8 Mei 2015

Ngeblog Dengan Senyuman

Jangan berharap menemukan lebih mendalam tentang senyuman pada artikel ini, karena saya bukan motivator, psikiater, psikolog apalagi dokter jiwa yang mampu mengulas tentang makna di balik sebuah senyuman. Saya hanya mencoba menghadapi semua dengan senyum dalam ngeblog, karena saya seorang blogger (meski hanya amatir).

Sudah banyak penelitian, tulisan yang membahas manfaat tersenyum, baik itu untuk diri sendiri maupun orang lain. Senyum itu sehat, senyum itu membuka aura positif, senyum itu ibadah, senyum itu bisa untuk berbagi bahagia dan masih banyak lagi yang diperoleh lewat senyum. Sebuah senyuman memiliki makna dan manfaat yang mendalam. Termasuk ketika kita ngeblog, senyuman sangat dibutuhkan.


Ngeblog Dengan Senyuman


Yuk Ngeblog Dengan Senyuman !


Saat seseorang mulai ngeblog, angan-angan meraih kesuksesan sudah menggelora di dalam pikiran. Nantinya blog akan ramai pengunjung, akan mendapat banyak dollar, akan dikenal di dunia blogging dan akan-akan hebat yang lain. Namun apa lacur, akan akan itu tidak selamanya dapat terwujud. Kalau sudah begini, berhentikan cita-cita menjadi blogger profesional?

Hanya satu yang bisa “menetralisir“ tatkala harapan pudar di tengah jalan, yaitu senyum. Negblog dengan senyuman.

Pernah suatu saat, di awal ngeblog dan belum tahu banyak tentang dunia blogging, blog saya di deface hacker. Tampilan homepage berubah jadi gambar tengkorak dengan musik cadas. Saat itu saya panik, marah dan menyalahkan sana-sini. Bukannya persoalan selesai, malah suasana tidak nyaman terjadi. Keluarga yang nggak tahu apa-apa kena sasaran. Beberapa hari malas ngeblog dan sepertinya mau berhenti ngeblog.

Ketika membaca koran lokal di rubrik konsultasi, ada jawaban seorang psikolog yang menerangkan tentang arti senyuman yang intinya “Senyuman akan membuka aura positif yang akan membuat perasaan menjadi lebih baik. Jika sedih, cobalah tersenyum” Saya menterjemahkan senyuman dapat mengalahkan emosi.

Akhirnya saya kembali membuka blog saya yang masih bergambar tengkorak tsb. Sudah lebih seminggu saya biarkan, karena memang tidak tahu cara menyelesaikannya. Browsing sana-sini akhirnya menemukan pemecahannya. Blog kembali normal. Dua hari kemudian, eh… hacker yang lain merubah tampilan blog lagi. Namun kali ini saya tersenyum (nggak pakai kecut) karena mirip dengan yang pertama, saat itu juga saya ubah seperti semula. Malah saya menulis artikel “Terima Kasih Hacker”. Entah kenapa, beberapa hari kemudian, blog di hack lagi. Tapi kali ini hanya tulisan “ Yth Admin, saya tidak berniat merusak, namun hanya memperingatkan ada celah keamanan pada blog anda” Malah ada link situs untuk mendownload software cek celah keamanan.

Ternyata, kesalahan terletak pada web hosting yang juga sering kolap karena serangan DDOS. Akhirnya dengan mohon ijin dengan baik-baik tanpa amarah, pindah hosting, dan sampai 4 tahun belum mengalami kena hack 3 kali dalam seminggu.

Mendapat dollar dari blog, juga angan-angan saya. Coba daftar Google adsense untuk blog berbahasa Indonesia dan diterima. Beberapa bulan saya pasang mendapatkan dollar yang cukup lumayan, dan kesalahan saya adalah tidak segera menguangkan. Ramai-ramainya akun GA dibanned, saya pun kena juga. Seperti biasa tanpa alasan. Saya pun cukup tersenyum, mungkin bukan rejeki saya. Mengajukan GA lagi, diterima dan lagi-lagi kena banned, saya malah tertawa (dalam hati malah berkata, lucu ya Google..)

Setelah belajar SEO yang sampai saat ini masih belum juga paham, akhirnya mencoba ikut kontes SEO. Target nggak perlu menang, masuk 50 besar sudah cukup. Meski kalah nggak dapat hadiah, saya tersenyum karena target telah terpenuhi. Akhirnya belajar dari kekalahan dengan ATM (Amati Tiru Modifikasi). Sampai sekarang pun masih sering ikut, meski tidak pernah menang, he..he..he.. tersenyum saja.

Blog ramai dengan puluhan ribu pengunjung pun telah saya rasakan. Namun kini cuma ribuan bahkan terkadang ratusan saja. Nggak masalah, hadapi dengan senyum saja ketika melihat grafik analisa trafik naik turun, anggap saja gambar gunung berjajar.

Dunia blogging adalah dunia luas dengan bermacam ragam sifat dan karakter blogger. Persaingan SERP, persaingan bisnis online, tukang copas, tukang nyepam dan masih banyak lagi permasalahan yang akan dihadapi saat kita ngeblog. Senyum jika kendala datang saat ngeblog

Hadapi dengan senyum


Intinya adalah dengan senyuman kita bisa mengendalikan emosi, termasuk saat ngeblog yang memiliki tujuan tertentu. Terkadang tujuan tersebut bertolak belakang dengan harapan. Jika menuruti emosi, pikiran tambah tegang dan akan semakin jauh dengan tujuan semula.

Pengunjung turun janganlah stress, hadapi dengan senyum. Dengan senyum suasana hati sedikit mencairkan ketegangan dan menjernihkan. Setelah itu cari tahu apa penyebabnya. Tulisan di-copas blogger lain, tersenyumlah, bertanda bahwa tulisan kita bermanfaat meski diambil dengan tidak hormat.

Senyum yang tulus dapat membuat hati bahagia, rileks dan ngeblog bisa tambah semangat. Seperti ajakan bagus "Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com" mencoba berbagi dengan tulisan yang akan lebih mengena jika ditulis dengan perasaan bahagia lewat senyuman.

1 komentar:

Terkadang niatan ikhlas sering berbelok ketika kebutuhan ekonomi begitu mendesak

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih