5 Okt 2016

Pelaksanaan PLPG Oktober 2016

Sebelumnya saya mohon maaf karena artikel ini tidak membahas teknis pelaksanaan PLPG 2016 yang akan dimulai bulan Oktober ini. Namun hanya pandangan saja tentang Sertifikasi Guru 2016 melalui jalur PLPG.

Dahulu lewat blog Lentera Kecil pada tahun 2011 saya banyak mengulas masalah PLPG pada tahun tersebut dikarenakan istri saya mengikuti sehingga saya mencoba mencari informasi dan menyebarkan lewat blog. Namun sejak itu, saya jarang mengikuti perkembangan sertifikasi guru terlebih pelaksanaan PLPG.

Pelaksanaan PLPG Oktober 2016


Lewat blog baru Padamu.net saya mencoba mengulas sedikit masalah pelaksanaan PLPG 2016 yang ternyata ada perubahan yang cukup signifikan mulai dari pembentukan 15 perguruan tinggi sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga kependidikan (LPTK) atau rayon penyelenggara utama sertifikasi Guru.

Selain itu, penilaian kelulusan peserta yang berhak mendapatkan sertifikat pendidik juga berubah dimana harus memenuhi 2 syarat kelulusan yaitu:
  1. Lulus PLPG (Pendidikan & Latihan Profesi Guru) yang dilaksanakan di LPTK selama 10 hari (90 jam pelajaran) Dinyatakan lulus jika :SAP minimal 70, SUT minimal 70, SUK minimal 76
  2. Lulus UKG (Uji Kompetensi Guru). Nilai UKG minimal yang sekarang adalah 80 dari sebelumnya 46.
Namun, guru tidak perlu mengulang PLPG lagi jika sudah lulus bila dalam UKG tidak lulus. Cukup mengulang UKG. Dahulu jika UKG tidak lulus maka mengulang PLPG kembali.

Pelaksanaan PLPG Oktober 2016


Pelaksanaan PLPG Oktober 2016 ternyata mundur dari jadwal yang telah ditentukan pada Juni 2016. Entah kenapa, setiap pelaksanaan PLPG tidak pernah tepat sesuai jadwal sehingga calon peserta terkadang menjadi was-was menunggu.

Namun kali ini, PLPG dipastikan akan terlaksana pada Oktober 2016. Untuk Rayon 9 Universitas Negeri Surabaya, gelombang pertama akan berlangsung 9 Oktober 2016 hingga gelombang terakhir yang diperkirakan akan berakhir Desember 2016. Pelaksanaan sesuai jadwal masing-masing Rayon.

Info seputar pelaksanaan PLPG dapat dilihat di Padamu.net

Bagaimana untuk para guru calon penerima sertifikasi guru. sudah siapkan saudara?
Semoga sukses.


Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih