7 Des 2015

Pemahaman Perlindungan Asuransi Kesehatan Unit Link Commonwealth Life

Pengantar: Kali ini, saya mencoba mengulas tentang pemahaman perlindungan asuransi kesehatan Unit Link Commonwealth Life, namun terlebih dahulu akan membahas tentang “pemahaman Unit Link”. Mengapa? Karena masih banyak masyarakat yang bingung dan belum mengerti dengan istilah Unit Link, apakah itu merupakan produk asuransi atau produk investasi? Ulasan ini berdasarkan beberapa sumber referensi serta dari seorang rekan yang telah memiliki asuransi unit link.

Pemahaman Perlindungan Asuransi dengan Unit Link 


Pengertian Unit Link menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) adalah instrumen investasi yang merupakan kombinasi antara asuransi jiwa dengan unsur investasi. Meskipun sebagai instrumen investasi namun yang mengeluarkan produk unit link adalah perusahaan asuransi bukan dari perusahaan sekuritas. Umumnya produk investasi berorientasi pada keamanan modal serta peningkatan hasil, sedangkan asuransi umumnya bertujuan untuk melindungi aset atau nilai ekonomi hidup manusia. Dengan demikian asuransi Unit Link merupakan salah satu produk asuransi, seperti Investra Link salah satu produk perlindungan asuransi kesehatan dengan Unit Link Commonwealth Life.

Asuransi Unit Link Sebuah Evolusi Asuransi Tradisional 

Menurut catatan, Unit Link untuk pertama diterbitkan di London and Manchester di tahun 1957 (di Inggris dengan nama Unit Linked) mencoba mengkaitkan polis asuransi dengan reksadana di luar perusahaan asuransi tersebut. Sedangkan di USA, Unit Linked (dengan nama Variable Life) mulai ditawarkan ke masyarakat pada tahun 1967. Cara ini berhasil memikat masyarakat untuk membeli unit link sebagai alternatif pilihan produk asuransi. Sedangkan di Indonesia, diperkirakan beredar sekitar tahun 1988.

Asuransi Unit link dapat dikatakan sebagai evolusi produk asuransi jiwa konvensional yang dianggap oleh sebagian masyarakat masih kurang menguntungkan. Untuk itu, unit link dikembangkan sebagai asuransi sekaligus investasi yang lebih menguntungkan dengan melibatkan pemegang polis untuk menentukan sendiri besarnya premi agar bisa mendapatkan hasil keuntungan yang jauh lebih besar dengan apa yang telah dibayarkan. Selain itu, nasabah berhak untuk memilih ke mana dana akan diinvestasikan, seperti memilih instrumen saham, obligasi, atau pasar uang, dengan resiko yang ditanggung oleh nasabah. Dengan membeli premi produk asuransi unit link, misalkan melalui asuransi Commonwealth Life, premi tersebut akan masuk ke instrumen investasi yang akan menghasilkan nilai polis. Nantinya nilai polis itu digunakan untuk membiayai biaya asuransi dan sisanya digunakan sebagai investasi kembali. Dengan demikian maka asuransi Unit Link bisa disebut juga asuransi investasi yaitu perpaduan antara asuransi tradisional dengan reksadana.


Perlindungan Asuransi Kesehatan Unit Link Commonwealth

Perlindungan Asuransi Kesehatan dengan Unit Link Commonwealth Life


Setelah membaca sekilas pemahaman asuransi Unit Link di atas, lantas apakah perlu membeli sebuah produk asuransi? Ini kembali lagi pada Anda. Unit link adalah produk asuransi. Seperti kita ketahui, banyak sudah pakar perencanaan keuangan telah menjelaskan tentang pentingnya ikut asuransi bahkan memberikan kata wajib bukan lagi saran untuk mereka yang telah berumah tangga, terutama bagi yang berperan aktif sebagai pencari keuangan utama bagi keluarga. Pemerintah pun sudah mulai bergerak aktif kepada seluruh lapisan masyarakat tentang pentingnya sebuah asuransi kesehatan.

Mungkin Anda pernah mendengar sebuah kisah seorang yang sukses dengan memiliki kekayaan yang banyak, akan tetapi tiba-tiba saja semuanya hilang dalam sekejap dan tidak memiliki apa-apa lagi? Atau pernah melihat, orang tua yang akhirnya tergantung kepada anaknya karena sudah tidak memiliki penghasilan lagi? Oleh karena itu, ini alasan mengapa artikel pemahaman tentang Perlindungan Asuransi Kesehatan Dengan Unit Link Commonwealth Life saya buat.

Coba kita renungkan bersama. Akankah kita masih terus bekerja pada saat usia sudah tidak produkstif lagi? Bagaimana jika terjadi musibah sehingga kita tidak dapat bekerja lagi? Jika sudah tidak bekerja, dari mana mendapatkan penghasilan untuk kehidupan yang layak bagi keluarga? Dan masih banyak lagi kemungkinan-kemungkinan yang dapat mengganggu jalannya kehidupan di dunia ini. Inilah resiko sebuah kehidupan, namun kita tidak boleh menyerah, jalan masih panjang. Pada dasarnya perencanaan keuangan merupakan jalan terbaik terhadap kehidupan yang tidak menentu ini.

Saya analogikan asuransi itu secara sederhana. Kalau Anda punya mobil, pastinya juga akan menyediakan ban serep. Meskipun ban serep tidak digunakan, pasti suatu saat akan bermanfaat untuk mengganti ban mobil yang terpasang jika mengalami bocor atau rusak. Bayangkan jika tidak ada ban serep, perjalanan Anda pasti akan menjadi sangat terganggu. Demikian juga asuransi, ibarat ban serep yang akan sangat berguna jika terjadi musibah dalam kehidupan kita.


Asuransi Kesehatan Unit Link Commonwealth


Pandangan tentang Asuransi Unit Link

Beberapa opini yang telah saya baca berkaitan dengan asuransi unit link khususnya di Indonesia, sangat beragam. Pro dan kontra. Ada yang menyarankan sebaiknya ikut asuransi dan berinvestasi secara terpisah. Ada yang menyarankan untuk menghentikan polis unit link jika tidak ingin merugi. Bahkan yang lebih ekstrim, mengatakan bahwa asuransi itu haram karena ada untung ruginya.

Orang boleh saja berpendapat, termasuk saya. Ada salah satu pendapat yang saya rasa cukup masuk akal yaitu asuransi unit link sangat cocok untuk kalangan menengah ke atas yang berpenghasilan lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Unit link memiliki unsur investasi reksadana yang sebaiknya jangan menggunakan dana utama jika bermain di situ karena nilai investasi dapat naik atau turun.

Memiliki asuransi dan investasi secara terpisah sah-sah saja dan merupakan hak seseorang. Namun perkembangan kehidupan terkadang menciptakan inovasi yang dapat memberi kemudahan bagi manusia. Contoh yang sederhana, dahulu orang menderita batuk akan membeli obat khusus untuk batuk. Jika flu akan membeli obat flu. Saat ini telah dikembangkan obat batuk sekaligus untuk flu, demam dan lain sebagainya. Harga bisa menjadi sedikit mahal, namun obat tersebut dapat digunakan anggota keluarga yang lain jika mengalami gangguan kesehatan berbeda tanpa harus membeli obat lagi. Anda tinggal pilih yang mana? Obat batuk atau obat batuk dan flu.

Selain itu, masyarakat Indonesia masih memiliki mindset yang menginginkan hasil investasi instan dengan cepat. Baru ikut asuransi unit link 1 tahun sudah merasa rugi, padahal memiliki rencana 10 tahun, akhirnya memutuskan menutup polis. Hal ini terkadang disebabkan kurang perhatian dan pemahaman nasabah dalam membaca isi perjanjian polis. Parahnya lagi hanya terbujuk rayuan oknum agen asuransi yang semata-mata mengejar keuntungan saja tanpa mempedulikan nasib nasabah. Sebaiknya nasabah juga menghubungi layanan perusahaan asuransi untuk mengetahui lebih mendetail untuk produk yang akan diikuti. Salah satu contoh, di Commonwealth Life memiliki Agency Sales Force yang bersertifikasi dan terlatih secara profesional untuk menjelaskan produk Perlindungan Asuransi Kesehatan dengan Unit Link Commonwealth Life.

Kalau yang mengatakan hukumnua haram karena ada unsur untung rugi dalam asuransi, saya kurang sependapat. Jika sudah berkategori haram, pastinya tidak akan ada perusahaan asuransi di Indonesia. Ikut asuransi bukan persoalan untung dan rugi melainkan lebih kepada manfaat. Manfaat untuk melindungi diri dan keluarga dari resiko kehidupan.

Kembali pada diri Anda. Jika ingin memiliki asuransi, fokus terlebih dahulu pada tujuan-tujuan keuangan Anda dan baru lihat produknya. Selain itu saat memilih asuransi, banyak orang yang belum tahu, akan tetapi sebenarnya hal ini sangat penting, yaitu memahami dengan benar perusahaan asuransi yang cocok dan tepat dengan kebutuhan keluarga. Bukan atas dasar rayuan teman, agen asuransi bahkan dari seorang perencana keuangan tapi karena memang itu merupakan pilihan atas dasar pemahaman kebutuhan Anda telah terpenuhi oleh perusahaan tersebut.

Anda perlu mempertimbangkan produk perlindungan asuransi kesehatan dengan Unit Link Commonwealth Life dengan nama Investra Link. Salah satu produk yang sangat bermanfaat karena memiliki banyak fitur yang menguntungkan apabila disesuaikan dengan rencana dan tujuan keuangan dengan tepat. Investra Link sebagai salah satu bentuk asuransi unit link dari PT Commonwealth Life Indonesia yang akan memberikan ketenangan dalam memproteksi resiko kehidupan sekaligus berinvestasi karena mendapat dukungan yang kuat dari perusahaan finansial yang terkenal. Baca di sini.

Pengalaman bersama Commonwealth Life


Ini merupakan pengalaman rekan saya (sebut saja "dia") yang ikut di dua perusahaan asuransi, salah satunya adalah Commonwealth Life dan merasakan sendiri kelebihan setelah memiliki polis Commonwealth Life yaitu bahwa lebih terbuka dan transparan kepada nasabahnya.

Saat Commonwealth Life mengirimkan polis pertama, juga memberikan lembaran yang berisi pertanyaan apakah nasabah menyetujui perjanjian yang tertulis dalam buku polis, dan meminta jawaban kurang lebih 14 hari. Menurut dia, Ini memberikan kesan yang adil kepada nasabah dengan memberi kesempatan untuk mempelajari isi polis terlebih dahulu sebelum melanjutkan atau memiliki peluang jika akan membatalkan polis tersebut (jika dia tidak setuju, premi pertama akan dikembalikan dengan potongan hanya untuk biaya pembuatan buku polis).

Yang membuat dia kagum lagi adalah saat dia menyetorkan premi pertama, langsung memperoleh jaminan uang meninggal dunia sebesar Rp. 150 juta apabila meninggal pada saat polis belum jadi. “Wow, saat mengajukan proposal asuransi serta membayar premi pertama saja sudah mendapat proteksi dari Commonwealth”.

Selain itu, Commonwealth Life rutin memberikan informasi lewat bulletin tiga bulanan untuk mengetahui tentang perkembangan dana investasi. Dengan adanya buletin tersebut, dia bisa mengetahui pergerakan harga unit dananya.

Akhirnya setelah mengetahui kelebihan asuransi Commonwealth Life ini, pada tahun 2011 dia malah bergabung menjadi salah satu agen Commonwealth Life. Yang paling banyak dia tawarkan adalah produk asuransi unit link karena yang paling menarik dan lebih menguntungkan.

Enaknya lagi, ada fasilitas Sales Illustration yang memberikan kemudahan Sales Force untuk membuat Sales Illustration kepada calon nasabah (prospek) yang bisa diakses dengan komputer maupun tablet dengan sistem operasi iOS atau Android.

Apalagi pada era digital ini Commonwealth Life membuat terobosan dengan membuat majalah digital COMMITMENT yang masuk rekor MURI sebagai majalah digital interaktif asuransi pertama di Indonesia ini memungkinkan pembaca menikmati berbagai informasi melalui video, animasi, dan aktivitas interaktif dan fasilitas lain di situs resminya, www.commlife.co.id.

Nasabah Perlindungan Asuransi Kesehatan dengan Unit Link Commonwealth Life juga lebih mudah mendapatkan informasi mengenai polis, nilai investasi, promosi dan lain sebagainya, karena bisa dilihat dan diakses pada fasilitas e-Services melalui gadget kapan pun dan di mana pun.

Sekilas Investra Link Asuransi Kesehatan Unit Link Commonwealth Life


Investra Link merupakan produk unggulan Perlindungan Asuransi Kesehatan Unit dengan Link Commonwealth Life yang dirancang dengan mengkaitkan produk asuransi kesehatan dengan investasi. Tujuannya adalah sebagai produk alternatif yang memberikan keleluasaan bagi para pemegang polis untuk mengakses secara langsung investasi yang diharapkannya.

Unit Link Commonwealth life

Investra Link sebagai asuransi modern dengan memadukan Asuransi Jiwa dan Investasi secara fleksibel (unit link). Dengan mengikuti program Investra Link, ketenangan hidup Anda dan keluarga akan dilindungi dengan sepenuh hati. Kini Anda dapat dengan mudah merencanakan berbagai masa depan keluarga seperti bertujuan pendidikan anak, persiapan pensiun dan juga pertumbuhan investasi menarik. Perlindungan asuransi kesehatan dengan unit link Commonwealth life menawarkan ketenangan hidup Anda dan keluarga hari ini dan masa depan. 

Keunggulan Investra Link dari Commonwealth Life
  • Investra Link memberikan manfaat perlindungan jiwa seumur hidup, beragam pilihan perlindungan asuransi tambahan dan penyakit kritis.
  • Memberikan perlindungan terhadap Penyakit yang Tidak Tersembuhkan, berupa manfaat sebesar 50% dari Uang Pertanggungan, bila Anda didiagnosa menderita Penyakit yang Tidak Tersembuhkan dan tidak dapat bertahan hidup lebih dari 12 bulan yang dinyatakan dengan bukti medis. Sisa dari Uang Pertanggungan akan diberikan kemudian bila meninggal dunia.
  • Potensi hasil investasi yang optimal melalui 8 pilihan jenis dana investasi (termasuk dana investasi Syariah) sesuai dengan tujuan investasi dan profil risiko Anda.
  • Fasilitas Inflation Link untuk menjaga nilai ekonomis Uang Pertanggungan dari pengaruh inflasi (khusus Premi Berkala)
Pemahaman Perlindungan Asuransi Kesehatan Unit Link
Keterangan:
Uang Pertanggungan (UP) dijamin sesuai dengan ketentuan dalam polis
Nilai Investasi (Kinerja Investasi tidak dijamin. Nilai Investasi dapat meningkat atau menurun. Dalam menempatkan alokasi dana investasi, Nasabah membuat keputusan bersandar atas pertimbangan dan penilaian masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan profil risikonya.

Jika ingin mempelajari lebih lengkap, bisa mendownload BROSUR di sini

Berikut video tentang sekilas manfaat dan keuntungan ikut Perlindungan Asuransi Kesehatan dengan Unit Link Commonwealth Life

Apa kata mereka mengenai Commonwealth Life Indonesia

Perlindungan Asuransi Kesehatan Dengan Unit Link Commonwealth Life

Commonwealth Life
Wisma Metropolitan II 8th Floor
Jl. Jend. Sudirman Kav. 29-31
Jakarta 12920
Indonesia
www.commlife.co.id


Pertumbuhan produk asuransi unit link di Indonesia berkembang cukup signifikan dikarenakan masyarakat Indonesia lebih suka membeli produk asuransi yang memberikan perlindungan diri sekaligus melakukan investasi. Salah satu alasan mengapa produk ini banyak diminati adalah sebagian orang Indonesia masih banyak yang menganggap membayar premi asuransi tradisional seperti uang hangus dimana jika tidak terjadi apa-apa dengan kesehatan maupun jiwa selama masa pertanggungan maka peserta tidak akan mendapatkan keuntungan. Sedangkan dengan unit link menawarkan asuransi sekaligus investasi yang memiliki nilai tunai yang merupakan hak peserta asuransi. Semoga bermanfaat.


Catatan Penting Penulis

Sehubungan penulis bukan seorang agen asuransi, dan artikel ini hanya sebagian kecil dari manfaat dan keunggulan asuransi Investra Link, maka untuk menghindari salah persepsi sebaiknya untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana Perlindungan Asuransi Kesehatan Dengan Unit Link Commonwealth Life dapat memberikan manfaat sepenuhnya, Anda dapat menghubungi CommCenter 500 525 atau Kantor Pemasaran PT. Commonwealth Life terdekat maupun Agency Sales Force Commonwealth Life yang bersertifikasi dan terlatih secara profesional dalam memberikan perencanaan perlindungan dan investasi sesuai dengan kebutuhan Anda.


Perlindungan Asuransi Kesehatan Dengan Unit Link Commonwealth Life - Kang Andre


Update: Pemenang ke 3 Penulisan Artikel Terbaik

7 komentar

mas.. andre.. ikutan kontes commlife 2015 ya? kayaknya persyaratannya belum lengkap deh mas. . yuk ikutan. lumayan lo hadiahnya.

http://www.commlife.co.id/seo_contest/blog-contest-2015

Nggak tahu juga apakah ikut atau tidak tentang Perlindungan Asuransi Kesehatan Dengan Unit Link Commonwealth Life

Terima kasih infonya

Selamat Bertanding kawan, semoga bisa menang ya, Hanya sekedar info nie,, saat ini ada kontes seo yang lagi hangat yang bisa dikuti oleh teman-teman semuanya, hadiahnya lumayan kok,

Info selengkapnya : http://komunitas.jokowarino.id/kontes-seo/

Bagaimana dengan kontes sebelumnya? Kalau kontes seperti Perlindungan Asuransi Kesehatan Dengan Unit Link Commonwealth Life ini sudah dua kali penyelenggaraan.

Sehubungan penulis bukan seorang agen asuransi Perlindungan Asuransi Kesehatan Dengan Unit Link Commonwealth Life maka.. daftar jadi agen saja wkwkwkwk....

Di kota saya belum ada kantor Commonwealth Life

Artikelnya menarik juga kang andre saya juga punya artikel sejenis di http://panduanasuransi.org salam kenal terima kasih

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih