Tidak Hanya Pakan, Berikan Asupan Makanan Agar Perkutut Tetap Sehat

  • Whatsapp

Pemberian pakan secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan agar asupan nutrisi burung perkutut terpenuhi. Namun tahukah Anda ternyata pemberian makanan pokok saja tidak cukup untuk membuat stamina perkutut tetap prima, apalagi jika Anda menginginkan perkutut mengikuti berbagai lomba.

Suplemen Makanan untuk Perkutut

Bacaan Lainnya

6 Suplemen Makanan untuk Perkutut Agar Selalu Prima

Berikut ini merupakan daftar asupan makanan selain makanan burung perkutut yang bisa membuat perkutut tetap sehat.

1. Vitamin

Kebutuhan nutrisi burung perkutut akan semakin lengkap dengan melakukan pemberian vitamin. Salah satu jenis vitamin yang cukup sering menjadi pilihan pencinta perkutut adalah Ebod Vit yang membantu menjaga kesehatan tubuh perkutut tetap terjaga.

2. Multivitamin

Jika Anda ingin mendaftarkan perkutut kesayangan dalam perlombaan, pemberian Ebod Vit tentunya sudah bagus. Namun akan lebih lengkap jika Anda juga memberikan multivitamin, yaitu berupa Ebod-Joss yang ampuh membuat perkutut memiliki daya tahan yang prima, gacor, dan tidak mudah stress. Selain itu, pemberian multivitamin ini juga membantu tubuh perkutut dalam proses pembentukan hormon testoteron.

3. Extrafood

Sesuai dengan namanya, extrafood merupakan makanan “extra” yang bisa diberikan pada perkutut untuk menambah nutrisi. Contoh extrafood yang cocok bagi perkutut ialah kroto dan juga ulat hongkong. Pemberian makanan ekstra ini juga bertujuan agar perkutut tidak bosan dengan pakan yang itu-itu saja.

Ulat dan kroto menjadi sumber asupan protein hewani bagi perkutut dan membantu menambah stamina. Anda bisa memberikan extrafood ini minimal seminggu sekali.

4. Jamu

Bagi penggiat perkutut jenis bakalan, pemberian jamu tentunya sudah tidak asing lagi. Jamu untuk perkutut bisa berupa campuran bahan-bahan alami (rempah) yang diracik sedemikian rupa sehingga dapat menambah stamina perkutut. Agar bisa manggung dan mengikuti lomba, Anda bisa memberikan jamu setidaknya seminggu sekali.

Pemberian jamu terbilang ampuh membuat perkutut sering berkicau, bahkan efeknya terasa pasca 2 hari pemberian jamu. Anda bisa mendapatkan jamu khusus perkutut di toko-toko pakan burung berupa kemasan maupun berupa racikan.

5. Minyak Ikan

Minyak ikan memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, tidak hanya bagi manusia namun juga untuk hewan. Salah satunya adalah burung perkutut, pemberian minyak ikan dapat menambah daya tahan tubuhnya. Cara pemberiannya pun cukup mudah, yaitu Anda cukup melolohkan minyak ikan langsung ke mulut perkutut.

Saat melolohkan minyak ikan sebaiknya dilakukan dengan berhati-hati agar perkutut tidak tersedak. Anda bisa mengantisipasinya dengan membasahi paruh burung terlebih dahulu. Minyak ikan yang penuh gizi ini bisa Anda berikan pada perkutut 1 butir/3 hari agar kesehatannya tetap terjaga.

6. Kencur

Pemberian kencur secara rutin dapat membuat perkutut tetap prima dan menjadi burung pengicau yang unggul. Berikut manfaat kencur bagi perkutut :

  • Membuat badan sehat dari dalam
  • Membuat kicauan perkutut bagus karena kencur mampu menghilangkan dahak
  • Mengobati dan mencegah radang tenggorokan yang membuat perkutut sulit berkicau
  • Menguatkan nafas perkutut
  • Menguatkan pita suara pada perkutut agar berkicau dengan baik

Manfaat kencur yang banyak tersebut bisa dirasakan burung perkutut yang Anda miliki dengan memberikannya kencur. Adapun kencur tersebut diolah dengan langkah-langkah berikut :

  • Parut kencur secukupnya
  • Hasil parutkan kemudian dilarutkan dalam air
  • Peras air kencur, kemudian berikan pada burung perkutut

Pemberian suplemen memang penting dilakukan agar kesehatan perkutut selalu prima, Anda bisa memberikan asupan tambahan seperti yang telah disebutkan di atas secara rutin terutama untuk merawat perkutut. Burung perkutut pun akan nampak selalu prima dan rajin berkicau.

 

Asupan Makanan Agar Perkutut Tetap Sehat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *