17 Jan 2013

Ikut Kontes SEO Pakai Server lokal

Ikut Kontes SEO Pakai Server lokal sebaiknya jangan, tapi itu terserah kamu yang tetap mau ikut menggunakan situs yang memakai server lokal Indonesia (IIX).

Beberapa kali saya memaksa ikut kontes SEO dengan blog lenterakecil.com yang menggunakan server lokal Indonesia IIX. Meski beberapa kali pula tersandung masalah, namun beberapa kali juga bisa mendapat hadiah. Kenapa?

server lokal down
Dulu, ketika baru punya blog wordpress dengan self hosting, saya memakai server lokal Indonesia dengan alasan target pengunjung dari Indonesia dan agar bisa cepat diakses dari Indonesia. Karena waktu itu belum akrab dengan dunia blogging, buat blog ala kadarnya. Nah setelah mulai belajar SEO dan mencoba menjajal kemampuan SEO, barulah server teruji kehandalannya.

Sebelumnya, CS hosting menyarankan jika mengikuti kontes SEO, sebaiknya memakai server luar, terutama server USA. Jika ikut kontes SEO pakai server lokal akan sulit bersaing. Dan saya mengabaikan itu, dan mencoba tetap mengikuti kontes SEO.

Benar juga, beberapa kali ikut kontes SEO pakai server lokal, terjadi ketidakstabilan posisi SERP. Apalagi server IIX sering bermasalah. Sebagaimana yang terjadi tadi malam. Server IIX lenterakecil.com terjadi gangguan putus nyambung dan akhirnya down mulai tengah malam.

2 Artikel yang saya ikuti, semula pada halaman awal, tiba-tiba loncat ke hal 7 dan satunya lagi ke halaman 3. Padahal waktu itu saya sedang optimasi dengan mencari backlink untuk kedua artikel tersebut. Bisa saja, Google tidak menemukan blog tersebut dikarenakan server lokal down. (backlink berasal dari dofollow).

Dari pengamatan saya untuk pemenang kontes seo biasanya berasal dari server luar terbanyak blogspot dengan server Google (USA) atau yang dari wordpress (selfhosting) juga memakai server luar.

Sebenarnya ikut kontes SEO pakai server lokal pun tidak ada masalah jika selama waktu kontes sampai penilaian server tidak mengalami downtime, namun perlu perjuangan ekstra, karena juri (google atau yahoo) yang dipakai menggunakan server luar. Logikanya, jarak untuk meng-crawl lebih pendek dibanding dengan server lokal.

Entahlah, itu menurut saya, jika ikut kontes SEO pakai server lokal 

3 komentar

Kalau saya pake server luar karena harga lebih bersaing daripada server lokal.
Blom pernah ikutan kontes SEO nih. :)

Ada plus minus - nya jika memilih sebuah server

Memang tidak semudah yang dipikirkan ya gan :)
Barangkali mau share pengalaman atau cara untuk mendapatkan posisi page satu di google saat ikut kontes akan lebih komplite lagi nih, hehehe
#ngarep

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih