Informasi Operasi Caesar di SehatQ.com

  • Whatsapp

Beberapa orang berpendapat bahwa seseorang wanita dikatakan ibu yang sebenarnya adalah pernah melahirkan. Melahirkan dalam artian normal bukan dengan tindakan medis berupa operasi caesar atau secitio caesaria. Benarkah pendapat itu?

Sectio Caesarea

Muat Lebih

Bagi setiap perempuan, melahirkan secara normal tentu jadi impian. Namun impian itu tidak serta merta dapat terwujud pada semua kaum wanita. Ada berbagai sebab seorang ibu terpaksa melahirkan dengan cara operasi caesar. Jika tidak, resiko bisa terjadi kepada sang ibu, si anak atau keduanya.

Tapi, di zaman sekarang, malah ada ibu yang sengaja memiliki melahirkan secara operasi caesar, meskipun secara medis dikategorikan dapat melahirkan secara normal. Bahkan operasi caesar telah direncanakan di awal kehamilan. Entah apa itu alasan…. (dan saya tidak membahas lebih lanjut).

Operasi Caesar

Apa dan bagaimana sih operasi caesar itu? Berhubung saya bukan seorang dokter kandungan, apalagi bidan maka saya memiliki referensi yang bagus dan bisa dipercaya yaitu di SehatQ.com sebuah situs kesehatan keluarga. Namun saya tidak mengutip atau copas penuh artikel tentang Operasi Caesar yang ada di situs tersebut, melainkan hanya poin utamanya saja.

Namun sebelumnya perlu diketahui bahwa Situs SehatQ.com bukan situs abal-abal karena dikelola secara profesional oleh PT SEHATQ HARSANA EMEDIKA di bawah naungan Sinar Mas Grup sejak November 2018. Tim redaksi yang berkompeten di bidangnya, telah menyiapkan semua informasi tentang kesehatan berdasarkan sumber referensi yang jelas, akurat dan kredibel.

Menurut SehatQ, pengertian Operasi Caesar atau Sectio Cesarean (SC) adalah sebuah tindakan medis prosedur persalinan yang dilakukan untuk melahirkan bayi melalui sayatan pada bagian perut dan rahim ibu.

Ada banyak indikasi yang mengharuskan melakukan operasi caesar, antara lain:

  • Posisi bayi melintang atau istlah yang dikenal masyarakat “sungsang”.
  • Ibu yang memiliki riwayat penyakit yang cukup membahayakan seperti jantung, hipertensi, diabetes, dsb.
  • Kelainan panggul pada ibu, misalnya panggul terlalu sempit untuk melahirkan bayi secara normal
  • dll.

Operasi caesar secara umum bukan tindakan medis darurat. Artinya operasi caesar adalah prosedur yang sudah direncanakan dan dijadwalkan sebelumnya, Dengan demikian jauh hari sebelum melakukan operasi, dokter akan memberi petunjuk lengkap mengenai hal-hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko komplikasi dan menjalani operasi caesar dengan sukses.

Bahkan dokter bersama timnya akan melakukan beberapa persiapan yang diperlukan menjelang melakukan operasi caesar seperti pemeriksaan tes darah, pemasangan monitor untuk memantau tekanan darah, denyut nadi, dan saturasi oksigen (kadar oksigen dalam tubuh), Pemasangan kateter ke dalam saluran kemih, jalur intravena (pada pembuluh darah) untuk memasukkan obat-obatan atau cairan selama prosedur operasi, dll

Setiap tindakan medis pasti memiliki risiko yang mungkin terjadi. Demikian juga risiko yang mungkin timbul dari operasi caesar, antara lain : infeksi, pendarahan hebat, terjadi sumbatan pada pembuluh darah terutama pada bagian kaki atau paru-paru, cedera pada bagian saluran cerna atau kandung kemih, meningkatnya risiko kehamilan selanjutnya.

Meskipun ada resikonya, namun operasi caesar harus dilakukan setelah dokter atau bidan melihat ada komplikasi saat kehamilan atau saat proses melahirkan. Jika bayi dipaksakan dilahirkan secara normal maka kemungkinan besar dapat membahayakan ibu atau bayi.

Aplikasi SehatQ

Masih banyak informasi yang berkaitan dengan operasi caesar. Jika ingin lebih tahu secara mendalam, dapat membaca informasi kesehatan di situs SehatQ.com. Selain itu tersedia juga aplikasi SehatQ yang dapat diinstal di smartphone android dan iOS. Aplikasi SehatQ untuk semua kebutuhan kesehatan keluarga ini dapat didownload gratis di PlayStore maupun di Appstore.

Aplikasi kesehatan SehatQ dengan fitur terlengkap untuk mendukung keluarga yang sehat. Chat dokter online secara gratis, langsung dan pribadi, booking online jadwal konsultasi dokter sesuai kebutuhan dan jadwal, dan baca info kesehatan (artikel kesehatan, definisi penyakit, fungsi dan efek samping obat) dari sumber yang telah ditinjau langsung oleh dokter.

 

Informasi Operasi Caesar di SehatQ.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *