11 Jun 2013

Laptop Toshiba Satellite C800 Lemot Banget

Ini merupakan pengalaman yang saya peroleh ketika laptop Toshiba Satellite C800 lemot banget. Bukan maksud mendiskreditkan merek tertentu, namun hanya sekedar “curhat” bahwa saya ketiban sial. Ceritanya begini:

Bulan April 2013 lalu, saya membeli sebuah laptop dan jatuh pilihannya kepada merk Toshiba yang cukup terkenal di Indonesia. Selain harga yang ditawarkan cukup murah (sekitar 4 jutaan), spesifikasi Toshiba Satellite C800 1014 yang ada cukup buat saya, dengan spesifikasi:
  • Processor Type : Intel DualCore B980-2.30 Ghz
  • Chipset : Intel M65
  • Display VGA : Intel HD 3000
  • Size Display : 14.” WXGA LED
  • Max Resolution : 1366 x 768
  • Memory : 2 GB DDR3 SODIMM PC-10600 up-to 4 GB
  • Network Ethernet: 10 / 100 / 1000 Mbps
  • Network Wireless: IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
  • Bluetooth : Bluetooth v3.0 + HS
  • Hard Disk Drive Storage: 500 GB Serial ATA 5400 RPM
  • Optical Disk Drive: DVD±RW SuperMulti DL
  • Operating sytem: DOS
  • Card Reader: SD, MMC, Memory Stick / Stick PRO
  • Port: 3x USB 2.0, 1 x USB 3.0, VGA, HDMI, LAN, Audio,WebCam
  • Battery : Rechargeable 6 cell Lithium-Ion Battery
  • Adapter: External AC Adapter
  • Speaker Type : Integrated Stereo Speakers
  • Weight : 2.23 kg laptop only
Laptop Toshiba Satellite C800 Lemot

Setelah instal OS Windows 7 dan software-software pendukung lainnya, segera laptop mulai bekerja. Sebenarnya laptop ini ingin saya khususkan untuk tugas kegiatan operator Dapodik sekolah agar lebih praktis.

Beban kinerja laptop sebenarnya nggak terlalu berat, tugas-tugas operator Dapodik hanya pengetikan dan upload data via internet dan hard disk 500 Gb hanya digunakan nggak sampai 10 persen saja, itu pun lebih banyak untuk OS dan aplikasi. Waktu operasional hanya beberapa jam saja dan hampir-hampir banyak “tidur” saja.

Mendadak, ketika akan saya bawa untuk pertemuan operator sekolah, Laptop Toshiba Satellite C800 ini sangat lemot. Untuk startup membutuhkan waktu hampir se jam. Seterusnya, jangankan membuka aplikasi, membuka my document saja sangat lambat.

Analisa program, kinerja CPU dll lewat task manager tidak ada hal yang aneh, performance nggak sampai 2%, namun sepertinya laptop bekerja sangat berat seperti “hang”. Dengan susah payah mencoba uninstall semua program, namun tetap lemot. Dengan sangat terpaksa, saya install ulang windows 7. Hasilnya?

Proses instal OS ternyata nggak berjalan normal. Dalam kondisi normal, tidak sampai sejam sudah selesai, namun kali ini membutuhkan waktu hampir 4 jam penginstalan selesai, dan hasilnya masih lemot. Saya pun berpikir, pasti ada masalah dengan hard disk.

Dengan HDD regenerator coba analisa harddisk, nggak ada masalah 0 bad sector. Akhirnya HD saya format lagi dengan resiko data hilang. Dan saya coba instal windows XP yang lebih ringan. Sejam telah berlalu, namun instal masih berjalan 50 %. Segera saya hentikan, percuma diteruskan. Dugaan saya pasti benar, hard disk bermasalah! Kalau RAM beda gejalanya.

Ini yang saya katakan “ketiban sial” laptop merek terkenal tidak berfungsi setelah 2 bulan. Sebenarnya mau saya coba dengan hard disk lain, namun garansi bisa tidak berlaku lagi. Padahal pemakaian normal, bahkan boleh dikatakan jarang dipakai.

Repotnya, di kota saya tidak ada service center Toshiba, jika saya kembalikan ke toko tempat membeli laptop, bisa memakan waktu lama, karena akan dikirim ke Surabaya. Kebetulan saya akan ke Jember dan di sana ada service center, akhirnya saya bawa ke sana, dan BENAR hard disk bermasalah. Hanya sehari (ditunggu) hard disk pun diganti, dan persoalan selesai. Install windows 7 hanya butuh waktu 35 menit.

Menurut rekan teknisi komputer, banyak hard disk merek Toshiba bermasalah dan disarankan mengganti dengan merek lain, rekomendasi Hitachi. Entah benar atau tidak, tapi oleh Service center, laptop Toshiba Satellite C800 yang lemot tadi telah diganti dengan hard disk merek Hitachi, … tanpa saya minta.


56 komentar

saya juga punya yang seperti ini , malah lebih parah key N W H G gak jalan , terpaksa beli keybourd wireles

ternyata merk tidak menetukan kualitas produk walaupun saya juga lebih memilih brg bermerk drpd yg biasa

saya punya netbook lokal inforce, hampir 3 tahun gak ada masalah serius (cuma baterai yang drop)padahal kondisi sekarang udah ancur, tapi tetap ngacir..... ternyata HDD-nya hitachi

memang untuk tipe yang agak lama sering bermasalah mas...tapi itu semua tergantung pemakaian dan bagaimana cara kita merawatnya..

Hwaduh, jangan2 tengtop saya juga sama. Merk Toshiba satellite L735D-S3300.
Kasus mirip sekali dengan bang Andre, Performanya lemot bgt setelah (kasus terahir) saya paksa shutdown dng menekan tombol power lama.
Partisi udah saya obrak abrik dan instal OS Win7 n WinXP, tapi jalanya masih sgt lambat.
Apa benar kesusakan ada pada hardisk walau ditest pake bbrp tool hasilnya OK ?
Padahal masih nyicil je... :D

thx sharing'ny kang, saya jg baru beli tgl 1 kmrn di carefour (udh di install windows 8 tapi office'nya ngga ada and bluetooth'nya ngga bisa add device bb yg saya pake). Apa ngaruh dari HDD jg yah...

saya punya juga lemot banget kang... apa harus ganti juga ya??

tapi punya saya fine fine saja tuh

syukurlah... saya kena apes.
Tapi sekarang fine-fine juga :)

Bang,
kalau punya ane lemotnya di touchpad laptop.
itu kenapa ya?
mohon pencerahan dari agan agan semuanya..

memang betul, nasib maz aj yg lagi sial. saya juga beli toshiba c800 akhir september 2013.sampai sekarang masih fine aja...padahal kapasitas hardisnya cm 320 GB...saya juga punya alasan mengapa memilih merk Toshiba. karna sebelumnya laptop yang merk ini, gak cepat panas, bandel dan tidak lemot. cuma harga nya saja yang lumayan mahal.

jadi bingung , mau beli laptop merk TOSHIBA / merk LENOVO / merk HP / merk ASUS / merk ACER , menurut anda bagusan merk apa ???
Thank's ... :)

Pilih sesuai kebutuhan dan tentunya budget. Kalau pribadi saya akan milih merk yang mudah service-nya (termasuk sparepart-nya)

termasuk Toshiba yang terbaru L740.. sama kasusnya gan.
analisa tidak ada bad sektor..
tapi untuk booting windows 7 diperlukan setengah jam...
...........
kasus lain... sekarang rata-rata merk notebok/laptop Hardisknya menggunakan toshiba.
ada apa dengan toshiba.
saya sering sekali menemukan Laptop baru yang hardisknya bermasalah dan itu merk Toshiba

dulu, Toshiba berkesan sebuah merk laptop yang eksklusif, seiring persaingan pasar yang semakin ketat, kini kelas low end dimasuki. Tapi yang namanya cacat produk untuk semua produsen pasti ada, cuma bagaimana after service-nya

Gan, dijember disebelah mana service centernya toshiba?

Jalan Trunojoyo, 83 sebelum gramedia. Selain Toshiba, bisa merek lain

ane juga gan, tapi ane ngiranya yang bikin lemot itu prosesornya gan masih 1.10 GHz-_- padahal graphic udah lumayan :v ane beli januari 2013 dan touchpadnya emang suka ngadat -_- tapi masih kuat buat main COD 4 dengan resolusi rendah wkwk

Processor Type : Intel DualCore B980- 2.30 Ghz
Sampai saat ini (setelah servis), nggak ada keluhan dan cukup cepat.
Sekarang buat kerja ngeblog, operator sekolah dan main game dan nonton film

saya juga sudah beli toshiba C800 tapi performance Nya bagus kok ndak ada yg bermasalah...
Nice sharing pak..

saya juga begitu lemot sekali leptop saya ini c800 :(:(:(

Klo service ganti harddisc merk hitachi brpa ya gan??

kurang tahu tepatnya, tapi harga relatif tergantung kapasitas hardisk. Kurang lebih 500ribuan

sama gan ane mrek itu juga ... sama kejadianya ...lemot bget ... setelah di cek banyak Bad Secktor ... kalo ganti mrek WD bagus gak gan?

punya saya pake windows 8 juga lemot banget sih padahal baru setahun,terkadang mati sendiri dan susah dinyalain. ada temen nyaranin buat ganti ke windows 7,menurut @Kang Andre saya lebih baik instal windows 7 atau ganti hard disk ya? terima kasih.

baca rekomendasi laptop pakai OS apa? lemot banyak penyebabnya lho...

saya punya Notebook Tosiba NB510 intel atom N2800 2GB DDR3 - 1,86GH-Z . OS : Windows 7 Ultimate (original) kondisi masih stabil dan bagus, start Up masih cepat , harddisk masih lancar dan Touchpad masih nyaman . Alhamdulillah :)

sy pke compaq dan hd nya pke merk toshiba, lemot bgt. lalu sy ganti pke hitachi, ternyata lebih wuss..
(pngalaman pribadi)

Saya ini pake Laptop Toshiba Satellite L745...kejadian juga sama lemot "NOT RESPONDING"
Processor Type : Intel(R)Core(TM)i3-2350 M CPU@2,30Ghz 230.Ghz
HDD :600 GB
OS : Windows 7 Ultimate SP1 32-bit

Permasalahan pada harddisk juga.....kalau ganti harddisk 600 Gb berapa biaya yg dibutuh kan ya agan???

saya user TOSHIBA C800 juga..
baru pemakaian 5 bulan fine2 aja gan..
mungkin karena saya pakai deep freeze..
kronologi dulu pernah 1x hang gara2 coba2 instal theme,, karena pas theme sedang saya gunakan saya hapus (LOL maklum dulu gak ngerti apa2 :p )..
kmudian saya instal ulang windows 7 ultimate, karena takut hang lagi setelah INUL (INstal ULang) kemudian saya pasang aplikasi yang biasa saya gunakan ex: total video converter, AIMP3, Mozilla, Google Chrome, dll setelah dirasa cukup saya pakai Deep Freeze ketika laptop masih "bersih".. tapi hanya DRIVE C yg saya bekukan..
alhasil saya pakai banyak game ex: devil may cry 4,devil may cry 5, God Of War, prototipe ps3, crysis war head ps3, dll masih fine sampai sekarang

start up cuma butuh 3 menitan untuk siap digunakan gan...

NB : hardisk saya juga merk HITACHI dari prtama beli..

Memang laptop Merek Toshiba biasanya yg membuat lemot kerusakannya dari HDD-nya....saya baca dari blog lain juga......harga HDD HITACHI berapa harganya???...saya mau ganti dan nambah RAM 4 GB juga bulan depan....tolong sarannya

iyya mas performa laptop toshiba saya c800 lemot tapi katanya itu karna banyak game yang ga penting mesti di instal ulang, oiya saya waktu beli laptop ini kardus nya lupa saya ambil jadi saya ga punya buku panduannya .. menurut bapak saya harus gimana ya ?

toshiba C800 dirancang untuk standart pemakaian mengingat harga yang murah (low-end). Semakin banyak instal aplikasi semakin lemot kinerjanya...
Saat ini sy mengubah kecepatan performance dengan mengabaikan tampilan yang nggak perlu.

kang HD udah hitachi 320GB tpi masi lemot knp ya

Banyak faktor penentu lemot-nya Komputer, usahakan aplikasi dan kebutuhan sesuai dgn spek kompi yg ada...

Itu belum include win 8 ya mas.? yang pake win 8 meski ori malah makin parah.. Spec minim di genjot pake win 8 hasilnya maksa..

ternyata merek tidak menjamin kualitas sebuah produk. tapi biasanya lemot laptop yang biasa saya temukan pada performan hardisk yang turun. sebagaimana kita ketahui toshiba merek ini dengan seri hardisk MK. seri hardisk ini menurut saya kurang bagus kualitasnya

SayA jg pkk toshiba,,tp toshiba satellite m840 gold series ,,sd spek procs intel core i3 2,4ghz ,,,2gb ram ,,640hdd,,,vga ati radeon 7600m series 2gb .. instal windows 7 ultimate 32bit.. Merk hdd hitachi,,, sebelum instal aplikasi +driver wuuussss tp stelh instal k2nya,,mlah melamban n sering not responding... ,, pdhl driver ngmbil d situsnya,,, aneeh,,, setelah itu an gnti hdd k merk toshiba 500gb ternyata udh mndingn,, jdi jgn salahkn product hdd toshiba atau hitachi atau yg lainnya,, merk hitachi blum tentu bgus ,,yg lain jg gtu,,, setiap product pasti ada yg gagal product,, ,,, tp jk d ambil kesimpulan ,,,merk toshiba emang bnyak pi /bmnya ,,,kemungkinn brg yg ente2 beli itu msuk d dlmnya termsuk punya ane,...... Ane aja nyesel beli merk toshiba. ,,setelah browsing sana sani kendalanya sama…. Mnding acer,,, ane dlu smpat punya acer 4738z... Pemakaian 5tahun tetep lwncar,,, sayangnya vganya onboard jd ane jual,,,

saya juga pake c800, keluhan sy juga seperti anda, sy jg orang jember, tp sy lumayan sabar menhadapi laptop ini, dan pemakaian juga tidak begitu sering,

ane HDD uda hitachi dari beli, pake buat program2 berat malah, y untung masih kuat, cuma keyboard harus ganti :(

Punya saya juga type C800, tapi proccessor-nya bukan dual core, tapi Intel Celeron. Saya beli bulan November 2013 lalu. Ko bisa beda yaa? Apa bisa diupgrade proccessornya?

Toshiba c800 ada beberapa seri, lihat kode di belakang. Kalau nggak salah di C800 semua memakai Intel® Celeron® Dual Core Processor, cuma kecepatan yang berbeda. Kalau yang bagus sih pakai Intel® Core™2 Quad Processor. Segmen pasar c800 kelas low-mid.

sama gan ane juga toshiba c800
baru 4 bulan dvd drive sama touchpad bermasalah

yang lebih jegkel lagi setelah di cek HDD Regenerator 0 Bad Sector found ..hihi saya sering mengalami HDD TOSHIBA yang kaya gini di seri Satellite L / C kebanyakan yang pake HDD Toshiba,tapi kalo yang MB,RAM,atau yang lainnya terbilang awet hanay HDD saja yang sering bermasalah

lepi saya juga c800,,lemot bingiitttt,,mohon pencerahan dari agan2,,,apa yang harus saya lakukan??

yng punya ku c800 , lau pakai windows 8 lemot bangetttt....tapi lau pakai windows 7 bagussss

laptop ane juga c800, waktu baru beli emang lemot banget, tapi setelah instal ulang windows 7 professional, aplikasi seperlunya, dan dibantu tune up utilities yg selalu di update ga ada masalah, dipake buat main game, nonton film, ngenet fine2 aja.....

KANG ANDRE PUNYA REALTEK BUAR SETEREO MIC BUAT TIPE C800 ,,,INI SAYA PAKAI MAIN CF SEMENTARA AKU INI PAKAI VIRTUA AUDIO CABLE KURANG COCOK

Ane fine2 aja gan :3
ane juga user c800
udh hampir 8 th masih bandel
bahkan sering dipake buat pentest :3

Yang namanya produk bisa saja ada kendala saat peluncurannya. Entah kenapa harddisk kembali bermasalah dan harus diganti lagi. :(

punya saya sudah 3,5 tahun, dan alhamdulillah baik2 ajj :)

saya beli laptop ini akhir tahun 2012, 3 tahun pemakaian harddisknya bermasalah. terpaksa ganti harddisk. tapi dari segi yang lain punya saya oke-oke saja, kecuali baterai yang mudah ngedrop (wajar karena saya suka cas laptop sambil dipakai)
yg saya suka dari laptop ini yaitu keyboardnya yang sangat nyaman dalam pengetikan. tombolnya nggak berjarak, nggak usah khawatir ada kotoran yang masuk

wah sama kasusny dengan ane gan laptop ane satellite c55d-b5160 buat nonton film aja kadang hang sendiri buka file juga sering lemot padahal baru 6 bulan pemakaian jangan2 harddisk ny

terima kasih banyak infonya

Kalo saya lag aja ramnya ke pake 1,90 gb dari 2 gb
,sekarang udah tambah ram jadi 4 gb ramnya

Sumpah kang andre ini sama persis kasusnya dgn laptop saya dgn merek dan tipe yg sama.saya pikir awalnya cuma hrs install ulang windowsnya trnyata 2 jam install masih lama sekali installnya dan kata teknisi yg bantu saya service memang harus ganti Harddisknya.kalo mau ganti hrs bayar 650rb dgn HD 500gb kebetulan emang lg ga punya uang jd saya cancel servicenya.bisa bantu kasih saran atau solusi kang??

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih