Kebakaran Gedung Cyber Jakarta

Kebakaran Gedung Cyber Jakarta, Musibah Blogger Indonesia

Menjadi blogger pun terkadang bisa mengalami musibah yang berasal dari luar. Seperti yang terjadi pada hari Kamis, 2 Desember 2021. Kebakaran Gedung Cyber Jakarta membuat banyak blog yang menggunakan server IIX (Indonesia Internet Exchange) Jakarta, mendadak down (mati).

Kebakaran Gedung Cyber Jakarta

Kebakaran di Gedung Cyber Jakarta terjadi Kamis, 2 Desember 2021 sekitar pukul 12.35 WIB. Diduga kebakaran terjadi akibat korsleting listrik. Namun saat saya membuat artikel ini, Polisi belum bisa memastikan penyebab kebakaran Gedung Cyber yang berada di Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, tersebut.

Kejadian kebakaran di Gedung Cyber ini sebenarnya bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya pada 2015, gedung ini juga sempat dilanda kejadian serupa.

Tulisan Kang Andre lainnya:  Wabah Virus Corona (COVID-19) Indonesia

Kebakaran Gedung Cyber Jakarta ini menyebabkan gangguan pada sebagian besar layanan hosting dan VPS milik beberapa penyedia hosting di Indonesia. Sebagian besar rak-rak server di ruang Wing A CyberDC digunakan untuk layanan shared hosting dan VPS.

Saya sebenarnya memiliki layanan shared hosting yang berada di server IIX tersebut, namun bukan blog utama dan sebagian lagi sudah habis masa langganannya. Jadi tidak begitu terpengaruh pada blog-blog utama saya.

Hosting Rumahweb Indonesia mengalami kondisi yang relatif parah karena sebagian besar rak-rak server-nya berada di sana.

Situasi menjadi sulit bagi Rumahweb untuk melakukan recovery secepatnya karena core networking berada di ruangan terjadinya kebakaran tersebut. Sehingga meskipun memiliki backup data di lantai 3 (di datacenter DTP 3 – Gedung Cyber lt 3), namun tidak bisa mengaksesnya karena datacenter tersebut dimatikan aliran listriknya.

Tulisan Kang Andre lainnya:  Seorang Menteri Tidur Di Ruang Tunggu Bandara

Pada tanggal 4 Desember 2021, saat rumahweb akan mengeksekusi pemindahan server backup yang berada di Datacenter DTP 3 (lantai 3), ternyata ruangan tersebut disegel oleh Polisi sehingga tidak bisa lagi mengakses server backup tersebut. Belum tahu kapan segel police line tersebut akan dilepaskan sehingga kembali bisa mengakses server backup-nya.

Musibah Blogger Indonesia

Blogger yang saya maksud adalah pemilik atau pengelola blog (bukan blogger.com) yang menggunakan shared hosting atau VPS dengan server IIX yang berada di Gedung Cyber Jakarta.

Musibah kebakaran ini membuat down blog-blog yang menggunakan layanan IIX. Bahkan banyak perusahaan-perusahaan besar di Indonesia yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) menggunakan data center yang berada di dalam gedung tersebut.

Tulisan Kang Andre lainnya:  Temu Blogger Nusantara 2013

Beragam macam tanggapan dilontarkan blogger maupun pengguna yang memanfaatkan server di gedung tersebut. Biasa, ada yang positif dan ada pula yang negatif.

Salah satu blog utama saya, yaitu Nama Blogku sempat down juga. Beruntung saya memiliki backup dan segera memindahkan ke server lain, sehingga down tidak terlalu lama. Tapi masih ada blog dummy yang masih down. Jikapun saya melaporkan, percuma. Karena itu diluar kemampuan pihak hosting.

Yah.. ini menjadi catatan saya sebagai blogger, betapa pentingnya membuat backup blog.

 

Kebakaran Gedung Cyber Jakarta, Musibah Blogger Indonesia

Blog Kang Andre

About the Author: Kang Andre

Cuma seorang amatir yang mencoba membuat blog untuk menulis online. Mana suka, suka-suka, suka mana. :)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *