Kasus Klaim Asuransi Kendaraan Ditolak Meski Bayar Premi

Ini merupakan contoh kasus klaim asuransi kendaraan ditolak meski telah bayar premi yang dialami oleh musisi Ahmad Dani atas kasus kecelakaan yang menimpa anaknya Dul (13 th) di KM 8,2 Jalan Tol Jagorawi, Jakarta Timur, Minggu (8/9/2013) dini hari.

Klaim Asuransi Kendaraan Ditolak Meski Bayar Premi


Pada dasarnya, asuransi kendaraan, khususnya mobil, itu adalah menjaga aset dari hal-hal yang tak diinginkan. Oleh karena itu, ikut asuransi itu bukan bertujuan mencari ‘keuntungan’ tapi meminimalisir ‘kerugian’.

Klaim Asuransi Kendaraan Ditolak 


Biasanya dalam kasus klaim yang ditolak seperti yang dialami Ahmad Dhani, perusahaan asuransi pasti punya dasar kuat. Oleh karena itu, dari situ bisa ditekankan hal pertama ketika hendak berasuransi misalkan asuransi kendaraan MSIG, berkendara tanpa cemas adalah membaca polis asuransi dan ketahui apa saja luasan kerugian yang ditanggung asuransi. Pahami dengan detail mana yang bisa diklaim dan yang tidak.

Berikut ini beberapa point yang bisa menyebabkan klaim asuransi kendaraan ditolak yang dikutip dari laman moneysmart.id

Kondisi mobil

Kondisi mobil yang diasuransikan harus sesuai dengan keadaan sebenarnya. Kondisi sebenarnya di sini bukan berarti mobil harus dalam keadaan standar pabrikan. Boleh kok dimodifikasi asal bagian-bagian yang dimodifikasi sudah dilaporkan ke perusahaan asuransi.

Pelanggaran hukum dan kejadian yang ‘disengaja’

Semua kecelakaan yang terjadi karena pelanggaran lalu lintas sudah pasti bakal ditolak. Sebut saja menyetir sambil mabuk, ugal-ugalan, tak punya SIM, sudah pasti bakal ditolak klaimnya.

Lalu perhatikan juga bahwa pihak asuransi tak serta merta mengabulkan kendaraan yang hilang. Dengan catatan, kehilangan kendaraan itu karena hipnotis. Alasannya, kita dianggap bekerjasama dengan si pelaku hipnotis lantaran dengan sengaja memberikan kunci mobil.

Berikutnya adalah kerusakan yang disengaja. Sebaiknya jauhi niat curang ini karena pihak asuransi bakal meneliti semua pengajuan klaim. Petugas asuransi akan menganalisa dan memerinci kronologis kejadian. Jika menemukan ada kejanggalan, konsekuensinya klaim bakal ditolak.

Nama tak tercantum di polis

Perhatikan dengan seksama siapa saja yang masuk dalam polis asuransi. Jika suatu waktu mengalami kecelakaan lantaran dan apesnya mobil dikemudikan orang lain, bisa saja pihak asuransi menolak klaim itu. Maka itu, penting untuk minta penjelasan kepada asuransi soal skenario terjadi kecelakaan jika mobil dikemudikan orang di luar kita.

Cermati perluasan jaminan

Meski sudah dilindungi asuransi All Risk dengan perluasan jaminan, bukan berarti secara otomatis meng-cover semua kejadian yang menimpa kendaraan. Cek dengan teliti perluasan jaminan tersebut apakah sudah termasuk menjamin kerusakan mobil akibat bencana, huru-hara, dan lain sebagainya. Asuransi kendaraan MSIG, berkendara tanpa cemas juga ada perluasan jaminan.

Masa berlaku polis

Jangan buru-buru emosi ketika perusahaan asuransi menolak klaim. Bisa jadi penolakan itu berasal dari habisnya masa berlaku polis. Lalai untuk memerhatikan masa berlaku polis bisa jadi biangnya. Maka itu, pastikan polis asuransi masih berlaku ketika mengajukan klaim.

Waktu pengajuan klaim

Kadang kita sendiri yang membuat klaim ditolak. Misalnya melewati jangka waktu yang ditentukan pihak asuransi dalam pengajuan klaim ketika kejadian tak terduga menimpa kendaraan. Prosedur klaim asuransi lazimnya paling lambat tiga hari setelah kejadian, katakanlah tabrakan. Jangka waktu ini biasanya sudah tertera dalam polis.

Dokumen dinyatakan kurang lengkap

Mengajukan klaim bukan sebatas pernyataan lisan saja, tapi mesti menyertakan sejumlah kelengkapan dokumen. Mulai dari identitas diri, polis, surat keterangan kepolisian jika terjadi kecelakaan, dan lain sebagainya.

Adalah sangat bijaksana jika kita menyertakan dokumen yang lengkap sebelum mengajukan klaim. Kelengkapan dokumen menjadi faktor penting untuk mempermudah urusan klaim.


Kasus Klaim Asuransi Kendaraan Ditolak Meski Bayar Premi

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih