5 Des 2016

Membuat Artikel Pertalite Pertamina BBM Berkualitas

Lama tidak main kontes SEO meskipun terkadang membuat artikel yang sedang di-kontes seo-kan namun tidak berminat mengikuti karena hanya membuat artikel untuk update blog saja. Di penghujung tahun 2016 ini, saya mencoba kembali membuat artikel dengan topik yang sedang dipakai kontes seo dan berakhir pada bulan Desember ini.

Dengan menggunakan blog lenterakecil.com, saya mencoba menulis topik atau tema blog kompetisi (yang tepat sebenarnya kontes seo) yang diadakan oleh Pertamina. Keyword yang diperlombakan adalah "Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan" dan saya membahas tentang produk Pertamina Pertalite.

Membuat Artikel Pertalite Pertamina BBM Berkualitas

Waktu penyelenggaraan cukup pendek yaitu 14 November - 29 Desember 2016 dan hadiah yang diperebutkan sangat menggiurkan yaitu 10 juta untuk juara pertama. Namun hanya 3 besar yang dipilih serta 1 pemenang tulisan terbaik. Hadiah yang sangat besar membuat para jawara kontes seo maupun para blogger tentu tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, apalagi ada embel-embel mendapat merchandiser menarik dari Pertamina untuk 100 pendaftar pertama.

Hampir saja saya melewatkan informasi ini, jika tidak sedang mencari informasi tentang beasiswa yang diberikan oleh Pertamina kepada Naufal Raziq Ilmuwan Cilik Penemu Sumber Listrik Dari Pohon.

Akhirnya saya mendahulukan membuat artikel review tentang Pertalite yang merupakan salah satu syarat topik yang harus ditulis selain menulis tentang review LPG. Untunglah referensi tentang pertalite cukup banyak baik itu dari situs berita maupun karya ilmiah. Jadilah artikel Pertalite BBM Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan di blog lentera kecil.

Ketika artikel telah diterbitkan, hasil indeks Google terhadap artikel blog lentera kecil belum muncul di halaman Google Indonesia, namun sudah ada di kueri pencarian 24 jam. Sepertinya Google sedikit ketat untuk menampilan hasil dari kata kunci ""Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan" bahkan pencarian berakhir hanya di halaman 8 (80 hasil).

Pada hari kedua setelah artikel di publish, posisi lenterakecil.com tiba-tiba langsung pada posisi 1 di SERP google.co.id (google.com belum ada). Saya sendiri tidak percaya, dan mencoba bantuan rekan di kota lain untuk mengecek kebenaran tersebut. Hasilnya sama dari lokasi Yogyakarta, Jakarta, Lampung dan Denpasar.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Apakah ini akibat Google honeymoon atau Google Dance? Saya masih belum tahu. Namun, setelah 3 hari, posisi di sore hari berubah bergerak turun ke posisi 2 hingga artikel ini saya buat. Siang hari, sempat menghilang setelah saya cek kembali.

Banyak blogger yang mengatakan bahwa akhir-akhir ini SERP untuk kata kunci kontes seo agak sulit diprediksi. Namun saya sudah merasakan di awal-awal tahun ini, sehingga saya tidak main kontes seo lagi. Bagaimana hasil akhir? Saya sendiri tidak tahu.


Membuat Artikel Pertalite Pertamina BBM Berkualitas - Kang Andre

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih