17 Mei 2016

Perbedaan Hong Shui dan Feng Shui

Saat saya menulis artikel tentang rumah yang dikaitkan dengan masalah keberuntungan rejeki berdasarkan perhitungan ilmu Tiongkok kuno, saya menemukan dua istilah yaitu Hong Shui dan Feng Shui. Tidak banyak situs yang membahas perbedaan Hong Shui dan Feng Shui, dan belakangan saya ketahui bahwa memang tidak ada perbedaan dengan kedua istilah tersebut.

Perbedaan Hong Shui dan Feng Shui


Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan istilah Feng Shui dibandingkan Hong Shui dalam menulis artikel di blog Lentera Rumah. Alasan saya menggunakan kata tersebut cukup sederhana yaitu Feng Shui yang berarti Angin dan Air, merujuk pada ejaan chinese international (Mandarin). Hong Shui merupakan istilah yang digunakan oleh bahasa china daerah Hokkian atau Hokkien.

Mengapa istilah Hong Shui banyak digunakan di Indonesia? Mayoritas pendatang Tionghoa di Indonesia adalah berasal dari provinsi Hokkian yang menggunakan bahasa dialek selatan dan tidak menggunakan bahasa dialek utara yaitu Mandarin. Oleh karena itu bahasa Indonesia banyak menyerap kata dari bahasa Tionghoa daerah Hokkian.

Contoh:
  • Hokkien - Dalam bahasa Mandarin: Fújiàn
  • hongshui - Dalam bahasa Mandarin: Feng Shui
  • Kong Hu Cu - Dalam bahasa Mandarin: Kong Fu Zi
  • Tahu (tauhu) - Dalam bahasa Mandarin: dòufu
  • Tionghoa - Dalam bahasa Mandarin: Zhong hua
  • Tiongkok - Dalam bahasa Mandarin: Zhong guo
  • Selengkapnya: https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kata_serapan_dari_bahasa_Tionghoa_dalam_bahasa_Indonesia
Dengan demikian pengertian Hong Shui dan Feng Shui adalah sama yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana cara manusia agar dapat hidup selaras dengan alam lingkungan sekitarnya. Perbedaan hanya terletak pada pengucapan atau dialek bahasa saja.  Bahasa Hokkien memiliki ciri khas fonologis yaitu fonem (bunyi huruf) /h/ dalam bahasa Mandarin memiliki persamaan dengan fonem /f/.

Ilmu Feng Shui atau Hong Shui 


Ilmu Feng Shui atau Hong Shui mengajarkan cara manusia untuk hidup selaras dengan alam dan lingkungan sekitar dengan benar dan bukan menentang alam. Feng Shui bertujuan untuk mendatangkan keberuntungan dan menghindari dari hawa perusak dalam diri maupun lingkungan yang ditempati dengan menyelaraskan hawa Yang (positif) dan Yin (negatif).

Unsur angin dan air dalam Ilmu Feng Shui atau Hong Shui merupakan energi yang mengalir tanpa batas, Air yang merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup dipadukan dengan angin bergerak menciptakan manfaat keharmonisan. Ilmu pengetahuan ini berkembang pesat dan diterima baik di seluruh dunia karena dapat dijelaskan berdasarkan logika dan ilmu pengetahuan.


Perbedaan Hong Shui dan Feng Shui - Kang Andre



2 komentar

Oh ternyata gituh kang bedanya baru tahu saya.

Owh... ternyata sama ya Mas... hanya berbeda tipis ajah... :D

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih