Dampak Negatif Tidak Mengenakan Hijab dalam Islam

Di dalam Al-Quran sudah dijelaskan bahwa hukum menutup aurat bagi setiap muslim adalah wajib. Bagi setiap wanita muslim, wajib menutup aurat kecuali wajah dan telapak tangan. Untuk itu, setiap muslim wajib mengenakan hijab yang menjulur ke dada untuk menutup aurat. 

Dampak Negatif Tidak Mengenakan Hijab dalam Islam


Hijab juga akan menutup lekukan tubuh seperti pada bagian dada. Hal ini juga untuk menghindari adanya para lelaki yang melirik bahkan menggoda para wanita. 

Saat ini, mengenakan hijab seperti menjadi tren fashion tersendiri. Banyak yang mengenakan hijab justru hanya untuk mengikuti tren fashion saja. Bahkan, banyak model hijab yang tidak sesuai dengan aturan mengenakan hijab dalam Islam.

Dampak Negatif Tidak Mengenakan Hijab dalam Islam


Ada beberapa dampak negatif jika seorang wanita muslim tidak mengenakan hijab maupun yang mengenakan tapi tidak sesuai syariat hijab dalam Islam. Simak ulasannya sebagai berikut :

1. Kehilangan Identitas Sebagai Muslim

Di dalam Al-Quran Allah menjelaskan bahwa hijab merupakan identitas bagi setiap wanita muslim. Sehingga, mengenakan hijab sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Jika ada wanita muslim yang tidak mengenakan hijab, wanita tersebut akan kehilangan identitasnya sebagai seorang muslim. Bahkan, mungkin banyak orang yang akan bertanya-tanya agama yang dianut wanita tersebut.

2. Kurang Dihargai

Seorang wanita yang mengenakan hijab akan mendapatkan derajat yang lebih tinggi. Saat wanita yang tidak berhijab jalan sendirian, risiko untuk digoda oleh seorang lelaki akan jauh lebih tinggi daripada wanita yang mengenakan hijab. Jadi, wanita yang berhijab akan mendapatkan perlindungan dari Allah.

3. Amal Shalatnya Tidak Diterima

Shalat merupakan rukun Islam yang kedua setelah syahadat. Oleh karena itu, shalat merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim. Namun, jika seseorang tidak menutup aurat, amal shalatnya tidak akan diterima.

Tiga dampak di atas merupakan dampak di dunia bagi seorang wanita yang tidak mengenakan hijab. Selain itu, seorang wanita yang tidak mengenakan hijab dalam Islam juga akan mendapatkan hukuman di akhirat. Wanita tersebut akan mendapatkan siksaan yang pedih di neraka kelak.

Sumber: https://islamexplored.org/hijab-and-modesty/


Dampak Negatif Tidak Mengenakan Hijab dalam Islam

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih