Sejarah dan Teknik Dasar Permainan Badminton

Badminton atau bulu tangkis merupakan salah satu permainan yang termasuk paling digemari di dunia ini, ternyata memiliki sejarah panjang dalam perjalanannya. Ada beberapa sejarah yang bisa menceritakan awal mula dari munculnya permainan atau olahraga ini.

Awal Mula Permainan Badminton

Sejarah yang paling diakui adalah bahwa olahraga ini sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu di daerah Mesir Kuno. Saat itu belum seperti sekarang, dulu hanya menggunakan raket dan kok yang sederhana saja. Sedangkan persebarannya, olahraga ini dipercaya muncul di Inggris sekitar tahun 1800 yang kemudian di bawa dan tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Untuk penelusuran yang sudah dilakukan pada olahraga bulu tangkis atau badminton ini, dimulai dari India. Kenapa India? Karena pada waktu itu India dikuasai oleh Kerajaan Inggris pada pertengahan tahun 1800.

Pada masa itu, telah ditemukan sebuah bukti autentik berupa foto yang menggambarkan tentara Inggris sedang memasang net pada permainan tradisional Inggris yang bernama battledore and shuttlecok. Olahraga ini memiliki kemiripan dengan olahraga ball badminton dari Tamil Nadu daerah India selatan, juga dengan permainan Hanetsuki dari Jepang.

Untuk cikal bakal olahraga ini diakui berasal dari permainan Tionghoa yang disebut Jianzi yang dulu dimainkan namun tidak menggunakan raket. Sebagai pengganti raket, permainan Jianzi menggunakan kaki untuk mengendalikan kok agar tidak sampai terjatuh. Permainan ini intinya adalah menjaga kok agar tidak jatuh selama mungkin dengan tanpa menggunakan tangan.

Jejak Sejarah Badminton di Dunia

Belum diketahui sampai sekarang bagaimana awalnya olahraga tepok bulu ini diberi nama badminton. Nama tersebut diketahui sebagai nama sebuah gedung Duke of Beaufort di Gloucestershire yang bernama Badminton House.

Jika ditelusuri lebih jauh, proses munculnya nama “badminton” ditemukan pada 1890 dimana Isaac Spratt seorang penjual mainan merilis buklet dengan judul “Badminton Battledore –sebuah permainan anyar”.

Kemudian pada tahun 1863 juga pernah ditemukan sebuah artikel pada majalah Corhill Magazine menuliskan badminton sebagai “Battledore dan shuttlecock dimainkan menggunakan benang setinggi 5 kaki dari darat.”

Lalu seiring dengan kemajuan pemikiran, The Bath Badminton Club membuat standarisasi aturan main agar bisa diterima oleh orang-orang Inggris. Saat itulah menjadi babak baru pada perkembangan badminton selanjutnya.

Akhirnya Asosiasi Badminton Inggris pada tahun 1893 mempublikasikan aturan main yang lebih maju dan hampir sama dengan aturan main badminton saat ini. Selain itu juga merilis nama badminton secara resmi yang kala itu dilakukan di Dunbar, Inggris pada 13 September pada tahun itu juga.

Teknik Dasar Permainan Badminton

Mereka juga membuat ajang bulutangkis All England Open Badminton Championship sebagai kompetisi badminton pertama di Dunia pada tahun 1899. Sejak saat itulah badminton mulai dikenal di seluruh dunia dan mendapatkan banyak penggemar. Sedangkan arena permainan pun saat ini lebih modern seperti menggunakan lantai khusus karpet badminton. Di Indonesia sudah ada yang jual karpet badminton dengan bahan poly vinyl carbonate.

Teknik Dasar Permainan Badminton

Masyarakat Indonesia tentu sudah familiar dengan permainan badminton atau bulu tangkis ini. Apalagi Indonesia pernah mengadakan event besar badminton dunia yaitu Kejuaraan Dunia Bulu tangkis. Event tahunan tersebut adalah salah salah satu event badmiton paling bergengsi di seluruh dunia. Di situ juga akan turut ambil bagian pebulutangkis dunia dengan segudang prestasi tentunya.

Jika Anda pehobi bulu tangkis, tentu sudah mengetahui beberapa teknik dasar pada permainan bulu tangkis. Namun bagi teman-teman yang baru saja menyukai permainan ini, kali ini saya mau berbagi beberapa teknik dasar yang bisa dipelajari untuk bermain bulu tangkis, simak ya.

1. Cara Memegang Raket Yang Benar

Cara memegang raket adalah teknik yang sangat vital bagi setiap para pemain bulu tangkis. Karena dasar ini jika teman-teman salah melakukannya, maka tiap pukulan yang teman-teman lakukan tidak akan bisa maksimal.

Cara Memegang Raket Yang Benar

Raket bulu tangkis tidak sama dengan raket tenis, pada bulu tangkis raket lebih ringan. Teknik memegang raket yang benar adalah teknik yang membuat teman-teman bisa nyaman dan bisa menghasilkan pukulan yang maksimal. Untuk menggenggam raket bulu tangkis, tidak sama dengan cara menggenggam seperti kepalan pada tinju. Namun lebih mirip dengan kepalan tangan pada teknik baris-berbaris.

2. Cara Berdiri Yang Benar

Cara berdiri pada permainan bulu tangkis dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu berdiri ketika melakukan service, dan ketika dalam permainan. Untuk berdiri pada saat service sendiri ada dua macam, yaitu ketika service forehand dan service backhand.

Berdiri Saat Service Forehand

Service forehand dilakukan dengan cara pemain berdiri di sudut depan garis tengah pada daerah servis kira-kira setengah meter di belakang garis servis pendek. Tumpuan berat badan pada kaki belakang. Posisi kaki sendiri adalah kaki kanan di belakang sedangkan kaki kiri di depan. Ketika kok dipukul tumpuan berat badan segera berpindah pada kaki bagian depan.

Berdiri Saat Service Backhand

Pada dasarnya hampir sama dengan berdiri pada saat service forehand. Posisi penempatan kaki juga sama yaitu posisi kaki kiri di depan dan posisi kaki kanan. Yang menjadikan berbeda adalah berat badan berada di tengah dan pada saat servis dilakukan berat badan pindahkan ke depan. Service ini biasanya sering dilakukan ketika pertandingan double. Service ini bisa dilakukan dengan long service ataupun short service.

Nah, itu adalah beberapa teknik dasar yang bisa kalian latih untuk permainan bulu tangkis atau badminton berfokus pada cara memegang raket yang tepat dan berdiri atau sikap saat melakukan service yang benar pada permainan bulu tangkis.

Jika anda sedang mencari distributor karpet lapangan badminton terpercaya, saya sarankan menghubungi PT Raga Gunawan Mandiri, karena memiliki pengalaman bertahun-tahun untuk memasang karpet lapangan bulu tangkis di berbagai tempat seperti instansi pemerintah, BUMN, angkatan laut, dinas pendidikan, sekolah, kampus, perusahaan swasta dan perorangan, sejak tahun 2017.

 

Sejarah dan Teknik Dasar Permainan Badminton

Blog Kang Andre

About the Author: Kang Andre

Cuma seorang amatir yang mencoba membuat blog untuk menulis online. Mana suka, suka-suka, suka mana. :)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.