Blogging Untuk Edukasi

Blogging Untuk Edukasi

Dengan atau tanpa Anda sadari ketika sedang ngeblog (blogging) sebenarnya ada suatu proses edukasi / pendidikan disana. Terutama ketika Anda memiliki latar belakang yang jauh dari dunia penulisan.

Blog bisa menjadi sarana Anda berlatih menulis yang notabene adalah salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki kapan pun dan dimanapun Anda berada.

Misal untuk mahasiswa, Anda diharuskan memiliki kemampuan menulis yang baik untuk tugas, skripsi, dll. Sedangkan untuk mereka yang bekerja saya rasa ngga jauh-jauh dari yang namanya report / laporan dalam setiap pekerjaan Anda.

Bahkan di dunia kerja ini malah penting. Kenapa? Karena ini akan menjadi nilai lebih untuk Anda agar bisa dipromosikan untuk menduduki jabatan / posisi tertentu.

Selain itu, kemampuan yang penting yang tersirat dalam kebiasaan ngeblog adalah kemampuan untuk menuangkan ide yang ada dalam pikiran kita baik itu dalam bentuk lisan maupun tulisan. Dan ini diwakili ketika Anda ngeblog.

Saya yakin, Anda ngeblog pasti berawal dari sebuah ide bukan? Nah kemudian Anda berusaha bagaimana ide tersebut bisa dikomunikasikan dengan baik dalam bentuk tulisan sehingga pembaca bisa mengerti apa maksud dan tujuan dari ide Anda tersebut.

Saudara, saya seringkali melihat ada rekan-rekan yang sebenarnya memiliki ide-ide brilian, namun tidak pernah terlaksana dan membawa suatu kebaikan hanya gara-gara yang bersangkutan tidak mampu mengkomunikasikannya.

Jadi inilah proses edukasinya. Mau bukti…?

Coba buktikan sendiri, gaya menulis Anda pada saat baru-baru mulai ngeblog dengan ketika Anda sudah membuat lebih dari 50 artikel akan sangat berbeda sekali.

Kalaupun Anda melihat blog ini artikelnya sedikit tapi tulisannya terstruktur rapi, itu tidak lain karena di blog saya yang lama dulu, saya sudah menulis sekitar 50 artikel. Jadi ada kebiasaan dan proses belajar serta berubah menjadi lebih baik.

Jadi untuk blogging untuk edukasi… Anda sudah dapat dua point. Pertama Anda berlatih menulis dan kedua Anda berlatih mengkomunikasikan ide Anda dalam bentuk tulisan maupun lisan (tulisan dengan bahasa lisan).

Nah, sebenarnya masih ada point ketiga untuk edukasi ini. Apa itu?

Kemampuan untuk mencari informasi, mengolahnya, dan menyajikannya kembali dengan lebih baik. Ini tercermin ketika Anda mencari support data untuk tulisan Anda agar lebih valid dan tidak menjadi opini semata.

Kemampuan pada point ketiga ini akan sangat berguna untuk Anda dalam menghadapi permasalahan yang kompleks. Kok bisa, apa hubungannya?

Ketika kita menghadapi suatu persoalan, maka penyelesaian terbaik adalah dengan menganalisa permasalahan, kemudian searching information. Dari informasi yang ada diolah dan menjadi solusi dari permasalahan Anda.

Nah, ternyata ngeblog banyak untungnya kan…?

 

Blogging Untuk Edukasi

Blog Kang Andre

About the Author: Kang Andre

Cuma seorang amatir yang mencoba membuat blog untuk menulis online. Mana suka, suka-suka, suka mana. :)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.