30 Okt 2018

Mengapa Harus Pasang Iklan di Blog

Sejak awal tahun 2016, beberapa blog yang saya kelola telah dipasang iklan Google adsense. Namun, barulah pada tanggal 25 Oktober 2018 ada yang "protes" tentang iklan yang tampil di salah satu komentar blog saya yaitu: https://www.kanalinfo.web.id.



Meskipun protes hanya sebatas saran, namun saya mengapresiasi terhadap orang yang membuat saran tersebut. Komentar dari Annisa Fitri Nur Fadhilah
Saran buat blog : jangan buat orang berdosa dan ternodai matanya gara2 melihat iklan yang tampilannya sangat tidak pantas :) semoga menjadi bahan masukan yang bisa diterima dengan baik :):)

Tentu saja saran ini sangat bagus dan sesuai dengan prinsip saya tidak mau blog menjadi tempat "menyusahkan" orang.

Alasan Memasang Iklan di Blog


Terus terang, ngeblog membutuhkan waktu, tenaga, pikiran dan biaya. Apalagi bila memiliki blog banyak. Untuk beli domain dan hosting yang pasti perlu biaya. Koneksi internet perlu biaya rutin setiap bulan, belum lagi camilah, rokok sewaktu ngeblog.

Terlebih, semua blog yang saya miliki merupakan blog personal bukan blog yang dikhususkan untuk bisnis online. Jadi tetap memerlukan biaya operasional.

Memang dari awal ngeblog, biaya mengambil jatah keluarga. Namun seiring waktu, pengeluaran biaya semakin besar. Tarif listrik naik, biaya internet dari telkom naik, harga domain pun bergerak naik (saat ini ada 20 domain). Oleh karena itu, saya harus mencari uang tambahan untuk biaya operasional ngeblog.

Salah satu cara yang saya tempuh adalah ikut kontes seo yang menawarkan hadiah uang. Selain menambah ilmu seo, blog tidak terganggu dengan tampilan iklan. Beberapa kali memenangkan lomba mulai hadiah cuma dapat pulsa 10 ribu hingga terbesar dapat 7,5 juta. Lumayan hasilnya, bukan hanya bisa menutupi biaya ngeblog namun bisa beli hape, laptop, komputer.

Namun, seiring waktu kontes seo mulai saya tinggalkan dan mencoba memilih alternatif mendapatkan uang dari ngeblog. Cara yang paling mudah menurut saya adalah pasang iklan. Maka saya pun mencoba mendaftar menjadi publisher Google adsense.

Selain iklan, saya juga menerima blogpost atau artikel reviews pada blog-blog saya. Namun untuk iklan banner, saya tidak menerima meskipun ada permintaan.

Hasil adsense, awalnya minim juga. Beberapa penyebab selain trafik yang masih sedikit, iklan tidak saya pasang secara maksimal. Alasan utama agar loading blog tetap ringan dan pengunjung tidak terganggu. Paling hanya 1 -2 iklan yang saya tampilkan dan itu pun saya menyeleksi untuk iklan yang akan tampil mengingat pengunjung blog merupakan pelajar.

Akhirnya idealisme saya tentang iklan di blog luntur, setelah beberapa kali pihak adsense menyarankan penempatan iklan agar hasil bisa maksimal. Maka saya pasang script iklan otomatis yang bisa menampilkan iklan berdasarkan saran google adsense. Artinya iklan otomatis bisa ditempatkan dimana saja oleh pihak adsense dan jumlahnya bisa banyak bisa sedikit.

Selain dari adsense, saya mencoba menambahkan iklan dari pihak lain yaitu Adnow dan MGID. Akhirnya blog semakin ramai. Namun, saya tetap berusaha agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung. Selain itu, baik adsense, MGID maupun Adnow juga melarang penempatan iklan yang sekiranya mengganggu pengunjung blog.

Tampilan Iklan di Blog


Perlu diketahui bahwa saya mencari iklan yang "aman" dan menolak keras iklan "buruk" seperti iklan dewasa, betting, dll. Maka saya pun memilih adsense, MGID dan adnow karena mereka memiliki aturan yang ketat. Namun apa yang terjadi?

Terkadang muncul juga gambar atau tulisan iklan yang dianggap orang kurang pantas, meskipun sebenarnya isi iklan tidak sama. Gambar dan tulisan hanya strategi untuk memancing saja. Yah.. tapi namanya orang, pikirannya tidak sama.

Dalam hal ini, saya tidak berkutik karena itu merupakan sistem iklan mereka. Saya tidak bisa protes, paling hanya men-disable iklan tersebut agar tidak tampil lagi. Repotnya muncul iklan lain yang sejenis. Dan saya tidak selalu memonitor iklan yang muncul yang terkadang berubah-ubah setiap saat.

Oleh karena itu, saya mohon maaf sekiranya ada iklan yang sekiranya kurang pantas. Apalagi sampai membuat orang berdosa dan ternodai matanya gara2 melihat iklan yang tampilannya sangat tidak pantas. Ini di luar kemampuan saya, namun iklan tetap saya butuhkan untuk kelangsungan ngeblog.

Sampai saat ini belum ada donatur tetap atau yang memberi saya penghasilan rutin setiap bulan :D


Alasan Mengapa Harus Pasang Iklan di Blog

2 komentar

Sebenarnya masih banyak model iklan untuk blog yang bisa menghasilkan uang, namun saya mencoba mencari yang terbaik baik itu untuk saya maupun pengunjung blog.

Terima kasih Kang Andre sharingnya,
sangat mengerti bahwa kadang2 membuat dan maintain blog memakan biaya, maka dari itu memasang iklan akan membantu

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih