13 Nov 2016

Pelanggaran Unit Iklan Adsense Tingkat Situs

Beberapa artikel terakhir di blog ini lebih banyak membahas Google Adsense karena banyak pengalaman baru yang saya dapatkan berkaitan dengan adsense, jadi saya tulis saja di blog ini, setidaknya menjadi catatan kecil saya setelah menjadi publisher adsense.

Sebelumnya, saya telah menulis Memasang Adsense Di Blog Yang Pernah Di Banned dan belum ada masalah serius. Namun pada tanggal 10 November 2016 atau setelah 10 hari kode adsense dipasang pada blog yang pernah dibanned adsense-nya, saya menerima email pemberitahuan tentang pelanggaran adsense tingkat situs. Blog lenterakecil.com telah dianggap melanggar kebijakan adsense.

Isi email dari Google adsense tentang pelanggaran adsense tingkat situs.
Pelanggan yang Terhormat,
Pesan peringatan ini bertujuan untuk memperingatkan Anda tentang adanya tindakan yang diperlukan agar akun AdSense Anda kembali mematuhi kebijakan program AdSense kami. Di bawah ini kami cantumkan detail lainnya beserta tindakan yang perlu Anda lakukan.
Situs web yang terpengaruh: lenterakecil.com
Contoh laman tempat terjadinya pelanggaran: http://lenterakecil.com/pengertian-metode-simulasi/
Diperlukan tindakan: Segera lakukan perubahan pada situs Anda untuk mematuhi kebijakan program AdSense.
Status akun saat ini: Aktif
Pada satu sisi, saya senang mendapat peringatan pelanggaran ini karena tahu bahwa blog saya ada masalah sehingga saya bisa memperbaiki kesalahan tersebut. Sisi lain, reputasi publisher menjadi "ternoda" dengan adanya status pelanggaran adsense ini. Akan tetapi, dengan adanya warning ini, akhirnya saya tahu bahwa blog yang dulu pernah dipasang adsense kemudian kena banned ternyata bukan masalah blog melainkan kesalahan tingkat akun.

Dari penjelasan pelanggaran yang dikirim via email dan juga yang ada di dashboard adsense menyebutkan 
  • Penayang tidak boleh menerapkan iklan Google dengan cara yang menyamarkan iklan itu. Untuk menjaga pengalaman pengguna yang baik, penayang harus membedakan iklan Google dengan konten situs secara jelas. 
  • Ini mencakup, namun tidak terbatas pada: tata letak situs yang membuat iklan mendorong konten ke paro bawah di perangkat seluler; menempatkan unit iklan berukuran 300x250 atau lebih besar di paro atas pada situs yang dioptimalkan untuk seluler.
  • Agar tetap sepenuhnya sesuai dengan kebijakan, pastikan situs dan tata letak iklan Anda senantiasa mematuhi kebijakan di semua perangkat. Informasi selengkapnya tentang kebijakan ini dapat ditemukan di pusat bantuan.
Lantas saya menganalisa kesalahan tersebut dan menurut saya tidak ada masalah dengan unit iklan berukuran 300x250 atau lebih besar di paro atas pada situs. Hal ini juga saya lakukan pada semua blog yang saya pasangi adsense dengan memasang iklan ukuran 300x250 atau 338x280 di bawah judul artikel dan tidak ada masalah. Semua blog juga dioptimasi untuk seluler. Namun kenapa untuk lenterakecil.com ada masalah? (theme juga ada yang sama dengan blog lain). Bingung juga.

Pelanggaran Unit iklan Adsense Tingkat Situs

Akhirnya, saya mendapatkan jawaban setelah melihat artikel-artikel lama. Ternyata banyak gambar ukuran 250x250 ada di paragraf awal pada posisi kanan atau kiri sejajar dengan tulisan. Jika dilihat dari desktop atau layar lebar, tidak ada masalah karena posisi iklan ada di atasnya.

Namun, jika dilihat dari seluler layar kecil, bisa jadi iklan dan gambar akan berjajar vertikal yaitu gambar akan terlihat tepat di bawah iklan sehingga tulisan artikel menjadi tidak terlihat sama sekali, hanya akan tampak iklan dan gambar. Inilah yang dimaksud dengan "membuat iklan mendorong konten ke paro bawah di perangkat seluler". Selain itu, iklan dan gambar yang sejajar juga merupakan pelanggaran adsense.

Google adsense pun memberi cara mengatasi masalah tersebut:
  • Jika Anda menerima notifikasi mengenai konten laman, hapus konten tersebut dari situs Anda atau hapus iklan dari laman yang melanggar.
  • Jika Anda menerima notifikasi tentang cara penerapan iklan di situs Anda, lakukan perubahan yang diperlukan pada penerapan Anda.
  • Anda tidak perlu menghubungi kami jika Anda melakukan perubahan. Perlu diketahui bahwa jika terjadi pelanggaran lainnya, penayangan iklan dapat dinonaktifkan untuk situs web yang terpengaruh yang tercantum di atas. Anda harus segera meluangkan waktu untuk meninjau konten Anda dan memastikan bahwa konten sudah mematuhi kebijakan kami.
Awalnya, saya mencoba menghapus iklan di atas artikel tersebut, namun setelah melihat iklan di atas artikel (di bawah judul) memiliki klik yang cukup tinggi, maka akhirnya saya mengubah konten yang ada. Celakanya, jumlah artikel lumayan banyak mencapai ratusan. Memang salah satu untuk menghemat space hosting, saya banyak pasang gambar ukuran 250x250 yang saya letakkan di paragraf awal. Selain itu, seluler belum populer dan tidak dipasang adsense sejak 2012.

Demi adsense, maka saya menghapus gambar atau mengubah posisi gambar yang ada pada paragraf awal. Atau jika artikel sudah tidak relevan atau sedikit view, saya hapus. Hampir dua hari untuk menyelesaikan. Itung-itung sekalian cek semua artikel, lumayan capek lah....

Untuk mengetahui kebijakan penempatan iklan baca:  https://support.google.com/adsense/answer/1346295?hl=id

Setelah update semua artikel, saya memasang iklan ukuran 320x100 atau dikenal sebagai "spanduk seluler besar" sesuai saran adsense untuk paro atas. Kemudian saya menandai "Pelanggaran Adsense Tingkat Situs" telah terselesaikan di dashboard adsense.


Pelanggaran Google Adsense Tingkat Situs - Kang Andre

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih