Cara Aman Menggunakan Desinfektan untuk Cegah Covid-19

Sejak virus corona menyebar di Indonesia, banyak orang yang melakukan berbagai cara agar terhindar dari penularannya. Salah satunya adalah dengan menyemprotkan desinfektan ke tubuh. Hal ini dipercaya bisa mencegah penularan virus corona.

Menggunakan Desinfektan

Benarkan demikian? Tentu saja hal ini adalah keliru. Pasalnya, penyemprotan desinfektan ke tubuh justru bisa berbahaya. Lalu, bagaimana cara menggunakan desinfektan dengan benar?

Inilah Cara Aman Menggunakan Desinfektan untuk Pencegahan Virus Corona

Desinfektan adalah cairan khusus yang digunakan untuk membasmi pertumbuhan virus, jamur, bakteri, atau mikroorganisme pembawa penyakit lainnya. Namun, cairan ini bukan diaplikasikan pada tubuh. Pemakaian yang tepat adalah dengan cara disemprotkan pada permukaan benda mati yang sering kita sentuh.

Desinfektan terdiri dari campuran klorin dan alkohol. Ada juga desinfektan yang mengandung senyawa lain seperti iodin, peroksida, fenol, serta amonium kuartener. Kemampuannya dalam membunuh kuman memang tidak perlu diragikan. Jika disemprotkan langsung ke tubuh, desinfektan justru akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Paparan bahan kimia dalam desinfektan bisa menimbulkan alergi dan iritasi serius pada kulit. Apalagi jika paparan bahan kimia ini terjadi secara terus-menerus. Jika terkena bagian mata, maka kornea bisa terluka. Selain itu, percikan desinfektan juga bisa terhirup dan menyebabkan sistem pernapasan teriritasi. Oleh karena itu, pemakaian desinfektan harus dilakukan dengan baik dan benar.

Desinfektan bisa mencegah penyebaran virus Covid-19 secara efektif jika Anda menggunakannya secara tepat. Nah, cara paling tepat untuk menggunakan desinfektan adalah dengan menyemprotkannya ke permukaan benda. Hindari menyemprotkannya langsung ke badan atau tubuh manusia.

Anda bisa mengaplikasikan desinfektan untuk membersihkan berbagai macam permukaan benda yang sering disentuh. Baik itu telepon genggam, gagang pintu, remote TV, meja, kursi, keran wastafel, dan tombol lift. Saat akan membersihkan benda dengan desinfektan, pastikan Anda menggunakan sarung tangan agar kulit terlindung dari bahan kimia.

Untuk hasil lebih aman lagi sebaiknya gunakan jasa semprot disinfektan karena mereka lebih profesional dan tahu apa yang akan dikerjakan. Jangan biarkan penyebaran virus semakin meluas dan lindungi orang-orang tercinta.

Sementara itu, untuk melindungi atau membersihkan tubuh dari kemungkinan paparan virus corona, Anda perlu mencuci tangan secara rutin an mandi minimal 2 kali sehari. Terutama jika banyak melakukan aktivitas di luar rumah. Jadi, pastikan Anda menghindari pemakaian desinfektan pada badan agar tidak berbahaya bagi kesehatan.

 

Cara Aman Menggunakan Desinfektan untuk Cegah Covid-19

Blog Kang Andre

About the Author: Kang Andre

Cuma seorang amatir yang mencoba membuat blog untuk menulis online. Mana suka, suka-suka, suka mana. :)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *