Penyelenggara Pusdiklat Bimtek Bukan Hanya Dari Pemerintah

Awalnya sih nggak memperhatikan kepemilikan atau penyelenggara pusdiklat. Namun setelah menulis artikel Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri jadi tahu bahwa pusdiklat yang menyelenggarakan bimtek bisa juga dari swasta.

Pusdiklat Bimtek Bukan Hanya Dari Pemerintah


Yang di maksud Bimtek (bimbingan teknis) adalah rangkaian kegiatan yang mengutamakan pengetahuan, keterampilan dan peningkatan sikap seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya, melalui bimbingan atau pelatihan dengan memberikan materi sesuai dengan bidangnya, yang diselenggarakan oleh Pusdiklat (pusat pendidikan dan pelatihan).

Biasanya, masing-masing lembaga atau organisasi baik pemerintah maupun swasta memiliki Pusdiklat (pusat pendidikan dan pelatihan).

Namun, meskipun memiliki pusdiklat sendiri, terkadang lembaga atau organisasi tersebut menyerahkan bimtek kepada pihak lain untuk menyelenggarakan bimbingan teknis bagi pegawai dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas sumber daya manusia (SDM) nya.

Maka tidak heran jika banyak pihak yang menyelenggarakan bimtek sesuai dengan kebutuhan lembaga atau organisasi tersebut.

Umumnya penyelenggara bimtek telah memiliki materi, jadwal serta nara sumber yang berkompeten dalam bidangnya. Misalkan Profesionalisme Aparatur, Kepemimpinan, Membangun Tim Kerja Efektif, Tata Pemerintahan yang Baik ,Teknik Komunikasi dalam Konteks Pelayanan Prima, Survey Indeks Kepuasan Masyarakat dan Penanganan Keluhan Pelanggan, dll.

Selain itu, sasaran peserta pusdiklat bimtek bukan hanya aparatur pemerintahan saja, melainkan bisa dari semua profesi dengan materi seperti Bimtek DPRD;  Bimtek Desa/Lurah/Camat; Bimtek Keuangan; Bimtek Barang dan Aset; Bimtek Kearsipan; Bimtek Kesehatan & Rumah Sakit; Bimtek Perpajakan; Bimtek Penanaman Modal; Bimtek UKM / UMKM; Bimtek SATPOL PP; Bimtek Kependudukan dan Capil;  Bimtek Perusahaan/BUMD/BUMN; Bimtek Bidang Hukum, dll.

Tentu saja selama mengikuti pusdiklat bimtek, dikenakan biaya yang cukup tinggi. Namun jika dikirim oleh lembaga atau organisasi bisa saja peserta tidak mengeluarkan biaya sendiri. Berbeda jika berangkat sendiri untuk menambah ilmu.


 Pusdiklat Bimtek Bukan Hanya Dari Pemerintah

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih