12 Jun 2017

Seorang Menteri Tidur Di Ruang Tunggu Bandara

Kalau sudah mengantuk, terkadang bisa tidur di mana saja asalkan bisa memejamkan mata. Bagaimanapun juga, meskipun menyandang jabatan menteri, tetaplah manusia yang butuh istirahat. Ada hal yang menarik tentang Menteri yang tidur di Bandara yang notabene merupakan pejabat negara, sehingga saya menulis artikel ini.

Ada informasi menarik di internet sekaligus menjadi viral di kalangan netizen, yaitu seorang menteri tidur di ruang tunggu bandara saat menunggu keberangkatan pesawat yang akan ditumpanginya.

Menteri Tidur Di Ruang Tunggu Bandara


Kalau masyarakat umum (biasa) sering saya jumpai tidur di ruang tunggu atau pelataran bandara. Bahkan tidur di lantai. Entah itu calon penumpang atau penjemput. Tapi kalau seorang Menteri sampai tertidur di bandara, membuat saya (mungkin juga sebagian orang) bertanya-tanya. Masa iya? Apalagi tidur layaknya orang tidur sebenarnya (merebahkan badan) bukan tertidur sambil duduk.

Bukankah Menteri itu pejabat negara yang memiliki "kekuasaan" atau fasilitas?

Menteri Tidur Di Bandara


Pada Senin 12 Juni 2017, Menteri Kelautan Susi Pudjiatuti tertangkap kamera tengah tidur di VIP Lounge Bandara JFK, New York, Amerika Serikat (AS) usai menghadiri konferensi PBB mengenai kelautan di Markas Pusat PBB, New York.

Menteri Kelautan Susi Pudjiatuti  tidur di Bandara
Menteri Kelautan Susi Pudjiatuti tidur di VIP Lounge Bandara JFK, New York

Foto yang diunggah pada salah satu media sosial tersebut memperlihatkan Menteri Susi mengenakan pakaian bercorak hitam-putih, tidur dengan tubuh miring di sebuah sofa dengan berbantal tangannya sendiri dan bertelanjang kaki.

Pada Minggu 11 Juni 2017, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa tidur di ruang tunggu penumpang Bandara Juanda, Surabaya, saat menunggu pesawat terbang yang akan mengantarkan ke Banyuwangi.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa tidur di Bandara
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa tidur di Bandara Juanda, Surabaya

Dalam foto yang diunggah pertamakalinya di Instagram tersebut, tampak Khofifah tertidur pulas dengan menggunakan tas travel berwarna ungu sebagai bantal dan berselimut kain panjang bermotif batik tanpa melepaskan kaos kakinya. 

Kedua foto Srikandi Indonesia menjadi viral di internet dengan berbagai macam komentar. Rata-rata kagum atas tindakan yang sangat manusiawi. Lelah akibat tugas yang dijalankan dan tidak memanfaatkan "kekuasaannya". Selain itu banyak netizen yang mendoakan agar selalu sehat dan amanah dalam menjalankan tugasnya sebagai Menteri.

Bagi saya pribadi, dengan beredarnya foto Menteri tidur di Bandara, ada 2 sisi pendapat di benak saya.

Saya mengakui, kedua Menteri Wanita tersebut orang hebat yang tidak ingin memanfaatkan jabatannya. Bisa saja mereka mencari hotel terdekat untuk beristirahat sambil menunggu pesawat. Mereka pun tanpa harus malu, mau tidur di tempat umum.

Namun di sisi lain, mengambil foto saat orang tidur sudah pasti tidak seizin yang bersangkutan dan ini menyangkut privasi, apalagi sampai mengunggah di media sosial. Bagi seorang pejabat negara. bisa saja itu dianggap pencitraan (bagi saya sih tidak...)


 Tidur Di Bandara - Kang Andre

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih