23 Feb 2017

Pembayaran Google Adsense Lewat Transfer Kawat Bank

Pada Pebruari 2017 ini, saya mencoba mengubah pembayaran Google Adsense lewat transfer kawat ke rekening bank. Sebelumnya, saya menggunakan Western Union (WU) sebagai metode pembayaran adsense.

Ada kelebihan dan kekurangan menggunakan Western Union (WU) atau transfer kawat ke rekening bank, namun saya tidak akan mencoba metode pembayan adsense lainnya yaitu lewat cek (sepertinya akan ribet).

Pembayaran Google Adsense
Saat Mencairkan Google Adsense metode WU di kantor pos


Pembayaran Adsense Dengan Transfer Bank


Saya ingin mencoba metode pembayaran adsense selain WU dan sepertinya transfer kawat lebih praktis, maka pada Januari 2017 saya ubah metode pembayaran ke rekening bank Mandiri yang saya miliki. Hanya dengan metode pembayaran di dasbor adsense dan cukup sekali mengisi nama pemilik akun, nama bank, kode swift bank Mandiri: BMRIIDJA serta nomor rekening, sudah bisa menikmati hasil publisher adsense.

Dibandingkan menggunakan metode Western Union (WU) ternyata memang lebih praktis. Pada 22 Pebruari 2017 sekitar jam 02 dini hari, ada email masuk dari Google Payments <[email protected]> yang isinya memberitahukan "Kami telah mengirim pembayaran ke rekening bank Anda untuk penghasilan Google AdSense Anda pada tanggal 2017 Feb 21."

Namun, setelah saya cek di dashboard adsense saat itu juga, belum ada pemberitahuan. Biasanya memang ada selang waktu antara email dengan dasbor adsense.

Tiba-tiba, sekitar jam 10 pagi, ada SMS Banking dari Bank Mandiri yang menyebutkan ada kredit masuk. Kalau SMS Banking biasanya dikirim beberapa menit setelah ada transaksi. Segera saya buka kembali dasbor adsense dan benar sudah ada pemberitahuan pembayaran telah dikirim. Ternyata sangat cepat, hanya 8 jam dari pemberitahuan lewat email sampai transfer masuk ke rekening saya. Konon katanya ada bank yang butuh waktu hingga 3 hari.

Sangat praktis cara pembayaran adsense dengan transfer kawat ke rekening bank. Namun kepraktisan tersebut ditebus dengan US$ 5 (besaran potongan tergantung masing-masing bank) karena saya menggunakan US Dollar sebagai pembayaran adsense. Potongan tidak berlaku untuk pembayaran adsense yang menggunakan rupiah.

Selama menggunakan Western Union (WU) dan mencairkan di kantor POS, saya harus menyiapkan print out pemberitahuan pembayaran dari Google, foto copy KTP, mengisi formulir WU, materai 6000, cap jempol, tanda tangan beberapa kali dan harus antri. Agak ribet namun uang yang diterima utuh tanpa potongan serta rate dollar cukup tinggi dibandingkan dengan bank. (saat ini US$ bank mandiri Rp. 13.240 sedangkan Kantor Pos Rp 13.400). Belum lagi jika ada Pembayaran otomatis tertunda.

Mungkin saya akan terus menggunakan metode pembayaran Google Adsense lewat transfer kawat ke rekening bank karena mudah dan praktis - Kang Andre

5 komentar

Jadi yg kena potongan hanya yang akun adsense USD ya gan, klo Rupiah engga? saya kira kena potongan semuanya ...

Hasil adsense tidak dipotong, namun kena potongan (biaya) dari bank atas tukar dollar ke rupiah (valas)

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Mantap kang Andre, ilmu baru untuk blogger newbe seperti ane yang bingung ambil duit adsense heh

Untuk publisher adsense baru, biasanya sudah dapat menggunakan rupiah untuk pembayarannya dan tidak ada potongan dari bank. Kalau masih pakai dollar, tidak bisa diubah. Lihat di dasbor adsense.

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih