2 Okt 2018

Cara menggunakan Google Foto Unlimited

Google Foto adalah layanan penyimpanan dan berbagi foto dan video di web yang disediakan Google. Menariknya, layanan ini menyediakan penyimpanan tanpa batas (unlimited) dengan gratis. Tapi dengan catatan: resolusi foto akan dikurangi dengan janji demi kemudahan navigasi via Google Search.

Google Foto mulai diperkenalkan pada 28 April 2015 pada ajang Google I/O sebagai alternatif dari layanan serupa seperti Apple iCloud, Flickr, Dropbox, dan Microsoft.

Google Foto Unlimited
Google Foto juga dapat disinkronkan dengan Google Drive sehingga dapat melihat dan mengedit foto dan video dari Google Drive di Google Foto.

Yang terjadi saat Anda mengubah atau menghapus foto
  • Jika Anda mengedit foto di Google Foto, perubahan tidak akan terlihat di Google Drive.
  • Saat Anda menghapus foto dari Google Foto, foto juga akan terhapus dari Google Drive.
  • Jika Anda menghapus foto dari Google Drive, foto juga akan terhapus dari Google Foto.
  • Jika Anda menghapus dari folder Google Foto di Drive Saya:
  • Jika Anda menghapus foto atau video tertentu, foto atau video tersebut akan dihapus dari Google Foto.
  • Jika Anda menghapus folder (termasuk folder Google Foto), foto dan video tidak akan dihapus di Google Foto. Hal ini untuk menghindari terhapusnya semua foto dan video secara tidak sengaja.
  • Jika Anda memindahkan foto dari folder Google Foto ke folder lain lalu menghapusnya dari sana, foto juga akan dihapus di Google Foto.

Fitur Google Foto


1. Gratis dan Unlimited

Google menawarkan penyimpanan tanpa batas secara gratis bagi siapapun yang hendak memakai layanan tersebut. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS, serta desktop. Hanya ada satu catatannya: berkas foto akan dikompresi. 

Untuk profesional, layanan ini tak cocok dan lebih cocok menggunakan Google drive. Hanya saja ada keterbatasan penyimpanan 15 Gb, namun dapat di-upgrade hingga 1 Tera. Namun saya tidak tahu apakah bisa membayar via paypal yang sudah diverifikasi dengan VCC Paypal.

2. Tak Perlu Khawatir Kekurangan Ruang di Ponsel

Dengan fitur backup otomatis, pengguna tak perlu khawatir muncul pesan di ponsel “Maaf, saya kehabisan tempat”. Google Foto memonitor ponsel untuk mencari foto-foto yang belum di-backup.

3. Mengenali Tak Cuma Wajah

Teknologi pengenalan wajah yang ditanamkan Google di sini memungkinkan pengguna menyortir foto berdasarkan siapa saja yang dipotret, tanpa peduli berapa usianya sehingga kita bisa melihat perubahan wajah mereka. 

4. Bersifat Privat 

Banyak foto milik pengguna yang sebetulnya pribadi sifatnya. Google memahami hal ini sehingga Google Photos didesain sebagai tempat penyimpanan yang pribadi sifatnya. Ia tak punya hubungan dengan Google Plus, sosial media bikinan Google.

5. Berkreasi dengan Foto-Foto

Ada orang yang suka membuat scrapbooks atau berkreasi dengan koleksi fotonya, tapi tak punya cukup waktu untuk melakukannya. Google menyediakan fitur Assistant yang membantu pengguna membuat slideshows, file GIF, dan film, dalam waktu singkat. 

Langkah-langkah menggunakan google foto unlimited :
  1. Masuk atau login pada google foto https://photos.google.com
  2. Kemudian pada bagian sudut kiri, klik tiga garis tersebut 
  3. Pilih setelan atau setting 
  4. Pada bagian “Ukuran upload untuk foto yang hanya di upload di web ” pilih yang “kualitas tinggi (penyimpanan gratis tanpa batas)” 
  5. Kemudian klik simpan 

Google Foto Unlimited

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih