30 Nov 2012

Artikel Tanpa Optimasi Sulit bersaing Di SERP

Jika mempunyai artikel tanpa optimasi off page, akan sulit bersaing di SERP Google. Fakta ini telah saya buktikan lagi lewat artikel Commonwealth Life yang saya coba di kontes seo. Bukannya tanpa optimasi sama sekali, mengingat persaingan keyword sama dan dilakukan oleh blog lain pengikut kontes, maka saya juga menanam beberapa backlink.

vitamin backlinkArtikel yang saya publikasikan 3 Nopember lalu, sejak 4 Nopember 2012 berada di page one google, setelah dibuat dengan unik dan orisinal, baca: google suka artikel orisinal dan unik. Setelah 25 hari berada di halaman awal, mulai kemarin bergerak ke halaman 2.

Menghadapi hal demikian, saya ber-positif thinking saja, ada artikel blog lain yang melakukan optimasi dengan baik. Saya harus memaklumi artikel tanpa optimasi maksimal, karena saya tidak begitu fokus untuk mencari backlink. Awalnya hanya sekedar mencoba, bahwa google suka artikel orisinal dan unik.


Artikel Tanpa Optimasi Sulit bersaing Di SERP


SEO onpage telah saya coba dan artikel unik meski tidak 100% telah saya buat. Apakah itu sudah cukup untuk berada di SERP yang bagus? Ternyata TIDAK! Masih ada faktor lain yang perlu dilakukan yaitu SEO offpage. Hanya saja, perlu kehati-hatian dalam mencari backlink, mengingat aloritma Penguin telah bekerja.

Entah bagaimana yang telah dilakukan oleh beberapa blog dalam kontes ini. Punya saya, meski tidak di 3 besar, namun stabil dalam urutan 4-6. Yang lain terlihat naik-turun dengan signifikan. Hanya saja kemarin langsung terjun ke urutan 16 sampai artikel ini saya buat. Saya memantau lewat beberapa browser dengan clear data terlebih dahulu.

Sekarang saya coba menambah backlink lagi, tapi sedikit saja perhari, mengingat kontes masih lama dan mencari siasat agar jangan terkena penguin. Tanpa backlink memang di SERP belum kuat, meski ber PR tinggi, sekejap akan hilang.

Ini cacatan saya sebagai bahan evaluasi sebuah artikel tanpa optimasi sulit bersaing di SERP

10 komentar

memang dalam kontes seo ,backlink sangat berpengaruh pada posisi blog di serp, dan saya pernah pantau parapemenang kontes ,backlink mencapai ribuan, idih buanyak banget ,ngga tahu gmn cara dapet backlink sebanyak itu,

sedikit tapi berkualitas juga bagus, kok... ini yang lagi saya coba (biar gak capek...he...)

Terima kasih atas ilmu nya. :)

Ngomong-ngomong soal backlink,saya pernah coba mendeteksi baclink dari salah satu blog yg posisinya sangat bagus di Google,
memang bener Gan backlinknya luuuuaaar biasa,
setuju sekali .

ibarat mobil,backlink adalah bensinya,
Salam kenal Kang :)

Setuju Kang,,,
Salam kenal dari Pasuruan Jatim.

maunya si yang gak usah cari backlink tp udah masuk page 1. tp susah ya..

yang jadi permasalahan, google selalu merubah algoritma nya, membuat kita pusing mengikuti optimasi nya

Betul sekali apa yang di jelaskan kang andre ini, artikelnya bagus kang? :)

sebaikny untuk masang backling sehari kira2 brp backling agar tdk terkena google pinguin?

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih