8 Nov 2016

Memasang Adsense Di Blog Yang Pernah Di Banned

Terus terang, saya belum menemukan artikel tentang pengalaman publisher adsense memasang kode adsense pada blog yang pernah di-banned adsense-nya. Di forum adsense yang membahas tentang blog mantan banned adsense bisakah daftar lagi, ada yang berpendapat pro kontra atau ada yang berkata boleh dan ada juga yang berkata bahaya.

Bingung dan sedikit takut juga untuk memasang Google adsense pada blog saya yang pernah di-banned atau dinonaktifkan adsense-nya. Namun setelah PO untuk pertama kalinya (yang saya anggap akun sudah aman) maka saya memberanikan diri untuk memasang kembali ke blog lenterakecil.com.

Memasang Adsense Di Blog Yang Pernah Di Banned

Blog lenterakecil.com yang saya pasang kode adsense ini, dibuat tahun 2011 lalu dan pernah diajukan untuk mendapatkan akun adsense dan diterima. Namun beberapa bulan kemudian, akun dibanned. Bukan hanya sekali, akun adsense lainnya yang saya pasang juga kena suspend. Intinya, telah beberapa kali pasang adsense, namun selalu di-banned. Lantas saya berpikir kemungkinan blog melanggar salah satu TOS adsense atau memang saya yang salah. Setelah itu saya malas "main adsense"

Namun ketika mendapatkan akun adsense kembali akhir 2015 dan sudah PO kali pertama Oktober 2016, saya mencoba memasang adsense di blog lenterakecil.com yang pernah beberapa kali kena banned, tepatnya 1 Nopember 2016. Jadi, sudah berlangsung 8 hari saat artikel ini dibuat dan aman-aman saja.

Namun sebelumnya, saya ragu. Selain belum menemukan artikel yang sedikit melegakan tentang pemasangan adsense di blog yang sudah pernah dipasangi adsense kemudian kena banned, selain itu hasil tools online tentang boleh tidaknya blog dipasang adsense juga membingungkan, ada yang blog dibanned ada yang menghasilkan It's Ok. Saya coba menawarkan ke teman yang punya akun adsense pun menolak karena takut di-banned.

Setelah melihat pengalaman blog yang saya pasangi adsense, jumlah pengunjung lebih dari 1000 perhari memungkinkan mendapatkan dollar lebih cepat. Lenterakecil.com punya visitor sekitar 1600 perhari, bukankah itu sebuah peluang mendapatkan dolar? Itulah yang menjadi alasan saya untuk memasang kode adsense kembali.

Untuk menghindari kemungkinan buruk, maka saya melakukan beberapa langkah.

  • Mengubah server yang awalnya IIX menjadi US.
  • Mengubah nama kepemilikan domain
  • Menghapus beberapa artikel lama yang saya anggap tidak menarik, sedikit views atau sekiranya melanggar TOS adsense.
  • Melepas iklan PPC lokal yang ada.
  • Mengubah atau submit ulang GSC, google analytic pada akun yang sama dengan adsense.

Setelah itu, saya pun memasang kode adsense dan seminggu sudah ada dolar meskipun sedikit namun dapat menambah jumlah dolar per hari di earning adsense.

Kesimpulan

Setiap hari selama 8 hari saya terus memantau status di dashboard adsense untuk melihat apakah ada pelanggaran situs. Alhamdulillah tidak ada. Dan untuk sementara saya simpulkan bahwa adsense bisa dipasang pada blog yang pernah dibanned. Namun bisa saja yang kena banned adsense tersebut adalah karena pelanggaran akun bukan pada pelanggaran situs.

Bagaimanapun juga Adsense merupakan bagian bisnis Google. Publisher juga dibutuhkan namun tetap mengikuti aturan main yang telah ditetapkan.


Memasang Adsense Di Blog Yang Pernah Di Banned - Kang Andre

1 komentar:

Sepertinya, trik ini bisa dilakukan untuk blog dengan custom domain ya Kang Andre ?
Kalau subdomain, dan masih ikut di blogspot ... ?
Hopeless kayanya ...
Mampir pertama kali Kang ... :)

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih