinya?

Memang, sebelum saya punya blog banyak, ada blog yang saya kelola bisa mencapai puluhan ribu perharinya. Bagaimana itu bisa terjadi? Waktu itu saya tidak berpikir bagaimana cara blog tersebut agar ramai pengunjung. Yang saya lakukan hanya menulis artikel yang banyak dicari orang dan membuat artikel yang saya rasa cukup menarik. Lantas, saya submit di media sosial dan sosial bookmark untuk artikel yang sekiranya menarik, sebagai pancingan agar mau berkunjung ke blog saya. Hanya itu.

Blog Ramai Pengunjung


Namun perlu diketahui, bahwa waktu itu blog belum sebanyak sekarang dan SEO belum seketat pada saat ini. Rupanya, pancingan saya berhasil, pengunjung juga membaca artikel lain dan perlahan di SERP Google artikel banyak di page one. Selain itu, saya makin banyak teman blogger yang berdiskusi pada komentar.

Perlahan, trafik kunjungan blog yang puluhan ribu menurun bahkan tinggal ratusan saja. Saya menyadari itu, rutinitas update artikel mulai berkurang serta tidak ada topik tren yang saya buat, karena saya juga membuat beberapa blog baru yang cukup banyak. Seandainya semua blog yang saya kelola tersebut dijadikan satu, mungkin trafik kunjungan masih tetap tinggi, artinya, saya tetap berkonsentrasi ke 1 atau 2 blog saja tidak ke 20 blog utama di tambah ratusan blog dummy.

Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung


Banyak artikel tips dan trik agar blog ramai dikunjungi di internet, silahkan baca-baca. Saya hanya bisa memberikan saran berdasarkan pengalaman sendiri. Jadi tidak memberi cara bagaimana meningkatkan kunjungan blog dengan lengkap.

  1. Buat artikel berkualitas dan unik dengan topik yang menarik serta yang memungkinkan dibutuhkan orang. Bisa mencari sumber di internet, majalah, koran, buku dan sebagainya. Namun jangan melakukan copas penuh, sebaiknya ditulis ulang dengan gaya sendiri.
  2. Share ke media sosial, namun jangan semua artikel atau sering men-share, yang bisa membuat orang lain bisa sebal. Cukup artikel yang benar-benar menarik dan perlu diketahui orang lain.
  3. Buat artikel pancingan yang menarik di forum, sosbook, atau penulis tamu di beberapa blog. Ingat tujuan utama bukan mencari backlink atau menjadi spammer, namun lebih kepada memperkenalkan blog dengan artikel berkualitas dengan sopan.
  4. Abaikan SEO terlebih dahulu. Meskipun artikel ada di halaman 1 di SERP Google, belum tentu akan diklik orang. Apalagi membombardir dengan mencari baklink, nyepam dan lain sebagainya. Tidak usah terburu-buru berada di halaman pertama mesin pencari. 
  5. Ini yang sering dilakukan blogger pemula, ingin cepat blog ramai pengunjung. Padahal semua ada proses. Sehebat-hebatnya orang tidak mungkin akan langsung kuliah di perguruan tinggi.

Silahkan Anda coba dan mengembangkan. Hasilnya tergantung usaha dan kemampuan Anda, Saya tidak berani menjamin blog ramai pengunjung - Kang Andre.

3 komentar

Mantaf tulisannya kang, akan saya terapin ke blog ane biar bisa di berikan kursi sama Google. Siapa tau entar bisa jadi terkenal dan bermanfaat hehehe

Terimakasih Kang Andre Atas Tutorialnya Salam Kenal Kang Andre Saya Pemain Baru Dari Kang jangan Lupa Mampir Ya kang Di Blog Saya By.Google Apk Center

wahh,,bagus artikelnya menarik...
berkunjung juga yahh??
http://syarifbiru.blospot.com

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih