9 Jan 2016

WaGoMu Layanan Blog Gratis Dari Jepang

Kemarin, tepatnya Rabu 6 Januari 2016, saya mencoba blog gratis baru dari negeri sakura WaGomu dengan bahasa Indonesia. Setelah mendaftar, begitu cepat blog dengan url lenteraku.wagomu.id pun dapat digunakan. Meskipun dari Jepang, namun subdomain menggunakan domain Indonesia .id yang harganya masih premium untuk saat ini sekitar Rp 500ribu. Jarang ada subdomain gratis yang menggunakan [dot] id. Bahkan blogspot pun menggunakan co.id.

WaGoMu diluncurkan pada Juni 2015 oleh perusahaan Jepang CPoint Corporation yang memiliki bisnis utama penyewaan server, bisnis internet (portal), layanan pengembangan aplikasi, pengembangan software serta konsultan bisnis. Saat ini sudah ada kantor cabang di Jakarta selain di Beijing, Bangkok, Hongkong dan Ho Chi Mint (Vietnam).

WaGoMu Layanan Blog Gratis Dari Jepang
Tampilan homepage WaGoMu.id


Selain Wagomu, CPoint memiliki beberapa portal seperti Hamazo, Tida Blog, Namujai, Betonyatto. Uniknya, blog portal yang dimiliki difokuskan pada kota atau wilayah tertentu. Seperti contoh Wagomu.id lebih difokuskan untuk wilayah Jabodetabek dengan pembagian wilayah, sedangkan wilayah atau kota lain hanya dikelompokkan luar Jabodetabek. Dengan kata lain, member blog dapat memilih blog untuk fokus di wilayah mana, termasuk pilihan luar negeri dan Jepang.

WaGoMu Layanan Blog Gratis Dari Jepang


Menurut Edi Juanedy Salam webmaster WaGomu pada tabloid HaloJepang!, melalui Wagomu mengajak masyarakat Indonesia khususnya Jabodetabek untuk mengenalkan daya tarik Jakarta kepada warga Jepang. Tidak sebatas pariwisata, namun juga peluang bisnis yang bisa dibangun di antara kedua negara. Melalui blog ini, semua aktivitas warga Jakarta bisa di-share kepada orang lain.

Layanan blog gratis dari Jepang WaGoMu ini diikuti tatap muka anggota dan blogger WaGoMu yang akan membahas tutorial bagaimana membuat blog menarik dan bahkan akan mengadakan kursus bahasa Jepang bagi anggota.

Saya telah mencoba, dan sangat disayangkan pertemuan blogger Wagomu masih terbatas di wilayah Jabodetabek yang sulit saya hadiri. Selain itu, kurangnya promosi membuat blogger banyak yang belum tahu tentang keberadaan blog gratis dari Jepang ini.

Jika ingin tahu pengalaman saya menggunakan blog Wagomu, baca saja di: WaGoMu Cara Baru Buat Ngeblog.

Bagaimana, mau mencoba? Gratis kok... dan mudah mengelolanya. Meskipun blog Jepang namun menggunakan bahasa Indonesia.


Salam - Kang Andre


6 komentar

Hallo Kang Andre...
Ternyata Negara Jepang juga, sudah punya wadah untuk membuat blog secara gratis ya...
Jadi pengen coba nih... :D
Terima kasiha atas share artikelnya...
Salam,

Sebenarnya banyak blog Jepang yang gratis, tapi pakai bhs Jepang, jadi tidak banyak masuk SERP google Indonesia. Selain itu bagi yang nggak ngerti bhs Jepang sulit daftar dan mengelola blog.

Saya sering menemukan saat daftar pakai kode verifikasi bhs Jepang, bagaimana menulisnya? :)

ada juga yang menjelaskan bawa blog wagomu adalah produk buatan anak negri yang dulu tinggal di jepang, yang mana ya yang bener, saya baca di ddsobirin.wagomu.id

Benar dikelola oleh Edi Junaedi Salam yang pernah kerja di Jepang. Namun CMS yang digunakan berasal dari Jepang yang sudah di modif dan hosting yang dipakai juga di Jepang.

udah daftar wagomu, tapi menu verifikasi google nya di mana ya? kok saya gak nemu.

udah daftar, siip buat agan

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih