wire rope sling

Yuk Mengenal Wire Rope Sling

Wire rope sling atau sering juga disebut dengan kawat seling merupakan tali kawat baja yang pada salah satu atau kedua ujungnya dibentuk menjadi mata yang mempunyai lubang. Yaitu ujung wire rope ditekuk sehingga membentuk semacam lingkaran lalu dikunci agar mata tidak berubah bentuk.

Fungsi Wire Rope Sling

Wire rope sling digunakan untuk mengangkat beban. Dengan cara beban dikaitkan pada salah satu mata atau lingkaran, lalu mata yang lainnya dikaitkan pada alat pengangkat. Jadi wire rope sling adalah semacam alat penyambung dan karenanya harus kuat.

Wire rope sling bisa dibuat secara manual menggunakan tangan maupun menggunakan mesin. Wire rope sling digunakan dalam berbagai industri yang melibatkan bongkar muat dan angkat mengangkat beban berat.

Permukaannya banyak menerima gesekan dan hentakan yang tinggi karena itu seringkali diberi pelindung dengan alat yang disebut thimble. Tujuannya agar tidak wire rope sling tidak terkikis sehingga tidak aus.

Jika sampai aus bisa bahaya karena beban yang diangkat bisa terjatuh tiba-tiba. Sehingga akan rusak dan menimbulkan kerugian dan juga bisa menyebabkan kecelakaan kerja.

Thimble ada banyak jenisnya seperti thimble standard untuk mengangkat beban yang tidak terlalu berat. Bentuknya terlihat sederhana semacam lengkungan yang mempunyai ruang tempat masuknya wire rope.

Thimble heavy duty mirip dengan thimble standard namun dengan area perlindungan wire rope yang lebih lebar. Digunakan untuk mengangkat beban yang lebih berat.

Sedangkan thimble heavy duty tube sesuai namanya juga untuk mengangkat beban berat. Namun ditambahi dengan tube atau tabung sehingga wire rope bisa lebih terlindung dan lebih tidak mudah lepas. Lalu ada thimble solid yang kokoh dan untuk mengangkat beban yang berat juga.

Salah satu penjual wire rope sling yang terpercaya adalah Asmarines.com. Mereka menjual berbagai jenis wire rope sling seperti mechanical spliced wire rope sling, hand spliced wire rope sling, socket wire rope sling, dan clamp wire rope sling.

Mechanical spliced wire rope sling dibuat menggunakan mesin talurit. Wire rope dikunci dengan ferrule, semacam tabung logam pipih. Ketika wire rope sling sudah terpasang dengan baik ferrule akan di press menggunakan mesin untuk benar-benar mengunci wire rope sling. Mechanical spliced wire rope sling bisa dipasang thimble untuk melindungi permukaan rope.

Hand spliced wire rope sling dibuat secara manual menggunakan tangan. Tidak sembarang orang bisa membuat wire rope sling jenis ini. Harus ditangani oleh mereka yang memang sudah berpengalaman.

Socket wire rope sling dibuat dengan memasang socket pada ujungnya dan socket yang digunakan adalah swage socket, pear socket, spelter socket, dan sebagainya.

Clamp wire rope sling menggunakan wire clamp atau wire clip sebagai pengunci. Bisa dibuat dengan tangan dimana clamp dikencangkan untuk bisa mengunci dengan baik. Clamp atau wire clip yang dipasang bisa lebih dari satu.

Asmarines juga menyediakan jasa pembuatan wire rope sling. Menggunakan mesin talurit atau mesin press dengan kapasitas 350 kg, 600 kg, dan 1.500 kg. Sehingga konsumen bisa mendapatkan wire rope sling yang spesifik sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain itu Asmarines juga menyediakan mesin test bed berkapasitas 200 ton untuk menguji kualitas wire rope sling. Wire rope sling akan ditarik dengan beban tertentu dan mendapatkan Sertifikat Uji Tes Tarik. Jadi bisa dibilang one stop solution karena tidak perlu lagi mencari jasa pengujian wire rope sling.

 

Mengenal Wire Rope Sling

Blog Kang Andre

About the Author: Kang Andre

Cuma seorang amatir yang mencoba membuat blog untuk menulis online. Mana suka, suka-suka, suka mana. :)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.