Cara Agar tidak Boros Ketika Menjadi Mahasiswa Baru

  • Whatsapp

Masa-masa setelah lulus SMA adalah masa yang penting apalagi ketika kita berkeputusan untuk kuliah di tempat yang jauh dari rumah. Hal tersebut menjadikan kita harus bisa dan siap untuk hidup secara mandiri, yang biasanya kamu serba berkecukupan dan disiapkan oleh orang tua, namun kini kamu harus mengaturnya sendiri. Salah satunya perihal biaya hidup, jauh dari orang tua membutuhkan kita harus hidup dengan hemat, agar ketika di akhir bulan kamu tidak perlu merasa kelaparan karena telah kehabisan uang.

Masa Awal Perkuliahan

Bacaan Lainnya

Manfaat  Belajar Menjadi Pribadi Yang Mandiri

Di sisi lain selama menjalani masa perkuliahan dengan hidup mandiri memberikan kesempatan kita untuk dapat berpikir secara kritis. Ibarat satu langkah untuk menyikapi dalam mempersiapkan diri hidup sebagai individu yang menjalani kehidupan mandiri. Berikut ini hal positif yang kamu dapatkan dari belajar hidup mandiri :

  1. Melatih kedewasaan karakter dan mental
  2. Melatih mengatur uang
  3. Melatih untuk menjadi pribadi bertanggung jawab
  4. Melatih mengatasi masalah secara pribadi
  5. Belajar kritis dan kreatif

Nah, salah satu contoh kasus yang kamu alami sebagai mahasiswa adalah dalam mengelola dan mengatur keuangan pribadi. Selain dengan berhemat mungkin kamu juga dapat melakukan berbagai hal lain untuk menghasilkan uang secara pribadi. Selain untuk meringankan beban orang tua kita juga seakan belajar untuk bisa tidak bergantung lagi dan menjadi kreatif untuk bisa menghasilkan uang untuk belajar membiayai kebutuhan kita secara mandiri.

Cara Agar Tidak Boros Di Masa Awal Perkuliahan

Berikut ini kami akan membahas beberapa cara agar kamu dapat menghemat pengeluaran semasa menjalani masa-masa transisi sebagai mahasiswa baru. Kami juga akan menyertakan beberapa bahasan yang terkait solusi agar dapat menghasilkan uang sendiri, simak bahasannya berikut ini :

1. Merencanakan anggaran pengeluaran di awal bulan

Dengan membuat perencanaan ketika kamu baru mendapatkan transfer uang dari orang tua, alangkah baiknya bila kamu melakukan perencanaan pengeluaran per bulannya. Sehingga akan membantu kamu membatasi pengeluaran yang prioritasnya kurang penting. Sehingga sistemnya bukan menyisihkan dari apa yang telah kita keluarkan di akhir bulan, tapi melakukan pembatasan dari awal bulan hal ini mungkin lebih efektif.

2. Memanfaatkan fasilitas umum

Sebagai mahasiswa, dalam menunjang kegiatan pendidikan kuliah baik untuk mengerjakan tugas-tugas atau hal lainnya kebutuhan akan buku, internet dan berbagai hal lainnya amat penting. Namun, ketika kita belajar menjadi pribadi yang kritis maka dengan memanfaatkan fasilitas umum yang ada di kampus untuk mencukupi akan kebutuhan tersebut akan lebih menghemat biaya pengeluaran.

3. Gunakan kartu mahasiswa untuk mendapatkan diskon

Bukanlah hal yang rahasia bila kartu mahasiswa yang biasa tersimpan di dalam dompet dapat memberi manfaat lain selain dalam dunia akademik. Khususnya pada beberapa toko, cafe, departement store dan masih banyak lagi yang memberikan kemudahan bagi mahasiswa dengan cara memberikan diskon ketika melakukan pembelian produk di tempat tersebut.

4. Mencari penghasilan tambahan

Selain itu kamu juga dapat mengeluarkan ide kreatif untuk menjalankan bisnis ala mahasiswa, belum lagi kamu mendaftar di STIH Iblam, disana terdapat fasilitas yang memberi dukungan pendanaan modal kepada mahasiswa yang hendak melakukan bisnis wirausaha. Atau kamu juga dapat bekerja secara paruh waktu pada beberapa industri kreatif, cafe atau tempat lainnya. Ayo, daftar ke STIH Iblam lewat goKampus sekarang juga.

 

Agar tidak Boros Ketika Menjadi Mahasiswa Baru

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *