28 Jun 2016

Hati-hati Dengan Identitas Akun Facebook Anda

Waspada dan hati-hati dengan pemilihan nama untuk identitas akun Facebook yang anda buat. Ini bukan berkaitan dengan ancaman atau gugatan penggunaan nama yang telah digunakan oleh orang lain, melainkan berhubungan dengan layanan Facebook itu sendiri. Saat ini pihak Facebook mulai gencar mengidentifikasi akun yang dianggap tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Banned Identitas Akun Facebook Anda


Sebagai layanan situs jejaring sosial, member Facebook sudah mencapai ratusan juta dan sudah banyak keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan dengan adanya media sosial milik Mark Elliot Zuckerberg ini termasuk usaha pembajakan akun facebook. Untuk meminimalkan penyalahgunaan akun yang digunakan seperti penyerangan kepada pihak lain, penipuan dan kejahatan lainnya yang berkaitan dengan internet, maka Facebook mengharap pengguna menggunakan identitas sebenarnya.

Maksud dan tujuan facebook memang bagus, namun kebebasan dalam menggunakan identitas online menjadi kendala meskipun akun tidak aneh-aneh. Baru-baru ini salah satu akun Facebook yang baru saja saya buat, telah dinonaktifkan karena dianggap akun tidak menggunakan identitas autentik atau memiliki beberapa akun. Memang benar ini akun kloning-an dan saya buat untuk memecah akun facebook untuk keluarga dan teman biar mudah mengelolanya. Sebelumnya tidak ada masalah karena saya juga membuat beberapa akun (dibuat sekitar tahun 2011)

Akun saya yang baru dibuat dengan nama Kangandre Logs menggunakan email baru. Ternyata tidak sampai sebulan dan mulai bertambah teman dan kronologi, tiba-tiba muncul "pop-up" pemberitahuan saat akan membalas sebuah pesan:

pemberitahuan konfirmasi Identitas Akun Facebook

Berhubung baru kali ini mengalami pemberitahuan seperti ini (saya punya beberapa akun Facebook sejak tahun 2010) maka saya coba melanjutkan untuk mengklarifikasi bahwa memang benar ini akun saya. Namun saya pesimis setelah membaca bahwa ID yang akan di-upload harus sesuai dengan nama dan foto akun facebook saat ini. Tentu saja hal ini tidak mungkin bisa sebagai klarifikasi karena nama dan foto yang saya pakai berbeda jauh dengan identitas resmi.

upload konfirmasi Identitas Akun Facebook

Dengan harapan sangat kecil akun facebook bisa normal kembali, maka saya coba upload KTP saya. Selang 10 menit kemudian, ada pemberitahuan dari pihak Facebook yang isinya:
"Terima kasih telah menghubungi kami, namun sayangnya kami tidak dapat mengonfirmasi Anda sebagai pemilik akun ini."
Yah... seperti harus merelakan akun baru ini. Saya coba login ke Facebook tidak bisa, yang muncul hanya tulisan pemberitahuan yang dikirim ke email. Besoknya saya coba tetap.

Pengaktifan Akun Facebook


Setelah tiga hari berlalu, saya coba kembali membuka akun facebook pada pagi hari, ternyata masih tetap tidak bisa dan di email pun tidak ada pemberitahuan apapun. Sepertinya saya harus merelakan akun ini. Akhirnya, saya membuat artikel ini pada malam hari yang menginformasikan Hati-hati Dengan Identitas Akun Facebook Anda dan sebaiknya menggunakan identitas yang asli.

Tapi ternyata !!!

Ketika saya membuat artikel ini dan mencoba mengambil screenshot akun facebook saya yang di non-aktifkan, ternyata akun dapat diakses kembali. Lantas saya coba buka email dan ada pemberitahuan yang dikirim dari facebook pada jam 20.25 (1 jam yang lalu) - berarti saat saya mulai membuat artikel ini - yang isinya:

----------------
Hi KangAndre,

Terima kasih telah memverifikasi akun Anda. Kami telah mengaktifkan kembali akun Anda, dan Anda akan dapat masuk sekarang. Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk memastikan tidak kehilangan akun Anda lagi:

- Verifikasi akun Anda. Pelajari cara memverifikasi akun Anda di Pusat Bantuan: https://www.facebook.com/help/266902903322428/?ref=cr
- Unggah foto profil, dan pastikan Anda menggunakan nama dan tanggal lahir sebenarnya
- Kirim permintaan pertemanan hanya kepada orang yang Anda kenal secara pribadi
- Ikuti Standar Komunitas Facebook: https://www.facebook.com/communitystandards/?ref=cr

Terima kasih,

Cinta
Community Operations
Facebook--------------------

Berarti, verifikasi dengan KTP saya baru ditinjau (mungkin) secara manual setelah 3 hari. Meskipun nama dan foto tidak sama, namun untunglah tanggal lahir dan tempat tinggal sama dengan informasi di akun. Pada dasarnya saya hanya menggunakan nama lain agar unik saja, tidak ada maksud lain.

Pengalaman yang menarik karena baru pertama kalinya saya mengalami ini. Entah benar atau tidak, saya sarankan:

  1. Gunakan nama asli atau ada kata yang mengandung nama dalam ID resmi.
  2. Isi tanggal lahir sesuai dengan ID resmi
  3. Tulis tempat tinggal sesuai ID resmi
  4. Gunakan foto profil yang mirip dengan ID resmi
  5. Tunggu beberapa hari agar ditinjau manual oleh staff Facebook, kalau secara otomatis pasti akan ditolak oleh sistem jika nama, foto dan tgl lahir di ID tidak sama persis dengan informasi di akun.
  6. Jangan men-share, posting yang melanggar aturan komunitas facebook

Jika di atas tidak dapat dipenuhi, maka kemungkinan besar akun facebok yang dinonaktifkan sementara akan berganti permanen. Artinya, silahkan buat akun baru.


Hati-hati Dengan Identitas Akun Facebook - Kang Andre


4 komentar

Om, ini saya ady, yang komentar di bersocial. heheh salam kenal om

Salam kenal kembali Ady. Masih betah main biola? :D

Hehehe... :D. Senengnya koment q dibales. Iya om, soalnya hobby. Dulu dapet biola itu susah payah ee.... jadi seneng ae sampai sekarang.

Kang juga bisa main biola juga po??

Maaf, nggak bisa balas cepat. Pernah coba belajar biola, eh... ternyata susah banget dan ribet perawatannya :D

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih