Membeli Rumah

7 Cara Menabung untuk Membeli Rumah dengan Gaji UMR

Beberapa waktu yang lalu Menteri Keuangan Indonesia yaitu Sri Mulyani mengeluarkan statement bahwa generasi muda sekarang akan sulit mendapatkan rumah karena harganya yang jauh di atas pendapatan saat ini. Padahal, rumah sangatlah penting bagi kehidupan. Inilah mengapa kamu harus tahu cara menabung untuk membeli rumah dengan gaji UMR.

Dengan mengetahui dan mempraktikkan cara ini kamu bisa memiliki rumah idaman sesuai dengan keinginanmu. Baik itu dari sisi bentuk, desain, model maupun dari budget yang dibutuhkan.

Akan lebih baik lagi jika kamu juga membeli asuransi agar bisa memberikan jaminan perlindungan atas risiko-risiko yang mungkin terjadi, seperti rumah kebanjiran, kebakaran, atau rusak karena huru-hara.

Cara Menabung untuk Membeli Rumah

Terdapat banyak cara menabung untuk beli rumah tanpa kredit yang harus kamu ketahui. Namun, pastikan kamu memilih beberapa cara yang terlihat lebih menjanjikan dan paling sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masing-masing.

Kamu juga bisa mengkombinasikan berbagai cara yang ada di bawah ini sehingga hasilnya menjadi lebih maksimal. Adapun beberapa cara yang dapat kamu gunakan antara lain:

1. Buatlah Rencana Keuangan yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, kamu harus melakukan perencanaan keuangan terlebih dahulu.

Perencanaan ini sangat penting karena kamu dapat melihat kondisi keuangan yang ada dengan baik dan bagaimana cara mengelolanya sehingga bisa memenuhi kebutuhan untuk membeli rumah tersebut.

Perencanaan keuangan biasanya terdiri dari 2 yaitu bagaimana memperoleh dana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan serta menentukan bagaimana mengelolanya.

Oleh karena itu, kamu harus menghitung berapa banyak pemasukan yang didapat setiap bulannya, lalu tentukan rumah dan harga yang diinginkan.

Lakukan proyeksi secara real dan perkirakan kamu membutuhkan waktu berapa lama jika ingin membelinya secara cash maupun secara kredit.

Inti utama dari perencanaan keuangan ini adalah agar kamu bisa memenuhi keinginan membeli rumah tetapi tetap bisa beraktivitas seperti biasanya layaknya sebelum membeli rumah.

2. Dahulukan Melunasi Hutang

Jika kamu memiliki hutang maka dahulukan untuk melunasi hutang tersebut terlebih dahulu.

Mengapa? Karena hutang wajib dibayar dan hal ini akan mengacaukan keuangan jika nanti kamu ingin membeli rumah. Terlebih jika dilakukan secara bersamaan.

Jika terdapat kredit lainnya seperti kendaraan dan lainnya maka lunasi dulu hal tersebut. Hal yang sama juga jika kamu memiliki hutang personal dengan teman, saudara, ataupun keluarga.

Seusai kamu melunasi semua hutang maka kamu baru bisa melakukan perencanaan keuangan yang baik.

3. Buat Target Menabung

Menabung merupakan hal yang wajib dilakukan agar kamu bisa mendapatkan rumah tersebut.

Target menabung haruslah dibuat dengan perhitungan yang matang agar proyeksi yang dilakukan benar dan tepat.

Kamu bisa menabung dengan jumlah berapa pun bahkan banyak cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta, 2 juta, 5 juta atau lebih. Tentu lebih banyak uang yang ditabung maka perolehan rumah akan menjadi lebih cepat.

Oleh karena itu, sebelum memulai menabung pastikan kamu telah membuat target harga rumah.

Kemudian, hitung waktu perkiraan memperolehnya untuk berapa tahun. Semakin lama rentang waktu maka semakin kecil yang ditabung. Jika semakin cepat waktunya maka uang yang harus ditabung menjadi semakin banyak.

Tapi, kamu harus ingat pastikan uang yang ditabung terpisah dari kebutuhan bulanan. Karena menabung ini tidak akan berjalan lancar jika terus-menerus diambil setiap bulannya.

4. Berinvestasi

Jika kamu hanya fokus menabung, maka butuh waktu yang sangat lama untuk mendapatkan rumah tersebut.

Karenanya, berinvestasi menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mempercepat perolehan rumah idaman masing-masing.

Investasi yang dilakukan bisa beragam dan dapat kamu campur sesuai dengan preferensi dan kemampuan masing-masing.

Salah satu pilihannya adalah investasi emas. Mengapa? Karena nilainya terus meningkat dan bisa disimpan dengan mudah. Terlebih jika disimpan sampai 10 tahun maka hasilnya akan sangat signifikan.

Selain emas, kamu juga bisa berinvestasi melalui deposito. Investasi ini tergolong jangka pendek dan memberikan hasil yang lumayan baik.

Kamu bisa menentukan jumlah deposito dan jangka waktunya hingga 5 tahun dengan return beberapa %.

Pilihan investasi lain yang baik dicoba adalah reksa dana jika kamu ingin bermain aman, atau dapat mencoba saham jika menguasai hal tersebut. Kamu bisa mengkombinasikan semua pilihan investasi sehingga hasilnya menjadi lebih banyak.

5. Cari Pendapatan Tambahan

Jika muncul pertanyaan berapa lama bisa beli rumah? Maka, jawabannya tergantung kepada keuangan masing-masing. Sebelumnya kamu telah mengetahui bahwa menabung dan berinvestasi harus dilakukan.

Namun, jika kamu ingin berusaha lebih keras agar bisa mendapatkan rumah lebih cepat lagi maka carilah pendapatan tambahan selain investasi.

Pendapatan tambahan bisa didapat dengan jualan online, membuka service digital seperti SEO, pengelolaan website, developer aplikasi, website, dan lainnya.

Tentu untuk memperoleh dana tambahan mengharuskan kamu untuk mengambil pekerjaan lebih banyak. Namun, pastikan bahwa hal ini tidak mengganggu pekerjaan utama masing-masing.

6. Mengelola Pengeluaran

Selain meningkatkan pendapatan dari berbagai pilihan di atas, kamu juga harus mengatur pengeluaran semaksimal mungkin.

Jadi, kegiatan rekreasi, membeli barang mewah, pakaian, dan lainnya yang tergolong kebutuhan tersier sebaiknya ditahan terlebih dahulu.

Kamu bisa mengurangi durasi pembelian beberapa barang yang tidak pokok. Lalu, alihkan dana tersebut ke lini lain seperti investasi ataupun tabungan.

Berhemat untuk sementara waktu tentu tidak akan menyakiti diri sendiri demi tujuan memperoleh rumah yang lebih cepat.

7. Semangat dan Terus Konsisten

Tidak semua orang memiliki uang yang dibutuhkan untuk membeli rumah. Bahkan, ada orang yang ingin beli rumah tapi tidak punya uang sama sekali.

Namun, dengan mengetahui semua cara di atas akan membantu kamu untuk mendapatkan uang yang dibutuhkan dengan waktu relatif cepat.

Kamu juga harus selalu semangat dan konsisten karena membutuhkan waktu lama untuk memenuhi tujuan tersebut.

Jika hal ini tidak dilakukan dengan konsisten maka dana yang terkumpul akan bocor pada waktu yang tidak bisa kamu pastikan.

Cara menabung untuk membeli rumah di atas memang penting. Namun, kamu juga harus memikirkan agar rumah yang kamu bangun memiliki jaminan perlindungan dari risiko-risiko yang tak terduga.

Agar finansial kamu aman, sebaiknya beli asuransi rumah Simas Insurtech. Dengan memiliki asuransi rumah, kamu jadi lebih tenang dan nyaman.

 

7 Cara Menabung untuk Membeli Rumah dengan Gaji UMR

Blog Kang Andre

About the Author: Kang Andre

Cuma seorang amatir yang mencoba membuat blog untuk menulis online. Mana suka, suka-suka, suka mana. :)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.