3 Sep 2017

Mendapatkan $1000 dari Google Adsense

Akhirnya $1000 berhasil saya dapat dari Google adsense, meskipun lumayan lama menunggu. Tepat hari ini, 3 September 2017 jam 1 malam, di Google publisher toolsbar terdapat angka $1000.04 yang merupakan pendapatan total selama menjadi publisher adsense. Jika dirupiahkan dengan rate 13.200/dolar maka saya telah mendapat sekitar Rp 13,2 juta.

Mendapatkan $1000 dari Google Adsense

Bermain Google adsense memang tidak dapat instan, artinya begitu pasang kode iklan, besoknya sudah dapat beberapa dollar dan sebulan kemudian PO (pay out) minimal $100. Mungkin bisa, jika situs mendapat page view 100.000 per hari.

Perjalanan saya untuk mendapatkan $1000 dari Google Adsense membutuhkan waktu sekitar 2 tahun. Namun, jika berdasarkan data saat saya benar-benar "bermain" adsense, jumlah tersebut didapat sekitar 1 tahun 3 bulan, dimulai bulan Juni 2016. Awal waktu saya benar-benar mengoptimalkan blog agar dapat menghasilkan dolar.

Sebelumnya saya hanya sekedar daftar adsense untuk Youtube (itupun nggak terlalu banyak berharap). Baca selengkapnya Pengalaman Kedua Menjadi Publisher Adsense.

Selain telah mencapai $1000, di bulan Agustus 2017 merupakan bulan tertinggi pencapaian hasil adsense selama ini. Ditutup pada angka $131.53 (belum ditambah hasil dari Youtube dan dikurangi invalid klik jika ada). Mudah-mudahan berlangsung seterusnya agar dapat PO setiap bulan dengan minimal pembayaran $100 sesuai limit.

Berikut perjalanan akun adsense saya, sejak pertama kali daftar hingga mendapat $1000.

akun adsense sejak pertama kali hingga mendapat $1000.

Juli 2015 saya mencoba mengkaitkan akun YouTube saya ke Google adsense. Namun saya bukan youtuber, hanya upload video untuk pendukung blog. Sekalian saja di-monetize, siapa tahu dapat rejeki. (hasilnya lihat di gambar: 1) :(

Oktober 2015, akun adsense berhasil di-upgrade menjadi non-hosted. Namun iklan hanya dipasang pada blog yang menjadi pengajuan akun. Blog baru dengan sedikit pengunjung. Dan saya biarkan apa adanya.

Barulah pada Juli 2016, saya mencoba serius bermain adsense setelah melihat earning yang dihasilkan memprihatinkan. ((gambar: 2). Hasilnya mulai tampak pada bulan berikutnya dengan bertambah earning.

Setelah 4 bulan tepatnya 24 Oktober 2016, akhirnya PO Adsense untuk pertama kalinya, yang didapat dari total earning sejak awal. (gambar: 3). Optimasi blog terus berlanjut agar mendatangkan trafik kunjungan, namun PO adsense baru bisa didapat 2 bulan sekali.

Pada bulan Februari 2017, sistem pembayaran saya ubah dari WU ke rekening bank biar praktis. (gambar: 4).

Pada Agustus 2017, akhirnya adsense bisa didapat melebihi batas ambang pembayaran $100 sekaligus merupakan hasil adsense paling tinggi selama ini.

Kalau ditotal... penghasilan adsense sudah mencapai $1000. Masih sedikit dibandingkan para master adsense. Tapi bagi pemain adsense baru, saya sangat bersyukur, ternyata blog bisa menghasilkan dan menambah semangat untuk terus ngeblog.

Itulah kemampuan saya bermain adsense, dan jangan ditanya bagaimana bisa mendapatkan $1000 setiap bulan, karena saya berusaha keras untuk menuju ke sana.

Catatan: artikel ini merupakan arsip adsense saya, bukan tutorial atau curhat - Kang Andre


2 komentar

Kalau boleh tau itu dari berapa blog Kang? dan blog dengan niche apa yang pendapatannya paling tinggi? :)

Ada 8 blog sih... tapi hanya 5 yang menghasilkan. Lainnya belum maksimal. Niche referensi/pendidikan

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih