21 Mar 2016

Komentar Spammer Di Blog Ini

Blog ini masih banyak komentar yang masuk kotak spam blogger.com. Beberapa bulan yang lalu, saya pernah menghapus semua komentar spammer yang telah dicekal oleh blogger.com tanpa melihat apa isi komentar tersebut. Lumayan banyak ratusan. Namun yang namanya orang berusaha mencari backlink, promosi tetap saja melakukan spamming.

Komentar Spammer Di Blog Ini


Saat mencoba melihat komentar di menu spam, ternyata bermunculan lagi di blog ini. Kali ini saya coba membaca, dan memang banyak komentar yang seharusnya tidak layak dimuat. Blogger ternyata cukup ketat juga terhadap orang yang mencoba melakukan spamming, sampai-sampai komentar yang tidak terindikasi spam kena juga.

Saya tidak akan menyebutkan komentar apa yang kenal cekal blogger.com, namun jikapun lolos tetap tidak akan saya publikasikan. Alasan ini membuat saya terpaksa mengaktifkan moderasi yang dulunya tidak saya lakukan. Awalnya komentar bule yang banyak, sekarang komentar dari berbahasa Indonesia semua.

Terhadap isi komentar yang sebenarnya baik (tidak oot, menanggapi dengan baik atau bertanya) tapi dianggap spam oleh blogger.com, maaf saya tidak mempublikasikan meskipun dengan berat hati. Sekali lagi mohon maaf, untuk kebaikan blog ini. Saran saya, sebaiknya gunakan akun google baru jika komentar Anda tidak tampil di blog ini maupun di blog lain yang menggunakan blogspot. Hal ini dikarenakan akun anda sudah dianggap spammer entah oleh siapa. Dengan demikian, jika tetap digunakan di blog lain otomatis menjadi komentar spam.

Saya sih tidak mau menyalahkan orang menyebar komentar agar pengunjung blog ramai atau bermaksud lain dengan cara yang kurang pantas. Itu hak anda, namun blogger punya sistem deteksi spam dan pengelola blog juga punya hak untuk menolak menerima komentar yang dianggap nyepam. Hak masing-masing.

Komentar Spammer - Kang Andre

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih