operator dapodik

Tugas Operator Sekolah Tambah Berat

Tugas operator tambah berat terjadi di daerah sekitar tempat tinggal saya, semoga tidak terjadi di tempat yang lain. Awalnya operator sekolah di tunjuk untuk menginput data di dapodik dan kemudian aplikasi online Padamu yang dibuat kemediknas terdahulu. Namun banyaknya kepala sekolah, guru, pengawas bahkan kepala cabang dinas yang belum mengerti tugas operator sebenarnya membuat kerja operator sekolah menjadi berat.


Operator sekolah dianggap orang yang mengerjakan semua tugas yang berhubungan dengan komputer, baik itu online maupun offline. Padahal sebenarnya bertugas meng-input data lantas meng-upload ke server pusat.

Seiring perkembangan pendidikan yang lebih banyak menggunakan perangkat komputer, akhirnya tidak segan-segan kepala sekolah memerintah operator untuk mengerjakan tugas-tugas yang mengharuskan mengunakan komputer. Celakanya banyak guru yang juga menyerahkan tugas yang mesti dikerjakan sendiri ke operator sekolah.

Jika operator sekolah, terutama sekolah dasar dirangkap oleh tenaga TU mungkin tidak menjadi masalah, namun di tempat saya, SD negeri di daerah pinggiran yang belum memiliki TU serta mayoritas PTK belum paham komputer, membuat tugas operator tambah berat

Saya merasakan beberapa hari terakhir ini tugas operator sekolah yang membuat kepala cenut-cenut.

  • Pemuktahiran Dapodik untuk semester 1 2014-2015 direpotkan data siswa yang kacau balau.
  • Padamu yang mengisi angket EDS masing-masing guru, yang seharusnya dikejakan oleh guru yang bersangkutan.
  • Pengisian angket EDS siswa yang tidak memungkinkan siswa di sekolah saya mengerjakannya, minimal 30 orang.
  • Menilai PKG yang seharusnya dilakukan oleh kepala sekolah
  • Yang terakhir pengisian raport siswa dimana sekarang menggunakan aplikasi komputer. 1 kelas sudah membuat puyeng kepala, sedangkan masih banyak guru yang tidak paham komputer, akhirnya menyerahkan tugas ke operator sekolah.

Namun di sisi lain, ketidaktahuan mereka bisa menjadi penghasilan tambahan bagi operator sekolah dengan meminta bantuan. Rata-rata honor operator hanya 300 rb/bulan, akan sedikit lega jika guru atau kepala sekolah mengerti.

Blog Kang Andre

About the Author: Kang Andre

Cuma seorang amatir yang mencoba membuat blog untuk menulis online. Mana suka, suka-suka, suka mana. :)

You May Also Like

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *