28 Sep 2017

Kabel PLN di Jembatan Suramadu Terbakar

Jika ada berita bahwa jembatan Suramadu terbakar itu pasti Hoax. Namun jika dilihat dari jarak yang cukup jauh, pada hari Sabtu 23 September 2017 sekitar pukul 17.00 memang terlihat asap hitam di atas jembatan Suramadu.

Jembatan Suramadu Terbakar


Berita yang benar adalah ada kabel PLN yang terbakar di jembatan Suramadu. Meskipun terjadi kebakaran, namun tidak mengganggu lalu lintas dan jembatan masih beroperasi penuh. Hanya saja untuk jalur roda 2 dari arah Surabaya menuju Madura dialihkan ke jalur roda empat.

Beberapa media menyebutkan bahwa terjadi insiden terbakarnya kabel PLN distribusi listrik Jawa-Madura yang berada di jembatan Suramadu pada Sabtu 23/9/17 sore sekitar pukul 17.00. Akibatnya pasokan listrik di Madura mengalami penurunan. Pasokan listrik ke madura hanya bisa melayani 145 MW dari total kebutuhan 200 MW.

Kekurangan pasokan sebesar 65 MW di Madura hanya pada saat kondisi beban puncak di malam hari sehingga dilakukan pemadaman bergilir pada malam hari di wilayah Bangkalan, Sampang Pamekasan dan Sumenep.

Saya yang berada di kota Pamekasan, pada Sabtu sekitar jam 9 malam, tiba-tiba listrik padam. Semula saya berpikir akibat gerimis sebelumnya. Namun pemadaman PLN cukup lama hampir 3 jam. Lantas saya berpikir pasti terjadi sesuatu yang cukup besar di PLN.

Keesokan hari setelah mencari informasi, benar juga. Kabel PLN yang ada di jembatan Suramadu terbakar pada sore hari dan penyebabnya belum diketahui.

Menurut sumber berita, perbaikan bisa mencapai 14 hari. Berarti selama itu, akan mengalami pemadaman bergilir untuk wilayah madura.

Minggu malam, terjadi pemadalam lagi sekitar pukul 9 malam, namun pada hari Senin pemadaman terjadi pada pukul 12 malam selama 1 jam.

Celakanya, saya kurang mengantisipasi pemadaman, beberapa kali komputer mati secara terpaksa akibat padamnya listrik yang bisa merusak komputer terutama OS dan hardisk. Benar juga, kemarin hari Rabu, komputer jadi hang karena kesalahan sistem operasi. Tapi Alhamdulillah masih bisa diperbaiki.

Semoga, kebakaran kabel PLN di jembatan Suramadu bisa secepatnya diperbaiki karena biasanya saya update blog pada malam hari.


kabel PLN terbakar di jembatan Suramadu - Kang Andre

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih