14 Jun 2016

Alasan Membajak Akun Facebook Orang Lain

Latar belakang alasan orang melakukan pembajakan akun facebook (Facebook Hacking) sangat beragam dan terkadang rumit menjelaskan sebenarnya. Berbagai cara membajak akun facebook orang lain telah dipelajari, dicoba, digunakan untuk mengambil alih kepemilikan.

Kepopuleran Facebook yang menyebabkan hampir dari 90% pemakai internet memiliki akun Facebook dan tidak sedikit pula yang menggunakan ID-nya untuk keperluan bisnis baik itu sebagai toko online maupun berjualan seperti chip poker melalui salah satu permainan yang ada di Facebook yaitu Zyngd holdem poker yang dahulu cukup populer. Dan kepopuleran tersebut membuat sebagian orang untuk melakukan hacking.

Cara Membajak Akun Facebook

Saya juga pernah membajak akun facebook, namun tidak kepada orang lain melainkan kepada akun anak saya. Saya sebenarnya sudah dapat dikatakan hacker dan cracker karena telah mengambil alih kepemilikan meskipun tidak sepenuhnya. Tujuan saya hanya untuk memonitor akun facebook anak saya agar berperilaku yang sehat dalam bermedia sosial. Kalau bertanya, bagaimana cara membajak akun facebook dengan mudah, tidak akan saya jelaskan. Maaf, saya hanya membahas beberapa alasan membajak akun facebook secara umum. 

Untunglah saya melakukan di Indonesia serta kepada orang tertentu saja karena sekitar tahun 2011 ada berita tentang seorang Ibu yang digugat anaknya gara-gara akun facebook-nya di-hack Ibunya di San Francisco, USA. Padahal maksud dari sang ibu untuk memperhatikan tingkah laku sang anak dalam bergaul di situs jejaring sosial karena usianya saja baru 16 tahun. 

Cara sang Ibu melakukan hack dengan cara yang sangat sederhana yaitu si anak tidak sengaja membiarkan komputer pribadinya masih online tanpa logout ketika menyelesaikan sebuah posting tulisan yang menurut ibunya itu tidak baik. Kemudian si ibu tersebut langsung mengambil alih dan mengubah akses login ke akun tersebut karena setelah membaca seluruh isi dari facebook sang anak, sangat tidak cocok untuk anaknya yang masih berusia 16 tahun tersebut.

Kalau di Indonesia, banyak kasus yang terungkap berkaitan dengan facebook adalah masalah status atau postingan yang menyinggung perasaan orang atau institusi lain. Kalau masalah pembajak akun facebook banyak juga terjadi, namun entah apakah sudah ada yang masuk dalam hukum atau belum.

Alasan Membajak Akun Facebook


Apa sih yang menjadi alasan membajak akun facebook orang lain? Padahal kalau akun diambil alih orang lain, bisa buat akun lagi dan gratis kok.... Namun ulah hacker blck hat atau yang lebih dikenal dengan cracker tetap membuat pemilik akun facebook khawatir jika akunnya dibajak. Apalagi banyak artikel yang membahas cara hack facebook di internet.

Beberapa alasan orang ingin merebut akun Facebook bisa disebabkan: 
  1. Kebencian terhadap pemilik akun dan berusaha ingin menghilangkan ID facebook-nya, mengganti ID atau berusaha mencemarkan nama baiknya. 
  2. Pencurian identitas terutama untuk akun yang memiliki teman, follower yang berjumlah ribuan untuk keperluan bisnis toko online.
  3. Pencurian data penting yang disimpan dalam akunnya.
  4. Ingin mengetahui inbox yang dilakukan oleh pacar, suami/istri yang sangat pencemburu.
  5. Ingin memonitor aktivitas pemilik akun (ini yang pernah saya lakukan :D )
  6. Hanya iseng atau sekedar belajar hacking.
Tentu masih banyak alasan yang menyebabkan orang membajak akun facebook.

Teknik hacking Facebook sebenarnya dapat dikatakan gampang-gampang susah. Meskipun pihak Facebook telah berusaha mengamankan sistem yang ada terkadang pemilik akun lengah dan membuat kesalahan sendiri. Saya sering menemukan akun facebook yang belum logout di warnet atau membiarkan orang lain mengakses komputer kita di saat akun masih dalam kondisi login. 

Untuk itu sebaiknya buat akun sesuai dengan saran keamanan yang telah dibuat oleh pihak Facebook, dan yang paling penting, jangan meletakkan data-data penting dalam akun serta membuat postingan yang sopan, santun dan tidak menyinggung perasaan orang lain.


Alasan Membajak Akun Facebook - Kang Andre


Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih